Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cullen Skink, Sup Ikan Asap ala Skotlandia

resep-cullen-skink-sup-ikan-asap-scottish-recipe.webp

Cullen sink adalah salah satu sup krim ikan asal Skotlandia. Cullen merupakan salah satu kota di bagian utara skotlandia yang dikenal dengan olahan ikannya, skink sendiri berarti sup yang beraroma jadi cullen skin dapat diartikan sebagai sup ikan beraroma asal kota Cullen.

Olahan sup satu ini secara tradisional menggunaka ikan haddock asap, jenis ikan yang mirip dengan ikan kod. Namun, resep cullen kali ini akan menggunakan ikan asap yang mudah ditemukan di Indonesia yakni patin asap. 

Kamu yang penasaran dengan rasa cullen sink dan ingin membuatnya bisa mengikuti resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 300 gram ikan patin asap
  • 3 buah kentang sedang
  • 400 ml susu
  • 1 lembar salam
  • 1 sdt seledri cincang
  • 5 siung bawang putih
  • Garam dan lada secukupnya

Cara memasak:

  1. Didihkan air lalu masak kentang hingga lembut sekitar 10 menit.
  2. Kuliti kentang, potong dadu sebagian dan sebagiannya lagi haluskan. Kamu juga bisa mengupasnya terlebih dahulu sebelum dimasak agar lebih mudah. Jika ingin kuah dengan tekstur lembut kamu bisa menghaluskan semua kentang, begitu pun sebaliknya.
  3. Massukkan potongan ikan asap, susu, daun seledri dan daun salam dalam belanga, masak sekitar 10 menit hingga ikan agak lembut.
  4. Keluarkan ikan asap kemudian hilangkan kulit dan tulang jika ada. Potong dadu daging ikan.
  5. Tumis bawang putih hingga harum lalu campur dengan kentang halus, tambah sedikit air jika terlalu kental.
  6. Buat kuah kental dengan campuran kentang tumis, kentang dadu dan kuah susu sisa memasak ikan, hilangkan daun salam.
  7. Masak campuran kuah sekitar 5 menit, aduk merata agar kuah tidak menggumpal dan tektur yang dihasilkan pun lembut. Jangan lupa beri garam dan lada, koreksi rasa.
  8. Sajikan sup ikan asap dengan menuang kuah kental ke potongan daging ikan asap.
resep-cullen-skink-sup-ikan-asap-scotland-recipe.webp

Aroma ikan asap yang menguar saat mencicipi cullen skink ini bikin sup dengan kuah kental ini unik dan patut dicoba di rumah. Kuah yang creamy dan gurihnya ikan ikan pun jadi kesatuan yang lezat. 

Selain menggunakan ikan haddock dan patin, kamu juga bisa bereksperimen dengan jenis ikan lainnya. Let's try it!

23 comments for "Resep Cullen Skink, Sup Ikan Asap ala Skotlandia"

  1. Wah, ikan patin asap tuh makanan favorit di rumah, bisa di reecok nih resepnya, apalagi bahan dan cara pembuatannya nggak terlalu sulit.
    Terima kasih untuk share resepnya kakak

    ReplyDelete
  2. Wah terima kasih untuk resepnya, jadi ingin coba juga nih bikin. Enak kayaknya, apalagi di kota tempat saya tinggal kaya akan ikan-ikan segar.

    ReplyDelete
  3. Wah enak nih..cullen skink sup ikan asap yang dibikin versi Indonesia, resep cullen yang menggunakan ikan asap yang mudah ditemukan di Indonesia yakni patin asap. Bisa dicoba resepnya. Terima kasih Mba

    ReplyDelete
  4. Resepnya luar negeri tp bahan lokal... Lidahnya orang rumah cocok nggak ya, pengen nyoba

    ReplyDelete
  5. Wah keren sekali mba bisa masak resep ini.. Btw, untuk ikan asapnya itu beli sudah jadi ikan asap atau kita masak dan diasapin sendiri ya?

    ReplyDelete
  6. Ingat Cullen ingat Robert Cullen pemeran vampire twilight yang tenar dimasanya, wadidaw. Lah jadi ngomongin itu ya Mbak.

