Resep Jungle Curry Thailand, Rasanya Sepaket Komplit

Nikmati kelezatan jungle curry dengan berbagai macam isian yang membuatnya nampak liar dan beragam namun terasa mewah.

Resep jungle curry/kaeng pa thailand
ilustrasi jungle curry (youtube/Marion's Kitchen)

Jungle curry atau dalam bahasa thailand di sebut "kaeng pa" merupakan hidangan kari dengan berbagai macam bahan di dalamnya, mencakup daging dan sayuran. 

Daging yang biasanya digunakan satu jenis saja, bisa berupa ikan, ayam, babi bahkan ada yang menggunkan daging domba. Untuk sayurannya sendiri terdiri beberapa macam, utamanya menggunakan terung dan rebung. 

Jika kari dikenal sebagai olahan berbumbu tinggi dengan tambahan kuah santan nan gurih, kari satu ini ternyata cukup berbeda karena tak menggunakan santan jadi kuahnya lebih watery dan segar. 

Terdiri dari banyak bahan utama, jungle curry memang mendeskripsikan keanekaragamannya dalam satu sajian, jadinya terasa lebih komplit. Kamu yang ingin merasakan sensai nikmta jungle curry bisa lihat resep berikut ini.

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, kamu tidak dikenakan biaya apapun jika mengklik link. Namun, saat kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep Roti Gulung Sayur, Simpel dan Bikin Kenyang!

Bahan jungle curry

Bahan utama:

  • 450 gr daging ayam
  • 500 ml air
  • 1 buah terung sedang
  • 1/2 buah rebung kecil
  • 3 batang kacang panjang

Bahan bumbu dan rempah

  • 3 sdm pasta kari merah thailand
  • 3 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 1-2 cabai hijau besar
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang serai
  • 2 sdm saus ikan
  • 1 sdm gula aren
  • 1 tangkai merica muda
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 sdm minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Daun kemangi secukupnya

Cara membuat jungle curry

  1. Siapkan bumbu dengan mengulek bawang putih, jahe, lengkuas, serai, dan cabai hingga halus. Setelah halus, campur bahan dengan pasta kari merah. 
  2. Panaskan minyak di atas panci stainless Nuclad Edel Series kemudian masukkan bumbu kari, tumis hingga harum.
  3. Masukkan potongan daging ayam ke dalam tumisan, aduk sebentar hingga pucat lalu tambahakan air. Masak hingga ayam empuk.
  4. Tambahkan potongan sayuran berupa rebung, terung dan kacang panjang. Juga tambahkan penyedap dan rempah sisanya yaitu daun jeruk, merica muda, gula aren, saus ikan dan garam. Masak kembali hingga sayuran menjadi matang.
  5. Koreksi rasa, setelah pas, jungle curry bisa kamu angkat lalu sajikan bersama daun kemangi.

Tips membuat jungle curry

  1. Kami bisa menambahkan lebih banya sayuran lainnya ke dalam jungle curry, bisa jagung muda atau putren, buncis dan jamur.
  2. Jika tak memiliki merica muda kamu bisa menggantinya dengan merica hitam baik dalam keadaan butiran atau bubuk, tapi bisa juga di-skip kok.
  3. Jika kuahnya terlihat sangat menyusut atau kering kamu bisa menambahkan lebih banyak air ke dalamnya. Di sisi lain, kamu juga bisa menggunakan kaldu cair agar lebih gurih.
  4. Untuk menghilangkan rasa pahit pada rebung sebaiknya kamu merendamnya terlebih dahulu dalam air garam minimal 30 menit.

Jungle curry biasanya disajikan dengan nasi putih sebagai menu utama yang nikmat dan juga mengenyangkan. Meski kari ini tak mengandung santan sebagaimana kari pada umumnya, namun dengan bantuan rempah yang kaya membuat rasanya tetap fantastis. Ayo, nikmati kelezatan komplit dalam semangkuk jungle curry segera!

Kreasi curry menarik lainnya

10 comments for "Resep Jungle Curry Thailand, Rasanya Sepaket Komplit"

Comment Author Avatar
Lihat bahan bumbunya tuh luar biasa, pasti strong banget ini rasanya. Jadi mau coba buat menu lebaran deh, biar ada menu baru yang berbeda
Comment Author Avatar
Wuiihhh udah kebayang tuh rasanya gimana, bakalan kerasa banget bumbunya. Pengen cobain resepnya, tapi takut anak-anak nggak suka, mereka terbiasa lauk less bumbu soalnya
Comment Author Avatar
Jadi ngiler.. sebagai pecinta banyak bumbu senang banget makanan kaya bumbu
Comment Author Avatar
Masakan Thailand biasanya bumbunya kuat banget, jadi penasaran rasanya, ternyata ada campuran rebung dan terong, mirip sayur lodeh ya, tapi beda bumbu
Comment Author Avatar
Wah, kalo dilihat dari resepnya, kayaknya kok gampang ya buatnya
Boleh aku coba kapan kapan ah
Comment Author Avatar
Dari gambarnya aja keliatan kalau bumbu kuahnya itu pasti kaya. Ya, meskipun katanya nggak terlalu kental karena nggak pake santan. Orang Sumatra pasti suka masakan seperti ini.
Comment Author Avatar
Masakan Thailand yang satu ini persis tomyam ya..
Tapi bedanya Jungle Curry Thailand menggunakan santan. Pasti rasanya gurih sampe bikin nagih.
Comment Author Avatar
Harus dicoba nih resepnya....pasti yummy nih gurih pedes seger gitu khas thailand
Comment Author Avatar
Ini resep cocok banget buat emak bapaknya, kalau anak2 nyium aroma bumbu yang pekat udah hands up duluan.
Comment Author Avatar
Sering ngolah rebung tapi belum pernah coba resep jungle curry thailand, bisa dicobain nih kak untuk menu buka puasa bareng keluarga. Rempahnya lumayan banyak ya.