Review 4 Varian Menu De' Sushi, Restoran Jepang Halal Makassar!

Siapa nih yang suka makanan khas jepang? Ada banyak banget kreasi menarik yang patut banget dicobain. Apalagi sekarang udah difasilitasi dengan banyaknya restoran jepang  yang berdiri di hampir seluruh penjuru negeri.

Review 4 Menu Varian D'Sushi Makassar
Ilustrasi menu de'sushi (dok. Allamandawi)

Kali ini aku mau cerita dikit tentang pengalaman aku makan berbagai olahan jepang di salah satu restoran di Makassar, namanya De' Sushi. 

Btw, tahun ini akhirnya restoran tersebut udah dapat sertifikat halal jadi berasa lebih mantep aja cobain sensasi makan di sini. Apalagi ada bekal voucher makannya, pemberian dari teman Paksu, makin alhamdulillah pake banget.

Sebenarnya aku pengen review De'sushi dari segi interior dan lainnya tapi nggak sempat foto restorannya, cuma makanannya saja jadi yah gitu deh. Di sini ada empat menu makanan utama plus 1 minuman yang aku pesan. Nah, untuk menu-menu itu aku review di bawah ini.

1. Salmon skin salad

Review menu salmon skin salad desushi makassar
Ilustrasi salmon skin salad de'sushi (dok. Allamandawi)

The first thing dan yang paling nggak kelupaan saat ke restoran jepang tuh cobain crispy salmon skin. Kalau di De'sushi sendiri salmon skin di sajikan bareng salad jadi crunchy sekaligus segar.

Sayuran pelengkap pada salmon skin salad ini ada timun, rumput laut, selada, tomat, dan mayo, entah mayo jepang atau thousand island soalnya warnanya nampak orange. 

Lebih detail mengenai isinya, sayurannya didominasi sama timun dan rumput laut yang diiris tipis memanjang kayak mie gitu jadi lebih unik menurutku. Untuk salmon skinnya berasa krispi tapi sedikit keras, cuma Paksu suka sih kalau teksturnya begitu.

Satu lagi, pas cobain salad ini aku ngerasa kayak ada bawangnya, cuma selintas aja, paksu bilang nggak ada jadi aku sendiri nggak terlalu yakin. 

Harga normal: IDR 46K

Baca Juga: Resep Redang Sapi Otentik Khas Minangkabau

2. Chicken shoyu ramen

Review chicken shoyu ramen desushi
Ilustrasi chicken shoyu ramen de'sushi (dok. Allamandawi)

Dari tampilannya sudah cukup menggambarkan isinya, ada wakame, telur, naruto (fish cake) dan potongan chiken crispy.

Di menu ini untuk pertama kalinya aku cobain yang namanya seaweed dalam ramen, aku kurang tahu ini jenis kombu atau wakame, pokoknya salah satu jenis rumput laut yang memang sering dibuat sup. Rasanya enak banget, kenyal, crunchy dan agak padat, sejauh ini nggak ada sayur yang nyamain deh. 

Kuah shoyu-nya gurih dengan sedikit aroma khas ikan. Dari penjelasan menunya, aku lihat memang menggunakan dashi, penyedap jepang yang terbuat dari rumput laut dan katsuoboshi (serpihan ikan kering). Wajar banget kalau kuahnya super umami.

Tekstur mie yang dihidangkan pun kenyal padat, nggak lembek meskipun ukurannya kayak mie instan pada umumnya. Di sisi lain ada potongan ayam krispinya, cukup seimbang dengan bahan lainnya yang kenyal. Cuma, dibayanganku sepertinya lebih enak kalau pakai ayam suir aja deh ✌️.

Harga normal: IDR 54K

3. Crunchy spicy shrimp 

Ilustrasi crunchy spicy shrimp d'sushi makassar
Ilustrasi crunchy spicy shrimp de'sushi (dok. Allamandawi)

Masih dengan menu yang crunchy, kali ini kita masuk dunia sushi. Crunchy spicy shrimp ini bentuknya reverse sushi alias sushi kebalik karena rumput lautnya ada di bagian dalam nasi.

