Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Resep Minuman ala Cafe dari Teh Rosella, Simpel dan Estetik

Rosella tea ala cafe

Rosella atau dikenal juga dengan nama Hibuscus ialah tumbuhan yang biasanya dijadikan bunga taman. Namun, karena kandungan gizi yang ada pada Rosella maka dijadikanlah ia sebagai salah satu teh herbal yang banyak digunakan pada minuman kekinian para anak muda saat ini.

Memiliki warna muda yang indah menjadikan teh satu ini sebagai teh unik dengan rasa asam. Untuk menyiasati rasa asam tersebut dibuatlah berbagai macam resep yang membuatnya lebih segar dan friendly di tenggorokan.

Berikut ini ada 10 resep minuman kekinian dari teh Rosella yang mudah, simpel dan pastinya estetik, cocok buat menemani siang harimu yang terik.

1. Red Rosella Float

Red rosella float
red rosella float illust/ig asmr.for.the.senses

Bahan:
- 5-8 bunga Rosella
- 100 ml Sprite
- 70 ml air
- 1 Scoop eskrim vanilla
- Daun mint
- Es batu

Cara membuat:
- Seduh teh rosella dengan air hangat dalam gelas 
- Masukkan es batu ke dalam gelas lain yang masih kosong hingga minimal setengah gelas
- Tambahkan sprite lalu tambahkan pula teh rosella yang telah diseduh
- Taruh eskrim vanilla di atas minuman
- Terakhir beri hiasan daun mint

2. Pink Rosella Latte

Pink rosella latte
pink rosella latte illus/ig asmr.for.the.senses

Bahan:
- 5-8 bunga rosella kering
- 1 sdm madu dengan ekstrak berry
- 150 ml susu full cream
- 1 sdt ekstrak vanilla 
- 100 ml air
- 1 cup es batu dari larutan teh rosella

Cara membuat:
1. Seduh teh rosella dengan 100 ml air hangat 
2. Masukkan madu dan ekstrak vanilla ke dalam gelas kosong
3. Tambahkan 50 ml larutan teh rosella yang telah diseduh tadi
4. Kocok susu hingga berbuih menggunakan milk frother
5. Tambahankan es batu lalu masukkan susu beserta sisa larutan teh rosella

3. Sweet Lime Rosella Refresher

Sweet lime rosella refresher
sweet lime rosella/ig athg.homecafe

Bahan:
- 5-8 bunga rosella / 1 kantong teh rosella 
- 100 ml soda 
- 70 ml ektrak lemon + gula
- 50 ml air
- 1 cup es batu

Cara membuat:
1. Seduh teh rosella dengan air hangat
2. Masukkan ektrak lemon ke dalam gelas kosong
3. Tambahkan es batu lalu masukkan soda disusul larutan teh rosella

4. Minty Yuzu Rosella Tea

Minty yuzu rosella tea
minty yuzu rosella illus/ig onnie.homecafe

Bahan:
- 1  kantong teh rosella 
- 2 sdt madu ekstrak teh yuzu
- 50 ml air
- 150 ml soda
- 1 cup es batu

Cara membuat:
1. Seduh teh rosella dengan air hangat lalu diamkan
2. Masukkan madu ekstrak yuzu ke dasar gelas
3. Tambahkan es batu lalu tuang soda ke dalam gelas yang sama
4. Masukkan larutan teh rosella yang telah diseduh tadi

5. Strawberry Rosella Tea

Strawberry rosella tea
strawberry rosella illus/ig onnie.homecafe

Bahan: 
- 1 kantong teh rosella
- 5 buah st tdawberry
- 70 ml soda
- 70 ml air
- 50 ml ektrak lemon
- 1 cup es batu
- 1 iris lemon

Cara membuat:
- Seduh teh rosella dengan air hangat lalu diamkan
- Haluskan strawberry dengan sendok atau garpu lalu masukkan ke dalam gelas kosong
- Taruh irisan lemon di dinding gelas dalam
- Masukka es batu lalu tambahkan ekstrak lemon
- Tuang soda setalah itu tuang pula larutan teh rosella

