Resep Asparagus Clafoutis, Endeus Abis!

Clafoutis  biasanya dinikmati sebagai dessert, tapi kamu bisa mengubahnya menjadi kudapan gurih dengan menggunakan sayur seperti Asparagus.

Resep Asparagus clafoutis ala prancis yang endeus abis
Asparagus clafoutis ilust (youtube/Food Wishes)

Berbicara mengenai clafoutis nggak lepas dengan dessert panggang khas Prancis. Memang calfoutis merupakan kudapan manis yang biasanya dibuat dari buah-buahan seperti cherry, blacberry atau jenis berry lainnya.

Berbeda dari clafoutis yang dinikmati sebagai dessert, ternyata ada juga lho claufotis dengan cita rasa gurih, sebut saja Aspragus Clafoutirs. Bisa jadi referensi buat dijadiin cemilan atau pun sarapan, berikut ini resep lengkap Asparagus Clafoutis.

Bahan:

  • 500 gram asparagus
  • 3 butir telur + 2 kuning telur
  • 15 gram atau 1 sdm terigu
  • 115 ml krim (half-fat single cream/doubel cream)
  • 55 gram keju parmesan
  • Butter secukupnya
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Preheat oven hingga mencapai suhu 180 derajat celcius
  2. Masak dalam air mendidih sekitar 3 menit lalu segera tiriskan
  3. Buat adonan dengan mencampurkan telur dan kuning telur, keju parmesan, terigu, lada dan garam secukupnya
  4. Potong asparagus sekitar 2 cm lalu campurkan dengan sedikit butter kemudian masukkan ke dalam adonan
  5. Olesi butter pada seluruh sisi dalam loyang panggangan lalu tuang adonan, taruh sebagian asparagus di bagian atas adonana.
  6. Panggang adonan sekitar 25-30 menit lalu keluarkan dari oven. Tunggu hingga agak hangat sekitar 10 menit lalu asparagus clafoutis siap disajikan.

Tips memasak:

  1. Buat kamu yang Vegan menghidari penggunaan susu susu dan tepung, diganti  dengan kentang, lebih banyak bumbu. Untuk pengganti telur bisa menggunakan satu sendok makan chia bubuk yang direndam dalam air selama lima menit untuk mengganti setiap telur. (theguardian.com)
  2. Kamu bisa menambahkan sayur lain dalam clafoutis asparagus ini, misal buncis atau berbagai jenis kacang-kacangan lainnya. Tapi, pastikan untuk memasaj bahan-tersebut terlebih dahulu sekitar 3-5 menit.

Resep asparagus clafoutis ala prancis, endeus banget
Asparagus clafoutis ilust (youtube/Food Wishes)
Editor's Pick:
Asparagus clafoutis bisa dinikmati dengan salad sayur dan roti. Dinikmati saat sedang hangat adalah pilihan yang tepat, tapi nggak kalah nikmat kok jika dihidangkan saat mencampai suhu ruangan.

Post a Comment for "Resep Asparagus Clafoutis, Endeus Abis!"