Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Mudah Quindim, Kue Kelapa Khas Brazil

Quindim, kue kelapa khas Brazil ini sangat populer dan sering dijadikan oleh-oleh Brazil. Cara membuatnya pun terbilang gampang.

Brazilian quindim recipe
ilustrasi brazilian quindim/196flavors.com

Berbicara mengenai Brazil yang populer dengan klub sepak bolanya, tak elok rasanya jika tak ikut membahas hal-hal unik mengenai Brazil lainnya termasuk oleh-oleh khas negara tersebut.

Kamu yang pernah berkunjung ke Brazil, pastinya nggak kelupaan dong buat nyobain kudapan tradisional di sana, terkhusus dessert quindim. Atau apakah  kamu bahkan pernah menjadikannya oleh-oleh dari negara tersebut?

Quindim sendiri dalam bahasa Afrika berarti mempesona, sangat cocok bukan dengan tampilan kuning keemasannya. Tak perlu basa-basi lagi, yuk, kepoin resep mudah quindim berikut ini!

1. Bahan yang dibutuhkan

Brazilian quindim ingridients illustration
ilustrasi bahan quindim/tasteofhome.com

Dalam membuat kue quindim khas brazil hanya dibutuhkan empat bahan saja yaitu sebagaimana tercantum berikut ini.
  • 10 butir telur
  • 1 buah kelapa tua siap parut (100 ml santan dan 50 gram parutan kelapa)
  • 100 gram gula halus + 10 gram untuk taburan
  • 2 sdm mentega tawar + 1 sdm untuk lapisan cetakan
  • Air secukupnya

2. Preparasi alat dan bahan sebelum memasak quindim

Preparation for baking brazilian quindim
ilustrasi preparasai alat/onecrazyhouse.com

Sebelum memulai membuat adonan quindim, kamu harus melakukan beberapa hal berikut ini.
  1. Pisahkan kuning telur dan bagian putihnya karena yang dibutuhkan kuning telurnya saja
  2. Parut kelapa, sebelum memarut pastikan untuk menghilangkan kulit kuku berwarna kecoklatan agar santan dan parutan kelapanya terlihat putih bersih
  3. Peras santan dengan jumlah yang diinginkan lalu pisahkan parutan kelapa dengan jumlah yang diinginkan pula
  4. Preheat oven pada suhu 180C karena hal ini akan memerlukan cukup waktu

3. Langkah-langkah dalam membuat quindim

brazilian quindim recipe
ilustrasi membuat quindim/kitchencookbook.net

Membuat quindim kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.
  1. Saring kuning telur menggunakan saringan agar bagian putih telur yang menempel dan kulit arinya tidak ikut
  2. Dalam wadah sedang campurkan gula, mentega kuning telur, santan dan parutan kelapa, aduk hingga merata
  3. Beri mentega pada setiap sisi dalam cetakan kemudian beri taburan gula di sekeliling permukaannya
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan, janga terlalu penuh cukup 80-90% bagian saja
  5. Simpan cetakan berisi adonan di atas tray oven yang berisi air 
  6. Panggang adonan selama 30-40 menit
  7. Setelah bagian atas kuning keemasan, keluarkan dari oven lalu angkat cetakan dari tray berisi air
  8. Diamkan hingga dingin lalu keluarkan quindim dari cetakan
  9. Quindim khas brazil siap dinikmati

4. Fakta menarik tentang quindim

brazilian quindim
ilustrasi brazilian quindim/blog.amigofoods.com

Quindim, salah satu dessert populer di Brazil ini dipengaruhi oleh kreasi masakan dari negara Portugis. Di Portugis, resep asli quindim terbuat dari kuning telur, gula dan almond. Akan tetapi, almond sangat sulit ditemukan di Brazil, untuk itu pada abad ke-7 penduduk Bahia di Brazil memodifikasi bahan almond sebagai kelapa.

Penggunaan kelapa nyatanya tak buruk karena memberikan warna yang lebih cerah dengan tekstur lembut tapi renyah.