6. Berry Rosella Yakult

Berry rosella yakult
berry rosella yakult illus/takestwoeggs.com

Bahan: 
- 2 sdt teh berry rosella 
- 150 ml air
- 1 botol yakult
- 1 sdm madu (opsional)
- 1 cup es batu

Cara membuat:
1. Seduh campuran teh berry rosella dengan air hangat lalu diamkan
2. Ambil gelas dan masukkan madu beserta larutan teh berry rosella lalu aduk 
3. Tambahkan es batu diikuti yakult setelahnya

7. Rosella Coconut Refresher

Rosella coconut refresher
rosella coconut illus/zulaykitchen.com

Bahan:
- 1 kantong teh rosella
- 50 ml santan cair
- 100 ml susu
- 100 ml air
- 1 cup es batu
- Whipped cream secukupnya

Cara membuat:
1. Seduh teh rosella dengan air hangat, bisa juga denga air dingin lalu diamkan
2. Masukkan larutan teh rosella yang trlah diseduh ke dalam gelas 
3. Tambahkan es batu setelah itu tuang santan cair
4. Kocok susu hingga berbuih lalu tuang ke dalam gelas yang sama
5. Terakhir beri whipped cream ke atas minuman

8. Rosella and Shisho Iced Latte

Rosella and shiso iced latte
rosella shisho latte illus/dollyandoatmeal.com

Bahan: 
- 1 kantong teh rosella
- 1 sdm daun shiso atau perilla kering
- 1 batang kayu manis kecil
- 1 sdm madu
- 100 ml air
- 100 ml susu almond tawar
- 1 cup es batu

Cara membuat:
1. Seduh teh rosella, daun shiso beserta kayu manis menggunakan air hangat. Diamkan hingga dingin
2. Saring campuran teh yang telah didiamkan lalu masukkan ke dalam gelas
3. Tambahkan madu lalu aduk hingga larut
4. Masukkan es batu di sertai susu almond setelahnya

9. Strawberry Ginger Rosella Tea

Strawberry ginger rosella tea
strawberry ginger rosella illus/calgiant.com

Bahan: 
- 1 kantong teh rosella
- 100 ml soda
- 50 ml ekstrak jahe
- 30 ml ekstrak lemon
- 3 buah strawberry
- 50 ml air
- 1 cup es batu
- Bunga rosella (hiasan)

Cara membuat:
1. Seduh 1 kantong teh rosella denga 50 ml air
2. Masukkan larutan soda, lemon dan jahe ke dalam gelas
3. Tambahkan es batu disertan larutan teh rosella 
4. Potong-potong strawberry lalu masukkan ke dalam gelas yang sama
5. Terakhir tambahkan bunga rosella sebagai hiasan

10. Mango Rosella Tropical Ade

Mango rosella tropical ade
mango rosella ade illus/ig mich_cafe

Bahan:
- 1 kantong teh rosella
- 50 ml ekstrak lemon
- 50 ml soda
- 100 ml air
- 1/2 cup popping boba mangga
- 1 cup es batu

Cara membuat:
1. Seduh teh rosella dengan air hangat
2. Masukkan popping boba mangga beserta ekstrak lemon
3. Tambahkan es batu, soda dan larutan teh rosella secara berurutan

Nah, itu dia 10 resep minuman kekinian dari teh rosella yang mudah banget kamu buat di rumah. Tanpa pergi ke cafe pun kamu sudah bisa menikmati minuman yang menyegarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau pastinya. 

Selain itu, kamu juga sebenarnya bisa mengembangbiakkan teh ini untuk memperindah rumahmu segaligus menikmati teh herbal estetik dengan cara yang lebih menyenangkan. So, jangan lewatkan resep-resep di atas, ya!

24 comments for "10 Resep Minuman ala Cafe dari Teh Rosella, Simpel dan Estetik"

  1. Waduh, bikin ngiler dan pengin nih Gan. Baru tahu ada teh Rosella. Teh kekinian anak muda lagi.

    Sayang di resep dalam artikel ini nggak ada resep menggunakan Cokelat. Tapi semua terasa sedap dan enak dipandang mata kok.

    Terima Kasih Gan.

