Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Crepes Suzette ala Prancis, Aromanya Mewah!

crepes-suzette-lemon-citrus-crepes

Crepes bisa kamu temukan di nyaris seluruh perancis karena kepopulerannya. Crepes suzette sendiri tercipta dari tangan seorang remaja bernama Henry Carpentier pada tahun 1895 yang berkerja sebagai pelayan pembantu di Maitre at Monte Carlo’s Cafdé Paris. 

Kejadian itu bermula saat Henry yang masih berumur 14 tahun lalu melakukan kesalahan dalam membuat dessert untuk pangeran Wales, raja masa depan Edward ke-7 Inggris, lalu terciptalah crepes suzette yang sangat populer saat ini.

Disinyalir penamaan "Suzette" diberikan oleh pangeran Wales saat itu. Akan tetapi, ada yang menyatakan bahwa penamaan tersebut didedikasikan untuk seorang aktris cantik Suzanne Reichenberg yang secara profesional dikenal sebagai Suzette.

Terkesan indah dan mewah, crepes suzette ini terbilang cukup mudah dibuat. Yuk, cek resep lengkapnya di bawah ini!

Bahan-bahan:

Bahan crepes:
  • 2 butir telur
  • 1 cangkir terigu
  • 350 ml susu
  • 3 sdm mentega, cairkan
  • 2 sdm gula
  • Sejuput garam
  • 1/2 sdt parutan kulit jeruk/lemon
Bahan saus jeruk:
  • 4 sdm mentega
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdm perasan lemon
  • 190 ml jus jeruk
  • 1 sdt parutan kulit jeruk/lemon

Cara membuat:

  1. Buat adonan crepes dengan mencampur semua bahan utama. Kocok beberapa saat hingga semua bahan tercampur rata, kamu menggunakan ballon whisk atau blender. Diamkan dalam kulkas minimal 20 menit.
  2. Buat saus jeruk dengan mencairkan metega dan gula terlebih dahulu, lalu masukkan semua bahan saus, aduk rata hingga gula benar-benar larut dan tekstur sedikit kental.
  3. Buat crepes dengan memasukkan sedikit adonan sekitar 1 sendok nasi, pastikan dasar wajan terpenuhi, masak hingga sedikit kecoklatan. Jangan lupa balik agar matang merata.
  4. Lipat crepes ke dalam empat bagian, susun dalam wadah lalu beri saus.
crepes suzette, lemon citrus crepes french

Aroma jeruk yang menguar lewat crepes suzette ini bisan memanjakan panca indra bahkan sebelum dinikmati. Secara tradisional saus crepes suzette ini menggunakan grand marnier atau minuman beralkohol dari jeruk tapi secara umum diganti dengan jus jeruk.

Ayo rasakan kelezatan crepes suzette ala perancis di rumahmu, simpel tapi mewah. (Sumber gambar: youtube Laura in the Kitchen & Helen Rennie)

18 comments for "Resep Crepes Suzette ala Prancis, Aromanya Mewah!"

  1. Yummyyyyy mumpung Liburan mau ajak anak bikin aahhh

    doi seneng baking atau bebikinan kyk gini.

    Makasiii resepnyaaa

    ReplyDelete
  2. Seger banget ya penampakannya, full jeruk. Cocok untuk temen ngopi tidak ya?

    ReplyDelete
  3. Melihat gambarnya saja sudah menggiurkan, Mbak. Warnanya kinclong kekuningan menggugah selera. Nyam, nyam.

    ReplyDelete
  4. Wah cantik banget penampilannya
    Pasti rasanya juga enak ya mbak
    Pas buat teman ngeteh sore

    ReplyDelete
  5. Wah ini cemilan sore hari banget. Kerasa di lidah gimana enaknya, makannya bareng sambil minum teh anget. Makin mantep ga sihh

    ReplyDelete
  6. Crepes-nya sungguh menggoda mba, aku suka sih resep-resep seperti ini. Apalagi fotonya cakep banget.

    ReplyDelete
  7. Aku membayangkan makan crepes dengan aroma kulit jeruk pasti enak.

    ReplyDelete
  8. Uwuw, nyummy, nyummy🤩 Baru tahu lho kalau penciptanya ternyata koki remaja.

    ReplyDelete
  9. Wow... dr penampakannya sprtnya enak nih mba. Bs diciba nih reesepnya

    ReplyDelete
  10. Baru baca judulnya sudah nelen ludah aku, Mbak. Belum lagi baca tulisan bawah dan gambarnya. Ampuuuuuuuuuuun dah!

    Crepes suzette ala perancis, I'm coming.....recook yuk ah...

    ReplyDelete
  11. Sepertinya enak banget ya... Pengen bikin juga tapi takut gagal

    ReplyDelete
  12. Wah ini makanan yang nyaris selalu di beli anak-anak saat jajan di sekolah, kebetulan di sekolah anak-anak ada penjual crepes yang enak banget. Mumpung libur nih mau nyobain resep crepes suzette ah, makasih mbak resepnya.

    ReplyDelete
  13. Beberapa hari lalu anak-anak ajak bikin crepes bisa jadi ide nih. Thanks resepnya

    ReplyDelete
  14. Mauuuu. Duh lihat gambarnya aja udah segar menggiurkan. Cuss nyontek ya kak resepnya

    ReplyDelete
  15. siaappp recook anak-anak pasti suka nih. Terimakasih resepnya mba

    ReplyDelete
  16. hmm menggoda sekali nih fotonya, apalagi baca resepnya kok sepertinya bisa nih dilakukan sama krucil, mau nyoba ah resepnya

    ReplyDelete
  17. Kayaknya kalau dari foto sih enak yaa. Aku coba recook deh soalnya suka banget sama crepes

    ReplyDelete
  18. Seger banget ini Crepes rasa jeruk berarti ya. Ngebayangin makannya pasti enak nih buat ngemil

    ReplyDelete