Resep Dessert Tahu & Sagu Kuah Aren ala Filipina (Taho)

Kenyalnya tahu dan sagu mutiara berpadu dengan kuah gula merah menjadi suatu kesatuan yang nyengerin banget.

Resep taho filipina, kudapan dari tahu dan sagu mutiara yang nikmat
Ilustrasi taho (youtube/kuya milton)

Kamu yang menyukai dessert yang lembut dan sedikit berkuah maka kamu patut banget untuk mencoba Taho ala Filipina. Sebenarnya jika ditilik lebih lanjut, dessert satu ini mirip dengan Tahok asal Jawa Tengah dan Tauhue/Dou Hua khas China.

Hal yang membedakan taho dan kedua jenis kembang tahu lainnya yakni penambahan sagu mutiara yang menambah isian kudapan manis ini serta tidak menggunakan kuah gula merah jahe. Sagu mutiara sendiri memang menjadi bahan populer di berbagai dessert filipana seperti kolak bilo-bilo dan ginaatang mais.

Kamu bisa menggunakan cara klasik hingga cara paling instan untuk membuat taho. Bisa menggunakan kedelai fresh untuk membuat tahu atau bisa juga menggunakan tahu jepang yang memang memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, berbeda dengan tahu biasa yang lebih padat.

Dari beberapa cara membuat taho, pastinya akan lebih mudah jika menggunakan cara instan dengan bahan-bahan yang minim pula. Resep di bawah ini kamu bahkan hanya membutuhkan 6 bahan utama dalam membuat taho. Yuk, cek proses lengkap pembuatan tahu berikut!

Bahan taho

  • 1/2 cangkir sagu kering
  • 250 gr tahu sutra jepang
  • 1/2 cangkir gula aren semut
  • 1-2 tetes perisa pandan
  • 100 ml air + air masak sagu secukupnya

Cara membuat taho

  1. Panaskan air dalam panci masak sagu hingga kenyal hingga saat airnya sangat menyusut tambahkan 1/4 cangkir gula aren lalu masak lagi selama beberapa menit, angkat dan biarkan sagu terendam dalam cairan gula aren.
  2. Kukus tahu sekitar 10 menit sampai matang kemudian dinginkan.
  3. Masak 100 ml air dan 1/4 cangkir gula aren sisa hingga membentuk cairan gula. Setelah dingin, tambahkan perisa pandan.
  4. Sajikan taho dalam gelas dengan membuat lapisan dari potongan tahu, sagu dan gula aren pandan secara berurutan.
Resep taho filipina, kudapan dari tahu dan sagu mutiara yang nikmat
Ilustrasi taho (youtube/danz foodpark)

Tips: kamu bisa mengganti sagu mutiara dengan boba serta perisa pandang yang bisa diganti daun pandan fresh.

Lengkapi kebutuhan masakmu!

Untuk membuat dessert taho asal filipina di atas, kamu tentunya membutuhkan alat dan bahan yang sesuai. Penuhi kebetuhan tersebut hanya dengan duduk santai di rumah lewat link marketplace terpercaya berikut.

Notes: semua produk yang ditampilkan di Allamandawi dipilih secara independen oleh penulis kami.  Namun, ketika kamu membeli sesuatu melalui link tautan ritel di atas, kami mendapat komisi afiliasi. Terima kasih.

Dessert menarik lainnya

Temukan referensi dessert menarik lainnya yang nggak kalah enak dari Taho, bahkan mungkin akan menciptakan sensasi berbeda dan menyenangkan di lidahmu. 

Jangan lewatkan kesegaran Taho filipina serta kumpulan dessert lainnya. Yuk kreasikan resepnya dengan versi terenak darimu, enjoy!

2 comments for "Resep Dessert Tahu & Sagu Kuah Aren ala Filipina (Taho)"

Comment Author Avatar
paling suka tahu sutra jepang :D terimakasih resepnya ya