Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Kakavia, Sup Ikan ala Nelayan Yunani

resep-kakavia-sup-ikan-yunani

Ada banyak sekali olahan di dunia, termasuk sup ikan. Setiap negara memiliki ciri khas masing-masing dalam mengolah ikan, tak terkecuali dengan Yunani. 

Kakavia sendiri berasal dari kata kakavi yang berarti panci masak tripod yang digunakan para nelayan. Dalam bahasa yunani penulisan kakavia yaknk κακαβιά, dengan penyebutan ka-kahv-YAH.

Biasanya ikan yang digunakan dalam kakavia adalah ikan kecil yang tidak memungkin untuk dijual, oleh karennya para nelayan mengolahnya menjadi sup ikan dengan campuran tomat, bawang dan minyak zaitun.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat resep kakavia, sup ikan ala yunani di bawah ini!

Bahan:

  • 300 gr ikan apapun
  • 1 ubi jalar
  • 1/2 wortel ukuran besar
  • 4 bawang merah 
  • 4 bawang putih 
  • 3 cabe 
  • 2 tomat 
  • 2 sdm minyak zaitun 
  • 1-2 sdt perasan jeruk nipis
  • garam dan lada 
  • 200 ml air 

Cara membuat:

  1. Bersihkan dan potong-potong ikan menjadi beberapa bagian.
  2. Kupas ubi dan wortel, potong dadu. 
  3. Iris bawang merah, bawang putih dan cabe.
  4. Potong tomat lalu haluskan menggunakan blender dengan tambahahan sedikit air.
  5. Masak ubi, wortel, bawang merah dan lutih hingga setengah matang.
  6. Masukkan potongan ikan dan bubur tomat, masak hingga matang.
  7. Tambahkan garam, lada, perasan jeruk nipis dan minyak zaitun.
  8. Angkat ikan lalu sajikan.

Kuah tomat yang kental buat kakavia ini jadi lebih segar, potongan sayur yang lembut pun buak kuah ikan jadi lebih creamy dan gurih untuk dinikmati. Perpaduan rasa ini bakal buat kamu mencicipi sup ikan yang lebih menarik dari biasanya.

Resep kakavia ini cukup berbeda ya dengan kebanyakan sup ikan di Indonesia? Jadi kalau bosan dengan olahan ikan yang itu-itu saja, kakavia bisa dijadikan selingan menu ikan sehari-harimu. Yuk cobain kakavia ala yunani!

15 comments for "Resep Kakavia, Sup Ikan ala Nelayan Yunani"

  1. Kuah tomatnya kental banget. Disantap dengan campuran ubi dan wortel, sudah menjadi hidangan yang berbeda dari biasanya. Cuma, tomat yang diblender kok agak hijau? Setahu saya, tomat merah lebih manis jika dijadikan kuah.

    ReplyDelete
  2. Wah pas nih musim hujan begini bikin Kakavia Sup Ikan ala Yunani. Hangaat pasti. Btw, ini ikannya bisa apa aja berarti ya

    ReplyDelete
  3. Duhh jadi ngiler, kayaknya besok mau ikut ikutan masa sup ikan ala nelayan kayak gini, kayaknya seger dan anget di badan yaa mbaa..

    ReplyDelete
  4. Jadi laperrrr
    Mupeng buat recook
    Ntar mau cari ikan d pasar, ahh
    Makasi ya Mba 😍🙏

    ReplyDelete
  5. Aku jadi inget setelah baca artikel ini. Itu tu mbak sup bibir ikan yang juga memakai bahan yang mungkin belum banyak orang tahu bibir ikannya dibuang, eeeeh ini dijadikan masakan yang harga 1 porsi lumayan juga, tapi enaaaaaak. Itu pakai ikan apa aku juga kurang tahu Mbak.

    ReplyDelete
  6. Udah ada potongan ubi, berarti ini nggak usah nambahin nasi udah lengkap asupan karbo, protein, lemak nih. Bisa dicoba kapan-kapan kalau pas hujan biar anget di badan

    ReplyDelete
  7. Seger ya ini, bisa jadi referensi nih bosan makan ikan goreng dan gulai ikan terus. Ini cocok buat musim hujan

    ReplyDelete
  8. Wah enak ini kayaknya
    Kuah tomatnya kental banget mbak
    Ini bisa jadi referensi kalau bosan dengan hidangan olahan ikan yang itu itu saja

    ReplyDelete
  9. Fix masuuk list untuk di reecock inj mbaak, emang seger banget, yang biki deg degan masak ikan itu khawatir amisnya

    ReplyDelete
  10. Wah pas banget musim hujan begini makan nasi pakai sup ikan. Terimakasih resepnya ya Mbak.

    ReplyDelete
  11. Hwaaa resepnya so simpel ya mbaa😂
    Mau bikin juga ahhh

    looks so yummy

    ReplyDelete
  12. Resep kakavia hmm aku baru tau ini mba. Melihat resep dan cara membuat sepertinya bisa banget untuk dicoba. Apalagi melihat tekstur kuah yang ada di gambar terlihat segar dan berasa banget bumbunya. Terimakasih sharing resepnya, mba.

    ReplyDelete
  13. Hem..
    Lezat dan gurih nih sepertianya. Cocok dimakan saat panas ya kalau sup ikan begini tuh. Musim dingin cocok lah makan sajian sup ikan seperti ini.
    Kapan kapan mau coba juga

    ReplyDelete
  14. Sebai penyuka sup saya mau coba ah resepnya kakavia sup ikan ala nelayan Yunani ini. Sedap kelihatannya, ngiler saya

    ReplyDelete
  15. Wah nampaknya segar dan enak ini mbak
    Aku jadi pengen recook resep Kakavia, sup ikan ala nelayan Yunani ini

    ReplyDelete