Resep Tzatziki, Saus Yogurt Timun Segar ala Yunani

Tzatziki (tsah-tsee-key) dikenal sebagai salah satu saus populer khas yunani. Biasanya dibuat dengan beberapa bahan sederhana terutama timun, yogurt dan herbal yang bikin rasnya seger, aromatik tapi tetap gurih.

Resep Tzatziki, Saus Yogurt Timun Segar ala Yunani
ilustrasi tzatziki (youtube.com/Kitchen Sanctuary)

Tak hanya populer di yunani saja, tzatziki juga banyak ditemukan di beberapa negara timur tengah atau pun mediterania. Namun, di negara-negara tersebut, tzatziki memiliki sebutan yang berbeda, juga dengan kreasi uniknya masing-masing pula.

Bisa dibilang sebagai sambal mentah ala yunani karena tak perlu melewati proses pemasakan. Kamu hanya perlu mencampurnya dengan semua bahan yang ada lalu siap dinikmati.

Buat yang ingin merasakan kesegaran dari saus tzatziki, boleh banget untuk lihat resep lengkapnya di bawah ini. 

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, kamu tidak dikenakan biaya apapun jika mengklik link. Namun, saat kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep Mudah Quindim, Kue Kelapa Khas Brazil

Bahan-bahan tzatziki

  • 1 buah timun hijau ukuran sedang
  • 3/4 cup greek yogurt
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 3-4 tangkai dill
  • 1 sdm perasan lemon
  • 1 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Cara membuat tzatziki

  1. Parut timun menggunakan parutan sayur berukuran sedang.
  2. Peras timun yang telah diparut menggunakan tangan atau kain, setelah itu sisihkan air perasannya.
  3. Cincang dill secara halus begitupun dengan bawang putih menggunakan set pisau Oxone.
  4. Masukkan yogurt ke dalam mangkuk, tambahakn timun serta bahan lainnya. Aduk merata semua bahan tersebut lalu koreksi.
  5. Sajikan tzatziki sebagai cocolan untuk berbagai makanan kesukaanmu.

Tips membuat tzatziki

  1. Kamu bisa pakai parutan keju untuk memarut timun jika menginginkan tekstur yang lebih halus lagi.
  2. Untuk penyimpanan lebih lama, kamu bisa menaruh tzatziki di dalam kulkas untuk dinikmati kemudian, maksimal 4 hari dan pastikan ditaruh dalam wadah tertutup agar rasa dan aromanya tidak terkontaminasi.
  3. Perasan lemon bisa kami ganti dengan berbagai jenis cuka lainnya, sesuaikan saja dengan selera.

Tekstur saus tzatziki ini cukup ringan meskipun menggunakan greek yogurt, apalagi jika dibandingkan dengan saus lainnya seperti mayones atau ranch dressing. Bisa jadi karena adanya timun yang cukup berair di dalamnya.

Sering disajikan sebagai saus cocok untuk berbagai macam hidangan utama, tzatziki pun tak jarang dijadikan olesan sandwich atau pun beberapa appetizer yang bikin ngiler saat melihatnya.

Beberapa rekomendasi makanan yang cocok untuk sambal tzaziki yaitu daging panggang, sayuran panggang, Falafel, berbagai jenis gorengan, bahkan dimakan bareng buah seperti zaitun pun bisa. Cocok jadi saus serbaguna, jadi buat kreasi tzatziki milikmu sekarang juga!

Kreasi yogurt lainnya

Post a Comment for "Resep Tzatziki, Saus Yogurt Timun Segar ala Yunani"