Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Legit Banget, 6 Jajanan Khas Sulsel Ini Terbuat dari Beras Ketan




Jajanan tradisional Indonesia sepertinya nggak ada matinya dan sudah semestiya untuk tetap dilestarikan. Bukan hanya memiliki cita rasa enak namun juga memiliki  keunikan yang hanya bisa ditemukan di tempat jajanan itu berasal. Salah satu jajanan tradisional yang mesti kalian coba dan ketahui adalah jajanan khas asal Sulawesi Selatan.

Memiliki berbagai macam varian dan rasa, jajanan khas Sulawesi Selatan yang unik biasanya terbuat dari pangan yang mudah didapatkan, contohnya terbuat dari beras ketan. Jajanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari beras ketan ini cukup bermacam-macam lho. Nah, berikut 6 Jajanan khas Sulsel yang terbuat dari beras ketan.

1. Lebo-Lebo


Mirip Boba, Lebo-Lebo ini biasa terbuat dari beras ketan hitam maupun ketan putih. Hanya dengan campuran air, adonan tepung beras ketan yang kemudian dibulatkan lalu dimasak di atas air mendidih sudah bisa membuatmu menikmati kenyalnya makanan khas Sulsel ini.

Biasanya, Lebo-Lebo ini diberi kuah santan dengan campuran gula aren dan jahe agar rasanya makin nikmat. 

2. Onde-Onde

Onde-Onde ini memiliki proses pembuatan yang hampir sama denga Lebo-Lebo. Namun, onde-onde memiliki isian berupa gula merah dengan luaran yang ditaburi dengan parutan kelapa. Hampir mirip dengan klepon, namun Onde-Onde khas Sulawesi Selatan biasanya hanya berwarna putih atau berwarna hitam jika terbuat dari ketan hitam.

Legitnya Onde-Onde ini biasa disajikan saat acara syukuran, pernikahan dan di tempat lainnya termasuk pasar tradisional.

3. Putu Cangkir

Putu Cangkir ini menyerupai bentuk cangkir kecil karena biasanya memang Putu satu ini dibuat dalam cetakan menyerupai cangkir. Mirip dengan jajanan khas Sulawesi Selatan lainnya, Putu Cangkir sendiri memiliki bahan dan proses pembuatan yang cukup mudah.

Adonan Putu Cangkir ini hanya terbuat dari campuran tepung beras biasa, tepung beras ketan, dan gula merah yang dilelehkan terlebih dahulu. Setelah dicampurkan seluruh bahannya, adonan kemudian dicetak dan diberi parutan kelapa di lapisan tengah lalu setelahnya adonan dapat dikukus.

Untuk mendapatkan tekstur Putu Cangkir yang legit, maka perbadingan tepung beras ketannya harus lebih banyak dibanding tepung beras biasa. Putu Cangkir ini saat nikmat dinikmati selagi hangat.

4. Taripang

Taripang, jajanan satu ini hampir mirip dengan penyebutan hewan Teripang, bahkan bentuknya pun nyaris sama yakni memiliki bentuk bulat lonjong seukuran dua jari tangan orang dewasa yang terasa crunchy dan legit di waktu yang bersamaan saat memakannya.

Tekstur crunchy dari Taripang ini didapatkan dari proses penggorengan adonan tepung beras ketan hitam yang setelahnya dilumuri dengan larutan gula aren yang cukup kental. Dijamin deh kamu bakal ketagihan sama jajanan unik satu ini.

5. Songkolo Bagadang

Songkolo Bagadang ini termasuk jajanan yang cukup berat karena Songkola Bagadang ini dibuat serupa dengan nasi namun memiliki tekstur lebih lengket dan kenyal. Biasanya juga Songkolo Bagadang ini disajikan bersama dengan oseng parutan kelapa, ikan teri dan sambal yang menambah cita rasa khas dari makanan satu ini. 

Songkolo bagadang ini sangat cocok buat menemani sarapan santai kamu. 

6. Doko-Doko Cangkudi

Doko-Doko Cangkudi ini adalah salah satu jenis dari banyaknya varian kue Doko-Doko asal Sulawesi Selatan. Bedanya, Doko Cangkudi ini terbuat dari tepung beras ketan putih dengan isian Karake. Karake sendiri adalah semacam selai transional yang terbuat dari gula aren dan kelapa parut.

Doko-Doko sendiri dalam bahasa bugis makassar memiliki arti bungkusan. Oleh karena itu Doko Cangkudi ini dibungkus dengan daun pisang yang berfungsi sebagai wadah agar adonan Doko Cangkudi tidak meluber saat dimasak. 

Dari segi visual, Doko Cangkudi ini memiliki keunikan tersendiri dari Doko-Doko lainnya karena bentuknya yang segitiga prisma.
Lumernya Karake yang dilapisi adonan beras ketan pada kue ini merupakan satu kesatuan yang begitu nikmat banget.

Nah, itu dia 6 jajanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari beras ketan. Jajanan di atas bisa dengan mudah kamu dapatkan di pasar tradisional atau beberapa tempat wisata di Sulawesi Selatan. Jadi, kamu jangan lupa coba ya saat berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Post a Comment for "Legit Banget, 6 Jajanan Khas Sulsel Ini Terbuat dari Beras Ketan"