Buat kamu si pencinta kudapan manis, wajib banget coba quindim khas Brazil. Tapi, nggak usah deh jauh-jauh ke luar negeri buat mencobanya karena bahan quindim mudah banget ditemukan di Indonesia. Saatnya kamu buat quindim milikmu, bisa dikreasikan dengan berbagai rasa, lho.

21 comments for "Resep Mudah Quindim, Kue Kelapa Khas Brazil"

  1. Baru tahu nih soal quindim. Pasti legit nih kalau liat bahan dan cara membuatnya

    ReplyDelete
  2. Cantik tampilan kuenya. Saya juga baru tahu tentang kue Quindim. Sepertinya buatnya mudah yaa

    ReplyDelete
  3. Hemm, bayangkan lembutnya Mbak, namanya cantik, semacam kayak puding talam atau cheese cake yaa? Jadi pengen buat.

    ReplyDelete
  4. wah penasaran pengen buat, bahannya mudah dicari dan cara buatnya juga cukup mudah ya kak, nyobain ah, kayaknya enak banget

    ReplyDelete
  5. Jadi penasaran pengen cobain rasa Quindim kue tradisionalnya Brazil ini ya.

    ReplyDelete
  6. Kue tradisional khas Brazil kah? Keren banget kak bisa bikin kue seperti ini.. Pingin nyobain juga nih jadinya..

    ReplyDelete
  7. wah aku baru tahu ada kudapan dari Kelapa asal Brazil. Jadi penasaran pingin cobain juga. tapi aku kurang suka kelapa. Kalau versi almond resepnya kurang lebih sama kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku baru tahu ada kudapan dari Kelapa asal Brazil. Jadi penasaran pingin cobain juga. tapi aku kurang suka kelapa. Kalau versi almond resepnya kurang lebih sama kah?

      Delete
  8. Warnanya menarik sekali, quindim ini rasanya manis yaa? Saya baru tahu oleh2 khas brazil ini. Biasanya inget brazil inget bola. Skrg mah inget brazil ini

    ReplyDelete
  9. Duh jadi pengen bikin jugaa wkwkwk, latah. apalgi malem2 ginii hahaha.. rasanya laper bawannya. liat menuunya kayaknya enak

    ReplyDelete
  10. Simpel juga ya. Mungkin seperti kue talam labu ditempat kita ya

    ReplyDelete
  11. Cara membuatnya mudah ya. Kelihatan manis dan lembut jadi ingin coba juga

    ReplyDelete
  12. So yummy, Mbak....semacam makanan khas tradisional ala Brazil gitu ya, Mbak.

    Belum pernah merasakan makanan tradisional selain dari Indonesia ni, Mbak. Bisa nih di recook soalnya caranya gak ribet kan, ya..

    ReplyDelete
  13. kuning cantik gitu kuenya ya mba. sayang sy ga punya open. pengen praktikin n coba buatnya

    ReplyDelete
  14. Wihiii kyknya lumayan gampil.
    Pemgin coba juga resepnya
    Makasiiiii ya

    ReplyDelete
  15. Baru kenalan dengan quindim mbak, mau coba bikin ahhh, pakai oven biasa bisa gak ya mbak? Terima kasih udah share resepmya mbaaak

    ReplyDelete
  16. Membayangkan quindim dimakan siang-siang begink😋

    ReplyDelete
  17. baru tahu nih kudapan quindim ini. kira-kira dia amis nggak ya, mbak soalnya telurnya lumayan banyak gitu

    ReplyDelete
  18. kebayang rasa kuenya pasti enak legit dan empuk banget, ya mbak. Karena terbuat dari 10 butir kuning telurnya saja ditambah gula dan santan, hmm pingin nyobain nih.

    ReplyDelete
  19. Sepertinya simple, dan bahan-bahannya juga tidak terlalu sulit. Jadi pengen coba makanan khas brazil satu ini.

    ReplyDelete
  20. kuenya kelihatannya lembut banget ya, mbak. kalau lihat resepnya sih kayaknya bisa dicoba nih

    ReplyDelete