Isiannya sesuai namanya ada tempura udang dan krenyes-krenyesnya, tapi ukuran udangnya kecil banget, kebanyakan krenyesnya jadi udangnya ngga terlalu berasa. Meskipun ada serpihan cabenya tapi ini nggak spicy sama sekali di lidahku. Tapi namanya sushi yah nikmat-nikmat saja. Hehehe.

Harga normal: IDR 48K

4. Goma seaweed roll

Review goma seaweed roll desushi makassar
Ilustrasi goma seaweed roll de'sushi (dok. Allamandawi)

Goma seawed ini setahuku salah satu jenis salad jepang, jadi cobain hidangan ini dalam bentuk sushi rasanya kayak makan nasi plus salad. 

Hal yang aku suka dari hidangan ini yaitu sausnya yang asem, bener-bener sensasi salad. Isiannya ada selada pastinya plus  kepiting soka krispi. Luarnya ada taburan wijen yang bikin lebih estetik.

Harga normal: IDR 53K

Baca Juga: Resep Goguma-Sweet Potato Latte ala Korea, Bebas Kafein!

5. Hot ocha

ocha tea d'sushi
Ilustrasi ocha tea de'sushi (dok. Allamandawi)

*Nggak kepikiran foto ocha tapi dari gambar di atas kebayanglah gelasnya bagaimana

Nikmatin hidangan jepang dengan hot ocha rasanya perfecto. Makanan yang super umami terasa sangat seimbang dengan ocha beraroma menyenangkan, bikin suasan makan terasa lebih rileks.

D' Sushi sendiri menyediakan refill ocha sepuasnya jadi nggak usah khawatir kehabisan atau mikirin harga tiap gelasnya.

Harga normal: IDR 10K

6+ Gari/acar jahe (GRATIS)

review menu gari d'sushi
Ilustrasi gari de'sushi (dok. Allamandawi)

Sebenarnya ini hidangan yang paling pertama aku makan pas sampe restoran, sambil nunggu pesanan keluar. Rasanya appetazing banget, bikin mood makan jadi naik.

Kalau kamu mau acar jahe ini, kamu tinggal bilang ke pelayannya karena ini nggak disajikan di atas meja. Cukup berbeda dengan restoran sushi yang pernah aku cobain.

Gari De' Sushi menurutku the best. Asem, manis, pedas dan pahit dari jahenya tuh seimbang, tingkat keasamannya pun sesuai dengan selera aku suka banget. Di sisi lain, gari disajikan dalam bentuk dingin jadi lebih nikmat pol.

Secara keseluruhan menu De' Sushi yang aku coba ueenak tenan. Salahku karena pesan yang nyaris semua isinya pakai daging yang krisipi jadi agak enek juga. Harusnya aku makan garinya di akhir sesi makan tapi abis duluan. 

Kamu yang tergiur dengan menu De' Sushi di atas cuss ke restoran terdekat di kotamu. Masih ada banyak lagi menu nikmat lainnya, selamat mencoba. Doain juga ya biar aku bisa ke sana lagi.

Baca Juga: Resep Homemade Gari, Acar Jahe Pelengkap Sushi Jepang!

21 comments for "Review 4 Varian Menu De' Sushi, Restoran Jepang Halal Makassar!"

Comment Author Avatar
Waaa... Menunya menarik banget mba. Udah lama sejak terakhir kali aku makan masakan Jepang nih.
Comment Author Avatar
Waaahhh... Liat foto dan baca review nya auto ngiler.. Ya Allah.. Jadi pengen ke Makassar nyicip makanan di sini.. Sambil maen, Jalan-jalan, ditambah ada kerjaan pun gapapa ya Allah ... Aamiinn
Comment Author Avatar
Hmm.. enak-enak banget sih ini. Di Semarang juga ada restoran Jepang halal semacam ini. Suka jadi tempat singgah saat pengen cicip makanan dari negara Asia Timur ini. Kalau ke Makassar mau lah mampir ke restonya, suka banget sama platingnya, cantik, jadi sayang makannya kalau begini, hehe.
Comment Author Avatar
Kemaren aku juga baru nyobain resto Jepang yang mayan baru di sini. Kalo ke resto Jepang ngga pesen ramen ato sushi rasanya kurang afdhol yhaa hehe. Aku penasaran Goma seaweed roll. Jadi makan sushi yang dalemnya salad ya dengan saus asem. Penasaraaan. Kalau sih ngga begitu suka acar jahe, pernah nyoba dan ngga habis huhu.
Comment Author Avatar
Wah pengen mba.. Kayaknya enak banget. Dah lama nggak makan maknan jepang nih. Di desa nggak ada, kalaupun ada rasanya beda jauh
Comment Author Avatar
Pertama, aku doain semoga Mba bisa ke De Sushi Makassar lagi buat nikmati kuliner Jepangnya. Kedua, alhamdulillaah pas baca artikel ini aku baru aja abis makan siang, jadi nggak ngiler-ngiler amat hahahhaha.

