Resep Tumis Udang-Buncis, Maknyus Abis!

Kuah kental dan gurih menjadikan tumis udang buncis ini lezat. Apalagi tambahan rempah yang menjadikannya lebih aromatik, rasanya pengen nambah lagi dan lagi. Yuk, temukan rahasia tumis kecap udang buncis di sini.

resep-tumis-kecap-udang-buncis
Tumis udang buncis (dok. Allamandawi)

Siapa yang suka ngolah udang? Kalau aku sih ngak terlalu suka ngolahnya, lebih suka langsung makan alias dimasakin.

Olahan udang satu ini sebenarnya salah satu resep Paksu yang yummy sekali menurutku. Jadi, biar kamu juga bisa ngerasain kelezatannya, aku share resepnya di bawah ini.

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.
Baca Juga: Resep Kue Harcha khas Maroko, Cemilan Lezat Buat Nonton Bola!

Bahan tumis udang buncis

• 2 cup udang
• 10 batang buncis
• 3 batang serai
• 1 batang daun bawang 
• 1 ruas lengkuas, iris tipis
• 1/2 sdm bawang putih, cincang
• 1 sdm kecap
• Minyak untuk menumis
• Garam secukupnya
• Air secukupnya

Cara membuat tumis udang buncis

  1. Kupas kulit udang dan pisahkan dengan kepalanya.
  2. Hilangkan bagian dalam kepala udang. Blender Philips kepala udang dan cangkangnya dengan tambahan sedikit air.
  3. Saring hasil blenderan lalu ambil airnya saja.
  4. Potong dua buncis lalu goreng di atas wajan harden stainless dengan sedikit minyak hingga agak layu dan sedikit mengerut lalu angkat.
  5. Tumis bawang putih cincang, serai dan lengkuas sampai harum.
  6. Masukkan kecap, udang beserta air kaldu udang hasil blender, aduk rata hingga udang hampir matang.
  7. Masukkan potongan buncis dan irisan daun bawang, aduk rata, tumis hingga matang. 
  8. Beri garam dan koreksi rasa, angkat kemudian sajikan di atas piring deep blue flower.
Temukan juga kreasi menarik lainnya di intastagram kami di bawah ini.

Kepala udang yang diblender menjadikan kuah tumisan ini jadi lebih kental dan gurih dengan aroma udang yang lebih berasa. 

Tambahan buncis juga menjadikan tumis udang ini tidak monoton dan jadi lebih menarik dipandang mata, perpaduan rasanya pun tak kalah menarik. Let's try it!

Artikel menarik lainnya

15 comments for "Resep Tumis Udang-Buncis, Maknyus Abis!"

Comment Author Avatar
dari tampilan dan warnannya saja sudah menggoda mata untuk mecicipinya. Ini sudah kumplit, ada serat dan proteinnya. Tinggal nambahin karbo berupa nasi anget pulen.... makan langsung lahap pastinya. sedeppp sih
Comment Author Avatar
Duh aku liatnya aja langsung lapar kak. Pengen banget masak udang tapi aku alergi. Ada alternatif protein lainnya sebagai pengganti udang kak?
Comment Author Avatar
Wah wah, enak nih. Sebagai penggemar udang aku kepengen nyoba. Aku biasanya udang dimasak udang aja, gak dicampur sama apa-apa. Kudu nyoba nih resepnya. Kayaknya enak. Nanti nyoba ah kalo ada udang. Semoga anak-anakku suka. Izin copas. :D
Comment Author Avatar
Ternyata kepala udang bisa dijadikan kaldu untuk ditambahkan dalam masakan, ya. Selama ini saya selalu membuang kepala udangnya. Cara membuatnya mudah dan bahannya juga mudah didapatkan. Tinggal eksekusinya, deh!
Comment Author Avatar
Udang diapa-apin aja enak heran... padahal kadang suka males bersiinnya tapi kalo dah liat resep baru gini mau recook karna bayangin rasanya pasti gurih sedap
Comment Author Avatar
Ini menu sehat dan praktis nih. Masaknya nggak perlu lama dan ribet. bahannya juga mudah didapat di mana-mana. harus dicoba nih.
Comment Author Avatar
Wah keliatannya enak banget, jadi pengen recook deh haha. Lumayan nambah resep
Comment Author Avatar
Belum pernah nyoba numis udang disatuin dengan buncis. Sepertinya ide yang menarik. Tahapannyaj uga tidak terlalu sulit sepertinya. Must try at home nih. Terima kasih kak untuk resepnya
Comment Author Avatar
Anakku pasti suka banget klo dimasakin ini. Dia penggemar berat udang. Tapi kiyakin, yg diambilnya bakalan udang saja. Buncisnya dikasihkan emaknya.
Comment Author Avatar
duuu udang, saya pecinta tumisan soalnya kalau masak sat set, gak pakai lama hihi, nanti nyoba akh tumis buncisnya dikasi udang,makasih resepnya
Comment Author Avatar
Duh kepala udang emang menurut saya punya cita rasa tersendiri, digoreng biasa saja udah gurih banget, gak kebayang kalau diolah seperti resep ini 🤤
Comment Author Avatar
Udang dikombinasikan dengan bunci, sepertinya memang lezat ya ditambah bahan bahannya sederhana sehingga mudah untuk dicoba
Comment Author Avatar
Bahan bahan yang diperlukan untuk resep tumis kecap ini sepertinya mudah untuk dicari dan ditemukan. Hmm.. harus segera dikirimkan ke istri nih, biar dimasakin ehehe
Comment Author Avatar
Buncis dan udang adalah dua bahan makanan kesukaanku dan aku sering juga bikin masakan dengan dua bahan itu. Tapi boleh juga nih kucoba resepnya soalnya aku belum pernah memanfaatkan kaldu udangnya. Biasanya kaldu aku pisah buat bikin masakan lain hehe. Terima kasih resepnya ya.
Comment Author Avatar
Aku suka banget buncis dari dulu. Selama ini kalau masak buncis, resepnya itu itu aja. Sekarang ada resep baru nih. Pengen recook ah!