    ReplyDelete
  2. Tim yang dikasih susu sih biar ngga kerasa banget asemnya heheh..
    kalau aku bikin teh rosella ngga ada mix apa2 jadinya asemm huhu, thankyouu inspirasi resepnyaaa bisa dicoba sore ini di rumah

    ReplyDelete
  3. Pilih resep no 1. Berasa beda minum teh Rosella campur soda dan es krim vanila. Jadi semriwing pastinya.

    ReplyDelete
  4. menggoda banget tuh, pasti seger banget kalau diminum pas siang hari

    ReplyDelete
  5. Semua penampakan hasil resep nya itu goda banget, jadi kepengen coba salah satunya, pengennya yang nomor 8. Pesan satu kak 🤣?

    ReplyDelete
  6. Menggiurkan semua resepnya. Apalagi yang pink rosella latte

    ReplyDelete
  7. Semua resep teh rosella enak dan estetik penampilannya, jadi ingat dulu mamaku suka banget dengan teh rosella, setiap hari ngak lupa minum rosella ini, katanya juga memiliki manfaat bagi kesehatan ya?

    ReplyDelete
  8. Wah segar-segar minumannya. Jadi pengen nyoba juga bikin salah satu. Biasanya saya minum teh Rosella diseduh gitu aja. Gak kepikiran dibikin begini. Terima kasih banyak untuk artikelnya yang menginspirasi.

    ReplyDelete
  9. seger banget foto-fotonya, bikin pengen hehehe. Biasanya minum teh rosella diseduh aja. Ternyata bisa dikreasikan macam-macam, ya.

    ReplyDelete
  10. Ini fotonya cakeeeep banget yak. Jadi ngiler pengin minumnya, berasa minuman kafe beneran.
    Lengkap pula ada resep minuman kekinian dari teh rosella, minuman yang menyegarkan dan menyehatkan pastinya

    ReplyDelete
  11. Ya ampun. Segar dan menggoda banget itu semuanya. Ah jadi pengen mencoba bikin juga. Terimakasih semua resep minumannya ya

    ReplyDelete
  12. Wohooo kreatiff bangett
    Daku bisa niru juga nih.
    Makasi yakk

    ReplyDelete
  13. dr fotonya terlihat segar ya. Tp blm pernah nyoba teh rosella

    ReplyDelete
  14. gantinya sprite apa ya mbak, aku ga bisa minum soda begitu. gelasnya juga cantik2 euyy...jadi pengen

    ReplyDelete
  15. Wah, teh Rosella ternyata bisa diolah menjadi beragam jenis minuman yang enak dan segar ya mbak

    ReplyDelete
  16. Bikin ngiler nih Mba.. ternyata banyak juga ya varian minuman dari rosella. Dikira cuma teh aja..

    ReplyDelete
  17. waaaa mbak fotonya seger banget, auto masuk list mau dicoba bikin bareng anak sulung yang gemar bantu di dapur hihi

    ReplyDelete
  18. Ngileerr banget lihati foto-foto minuman Rosella yang banyak ragamnya.
    Sekarang Rosella sudah ada dalam bentuk sepert tea bag yang tinggal seduhkah?
    Semakin praktis kalau mau bebikinan resep minuman segar menggunakan bahan dasar Rosella. Selain dapat kesegarannya, juga dapat manfaat dari konsumsi Rosella.

    ReplyDelete
  19. Ternyata ada berbagai aneka ramuan teh rosella ya. Penasaran sama pink rosela latte.

    ReplyDelete
  20. ya ampun pilihannya banyak banget dan menggoda semua, saya hanya seduh aja sih, ga diapa-apakan lagi, ternyata bisa ya dipadupadankan dengan bahan lain

    ReplyDelete
  21. Aku hanya bisa meneguk air ludah. Membayangkan kesegarannya

    ReplyDelete
  22. Wah seru banget ni, bisa bikin "kafe-kafe"-an di rumah. Sebelumnya ga kepikiran memanfaatkan Roseolla ini.

    ReplyDelete
  23. Beneran rasanya lagi siang panas dan pengen menegak si cantik mungil ini.. aduhai nikmatnya Masya Allah

    ReplyDelete
  24. iihh seneng bangeett sama rosella nih, sampai nanam pohonnya depan rumah jadi tinggal petik. segeerr dan manis apalagi kalau ditambah kayu manis tambah aromatik.

    ReplyDelete