Resep Cilbir, Telur Ceplok Saus Yoghurt Pedas Khas Turki

Kamu yang menyukai berbagai olahan telur, maka sudah sepantasnya untuk mencoba cilbir, telur ceplok dengan saus yoghurt di bagian dasarnya serta saus mentega cabai sebagai atasannya. Biasa disajikan sebagai menu sarapan di Turki, cilbir disinyalir telah ada sejak zaman kesultanan Ottoman, lho.

Resep Cilbir, Telur Ceplok Saus Yoghurt Pedas Khas Turki
Ilustrasi cilbir (youtube/Give Recipe)

Untuk membuat cilbir bisa dibilang kamu hanya butuh beberapa bahan utama yakni yoghurt, telur, mentega dan cabai bubuk. Bahkan dengan empat bahan tersebut saja sudah mampu buat mood-mu di pagi hari lebih ceria saat mencicipinya. Penasaran dengan resepnya? Yuk, cek bahan, langkah serta tips membuat cilbir turki di bawah ini!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep Roti Kukus Ubi Jalar, Lembut dan Ngembang Abis!

Bahan-bahan cilbir

Bahan utama:

  • 2 butir telur
  • Air untuk merebus secukupnya
  • 1 sdm dill cincang (topping)
  • 1/2 sdm cuka

Bahan saus yoghurt:

  • 200 g greek yoghurt
  • 1 siung bawang putih cincang
  • Sejuput garam

Bahan saus mentega pedas

  • 2 sdm mentega
  • 1 sdt paprika
  • 1/2 sdt cabai bubuk
  • 1 sdm minyak zaitun

Cara membuat cilbir

  1. Didihkan air menggunakan panci stainless Bima Prima (bergagang dan berpenutup) kemudian perlahan atur nyala kompor menjadi kecil, masukkan cuka.
  2. Pecahkan telur lalu perlahan masukkan ke dalam air yang mendidih, masak hingga matang atau setengah matang. Angkat telur lalu tiriskan.
  3. Buat saus yoghurt dengan mencampur semua bahan saus tersebut hingga homogen.
  4. Buat saus mentega pedas dengan melelehkan mentega di atas wajan stainless dengan tambahan minyak zaitun, setelah itu masukkan cabai dan paprikan bubuk, aduk merata hingga mendidih kurang lebih 15 detik.
  5. Tuang dan ratakan saus yoghurt di atas piring japandi pearl Carramica, tambahkan telur masak di atasnya, terakhir tambahkan saus mentega pedas serta dill cincang sebagai pelengkap. Cilbir siap disantap.

Tips membuat cilbir

  1. Tambahakan lebih banyak cabai atau paprika untuk kamu yang sangat menyukai hidangan pedas.
  2. Serap cairan telur masak menggunakan paper towel sebelum dihidangkan agar air sisa merebusnya tidak mengontaminasi dan merubah tekstur saus yoghurt di bawahnya.
  3. Sebaiknya gunakan yoghurt dalam keadaan hangat atau suhu ruang saat disajikan.

Informasi gizi cilbir

Dari resep di atas kamu bisa menyajikan cilbir dalam satu kali hidangan untuk sarapan. Setiap hidangan cilbir ini diestimasikan mengandung beberapa nilai gizi sebagaimana tercantum berikut ini.
  • Kalori 623 kkal
  • Lemak total 50.5g (65%)
  • Lemak jenuh 22.4g (112%)
  • Kolestrol 399mg (133%)
  • Natrium 528mg (23%)
  • Karbohidrat total 13.4g (5%)
  • Serat pangan 1.7g (6%)
  • Gula tota 9.1g
  • Protein 32.8g
  • Vitamin D 47mcg (234%)
  • Kalsium 323mg (25%)
  • Zat besi 4mg (22%)
  • Kalium 596mg (13%

Sumber: verywellfit.com

Saran penyajian cilbir

Kamu sangat disarankan untuk menghidangkan cilbir yang gurih, asam, sekaligus pedas ini saat masih hangat. Cilbir bisa dinikmati dengan roti tawar biasa, roti panggang, sourdough, atau bahkan roti gandum yang sehat serta gluten-free.

Sarapan dengan cilbir dan roti bakal memberikan sensasi yang berbeda buat kamu, baik dari segi tampilannya yang memukau, maupun rasa yang mampu memainkan lidahmu dengab sangat apik. Kaya akan protein dan probiotik, cilbir tentu baik untuk kesehatan pencernaanmu.

Untuk penyajian telurnya sendir bisa kamu sesuaikan dengan selera, bisa matang sempurna atau dengan bagian kuning telur yang masih meleleh jadinya lebih creamy di mulut. Bisa kamu siapkan dalam waktu 10 menitan, cilbir sangat recommended untuk dicoba. So, pastikan kamu mengkreasikan cilbir di atas sesegera mungkin, ya!

Baca Juga: 6 Tips Membuat Lemon Bars, Renyah dan Anti Retak

13 comments for "Resep Cilbir, Telur Ceplok Saus Yoghurt Pedas Khas Turki"

Comment Author Avatar
Makasih resepnya Kak. Pas buat sarapan dan memulai hari nih ya cilbir karena mengandung beberapa nilai gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita
Comment Author Avatar
Saya sering sarapan dengan telur. Resep cilbir ini bisa menjadi rekomendasi resep baru untuk telur. Keren resepnya, Mbak.
Comment Author Avatar
kebetulan nih, telur adalah salah satu bahan makanan favorit anak-anak, herannya di masak apa saja anak-anak mau banget. sepertinya ingin mencoba resep ini deh mungkin sedikit modifikasi agar pas dan sesuai dengan lidah anak-anak.
Comment Author Avatar
Wah bisa dibuat variasi telur agar nggak bosen di rumah nih Kak. Kebayang daku pedasnya.
Comment Author Avatar
Wah ini, sih, sarapan lengkap kaya gizi plus mewah. Baru denger masakan ini kak, kok jadi kebayang2 pingin buat yaa. Sudah bisa kebayang kalau rasanya lezat. Ada yoghurt yg beraroma bawang outing, plus butter yg dicampur minyak zaituu..hhmm bikin nagih.
Comment Author Avatar
sip siiipp
bisa jd ide buat masak telor
makasi banyak yah
Comment Author Avatar
Wah jadi ada ide masak nih.. tapi cocok nggak ya dengan lidah . Pingin coba ah
Comment Author Avatar
Anakku banget nih suka dengan telor. Harus dicoba ya resepnya
Comment Author Avatar
Saus yogurt pedasnya bisa dicoba nih untuk sajian makan bersama telur ceplok
Comment Author Avatar
waaahhh... baca judulnya jd penasaran. telur, yogurt, dan pedas. sprtnya sensasi rasanya akan terasa baru di lidah saya
Comment Author Avatar
Enaknyaaa~
Kepikiran makan menu Cilbir, Telur Ceplok Saus Yoghurt Pedas Khas Turki ini pas siang-siang sih ya.. biar perutnya gak kaget dan lumayan mengganjal juga dengan jumlah kalori 623 kkal di setiap porsinya.
Comment Author Avatar
Melihat komposisi bahannya saya sudah membayangkan bagaimana rasanya cibir ini. Sepertinya kurang cocok sama lidah saya yang cenderung suka masakan pedas dan gurih
Comment Author Avatar
wah ngiler banget liatnya, bisa dicoba nih di rumah, kayanya pake mie juga enak hihi