Kalau makan di restoran sushi gini yang bikin ragu itu sertifikasi halal/nggaknya ya Mba. Alhamdulillaah De Sushi sudah ada sertifikat halalnya ^_^
Comment Author Avatar
Dari semua menu, salmon nya yg sangat menggoda saya. Bikin ngiler asli hehehe...
Tenang makan di tempat yg sudah ada sertifikat halal seperti ini. Semoga di Cianjur tempat saya juga ada nih biar dekat
Comment Author Avatar
Pualing doyaaann aku sama sushi, terutama yang ada avocado sama tamago. Resto sushi begini biasanya pasti aku datengin sih, solusi pengen kenyang tapi kelihatannya ngemil karena bite size, heheh.
Comment Author Avatar
Acar jahe ini andalan banget untuk menikmati serangkaian hidangan sushi. Paling suka kalau makannya barengan dengan sushinya, ada sensasi pedas dan wanginya gitu.
Comment Author Avatar
Mupeng banget mbak saya pingin coba. Seumur-umur belum pernah nyoba menu Jepang selain HokBen doang. Hihihi
Comment Author Avatar
Kesukaan aku selalu ramen spicy plus teh ocha, perpaduan yang menarik, bikin pedesnya juga cepet hilang. Udah lama juga nggak ngeramen hihi
Comment Author Avatar
Waah, masakan Jepang selalu jadi favoritku nih Mbak. Sushi, ramen, dan kawan-kawannya memang selalu pas di lidah. Kapan-kapan kalau ada kesempatan, mau banget deh cobain De'Sushi.
Comment Author Avatar
Gari tuh yang bikin pas saat makan sushi. Beneran memang enggak semua tempat makan sushi bisa bikin gari. Kalau gari de Sushi rasa asem, manis, pedas dan pahit dari jahenya tuh seimbang ya mantap pasti
Comment Author Avatar
wah saya senang banget nih kalau ada restoran sushi yang sudah ada sertifikat halalnya jadi nggak ragu deh kalau mau makan. cuma kadang kalau makan di resto jepang begini nggak bisa cuma sushi aja ya, mbak soalnya nggak kenyang hihi
Comment Author Avatar
Aku enggak terlalu suka masakan Jepang sih, hanya beberapa menu aja yang suka, tapi setelah baca artikel mbak kok jadi penasaran rasanya ya hehehe
Comment Author Avatar
Wah Alhamdulillah ya ada restoran Jepang halal di Makassar sana Jadi nggak khawatir lagi deh
Comment Author Avatar
Looks soooo yummy

aku penggemar menu Jepang.
pastinya mau bangettt datang ke sini
Comment Author Avatar
Seneng ya kak ada restoran Jepang yang udah bersertifikat halal di Makassar jadi gak perlu ragu untuk icip icip
Comment Author Avatar
Hihi...aku paling menghindari jahe kalo ke resto Jepang. Rasanya strong pissaan..
Tapi kalau di De' Sushi enak dan bisa naikin mood, ini bisa minta refiil bolak-balik yaa..
Varian menunya banyaak di De' Sushi. Puas bangeeett~
Comment Author Avatar
Wah kalo ke Makassar wajib melipir kesini sih, soalnya di Makassar juga banyak kan yaa menu menu non halal, nah tempat makan di sini bisa jadi pilihan uhuyyy!
Comment Author Avatar
semua menu desushi ini menggoda banget sih kak, aku auto lapar lho baca reviewnya... next cobain juga ah