    Anyway lidahku belum pernah merasai masakan selain dari masakan Indonesia, seringnya Jawa. Sepertinya bisa ini dicoba Mbak, pakai ikan patin asap bahan utamanya mudah ditemukan juga disini

    ReplyDelete
  7. Saya pengikat menu sup. Sangat suka sekali. Apalagi yang memiliki cita rasa kuat dan fresh. Sepertinya ini bisa jadi referensi nih. Bahannya juga ramah bahan makanan tanah air

    ReplyDelete
  8. terima kasih resepnya mbak, awalnya "ehh ikan asap pakai susu?" tapi sepertinya akan kucoba karna tampak lejatos nyammyy

    ReplyDelete
  9. Ini berarti pakai ikan patin yang diasapkan ya maksudnya. Soalnya kalau di pasar ikan dekat rumah adanya ikan patin biasa

    ReplyDelete
  10. belm pernah incip ini mbak, sepertinya yummy ya, penasaran rasanya saya, suka sup yang creamy seperti ini

    ReplyDelete
  11. Wow wow woooow. Membayangkan masakan ini bikin ngiler maksimal. Kuahnya creamy banget ya itu mba. ANak-anak pasti suka. Mumpung weekend, patut di masukkan list untuk eksekusi segera nih.

    ReplyDelete
  12. Wah baru kali ini aku tahu, ada resep khas Skotlandia yang bisa kita buat di rumah
    Bahan bahannya juga mudah didapatkan
    Oke, kapan kapan mau recook ah

    ReplyDelete
  13. Wah, ide baru untuk masak ikan patin nih. Kadang suka bingung kalau masak ikan patin diapain aja, ini bisa jadi salah satu alternatif. Creamy dan yummy kelihatannya..

    ReplyDelete
  14. Jadi berarti ini bisa pakai ikan patin ya Mba. Enak nih kayanya. Boleh juga buat Ide makanan buat anak. Anakku suka makan ikan soalnya, cuman kalau ikan patin belum pernah ngolahnya

    ReplyDelete
  15. Wah, info menarik dan cara mengolah ikan patin asap yang lezat.
    Membayangkan ikan asap dengan kuah ini membuat lapar dan dimakan dengan nasi hangat dan sedikit sambal yaa..

    ReplyDelete
  16. Disini banyak ikan asap lele, kayaknya perlu coba resep ini nih. Creamy anak anak pasti suka

    ReplyDelete
  17. Baca judulnya kirain akan menemukan resep masakan luar negeri, ternyata bisa diolah dengan kearifan lokal ya mba,, kalau ikan patin segar, biasanya saya suka dipepes, nah kalau patin asap belum pernah coba nih.. kapan-kapan cobain ah, semoga anak-anak suka ^^

    ReplyDelete
  18. ya ampun, berasa menemukan resep ajaib, mbak. Aku tuh sering banget dipaketin ikan asap sm mertua, tp karena nggak jago masak cuma bisa diolah balado :(
    Mau ah recook resepnya, kuah kentalnya menggiurkan banget

    ReplyDelete
  19. keren...! saya baru tau akan resep ini. Bagi penyuka ikan pastinya perlu nih nyoba resep yang satu ini karena biasanya kalo beli ikan atau dikasih ikan cuma bisa di balado dan di goreng hehehe

    ReplyDelete
  20. Ikan asap klo disini tentunya masih identik dengan bumbu rempah ya... Nah ini resep ikan asap unik, adda susunya... bisa dicoba ah nanti

    ReplyDelete
  21. Saya suka banget sama ikan yang diasap. Karena punya aroma yang khas banget dan kalau diolah jadi super nikmat. Jadi pengin nyobain resep ini karena berbeda dengan resep yang biasa saya pakai. Menarik kelihatannya...

    ReplyDelete
  22. Masakan bule ya dengan bahan lokal Indonesia. Kayaknya mudah buatnya, tapi ragu2 apa doyan gak ya hehe

    ReplyDelete
  23. Rwcomended untuk dicoba buat resep anak ini... .Makasih mbak! Senengnya dapat resep ala masakan luar negeri tapi bahannya mudah banget dan gampang nyarinya.

    ReplyDelete