Resep Lady Finger Berry Roulade Tanpa Oven, Lembut dan Gampang Buatnya!

Lady finger seringkali dijadikan bahan untuk membuat tiramusu. Tapi, apa jadinya jika dikreasikan dalam bentul roulade cake?

Lady finger berry roulade - swiss rolls - kue gulung simpel
ilutrasi lady finger berry roulade (youtube/Cookrate-Cake)

Roulade berasal dari istilah prancis yang berarti gulungan. Jika ditilik dari segi bentuk roulade ini mirip dengan kue gulung atau swiss roll. Namun, jika ditilik lebih detail lagi sebenarnya kue gulung termasuk bagian dari kreasi roulade.

Dikenal dengan dua varian utama, roulade bisa bercita rasa manis maupun gurih. Nah, untuk yang bercita rasa manis ini termasuk swiss roll sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Untuk varian gurih biasanya menggunakan gulungan daging, bisa berupa daging ayam atau pun sapi.

Kali ini, ada resep mudah roulade manis, lebih tepatnya berry roulade. Tak perlu pakai oven, jadi buatnya lebih gampang. Di sisi lain, kamu cuma butuh beberapa langkah sederhana, lho. Untuk kreasi lengkapnya bisa kamu cek di bawah ini!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep BBQ Sate Tahu dan Sayur, Sehat dan Murah!

Bahan berry roulade

Serving: 2 berry roulade

Bahan utama:

  • 400 ml susu
  • 600 gr lady finger

Bahan krim dan isian:

  • 500 gr raspberry
  • 300 gr mentega (soft butter)
  • 1 liter susu
  • 4 butir telur
  • 100 gr gula
  • 160 gr maizena
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • Sejuput garam

Bahan lapisan luar:

  • 500 gr whipped cream
  • 100 gr coklat (lelehkan)
  • 15-20 buah raspberry

Cara membuat lady finger berry roulade

  1. Siapkan susu dalam loyang kaca OCuisine 23cm kemudian celup lady finger satu per satu ke dalamnya.
  2. Susun lady finger membentuk persegi di atas palastic wrap kemudian diamkan beberapa saat sambil melakukan langkah selanjutnya.
  3. Buat krim dengan mencampur susu, telur, gula, maizena, ekstrak vanila dan garam. Aduk bahan tersebut hingga homogen kemudian panaskan sampai teksturnya kental. Angkat lalu sisihkan.
  4. Kocok mentega hingga lembut, masukkan krim yang telah dingin, kocok kembali menggunakan Mito hand mixer.
  5. Tuang kocokan krim ke atas lapisan lady finger, oles perlahan agar rata.
  6. Tambahkan beberapa buah raspberry di seluruh permukaan krim.
  7. Gulung kue dengan hati-hati dengan bantuan plastic wrap sebagai alasnya.
  8. Simpan roulade di dalam kulkas sekitar 1 jam agar padat dan gulungan tidak rusak nantinya.
  9. Roulade yang telah dikeluarkan dari kulkas kemudian diolesi dengan whipped cream di bagian luarnya, diikuti dengan beberapa coretan coklat di atasnya. Jangan lupa tambahakan raspberry sebagai tambahan dekoriasi.
  10. Sajikan berry roulade yang lembut segera.

Tips membuat berry roulade

  1. Resep di atas menggunakan berry jenis raspberry, akan tetapi kamu juga bisa menggunakan jenis berry lainnya seperti stroberi, blueberry  atau campuran beberapa berry.
  2. Agar lebih praktis kamu bisa menggunakan instant custard cream dibanding membuat krim sendiri.
  3. Untuk coklat sebagai dekorasi kamu juga bisa menggunakan saus coklat, susu kental manis coklat atau bahkan irisan coklat susu padat.

Berry roulade tentu menyajikan tekstur yang lembut, tak kalah dari roulade pada umumnya, deh. Penggunaan raspberry pun menambah kesegaran roulade satu ini. Jadi, nggak monoton dengan rasa manis saja. Beberapa bahan dan langkah di atas bisa kamu sesuaikan untuk menciptakan berry roulade milikmu. Ayo, buat kresinya segera!

Artikel manarik lainnya

5 comments for "Resep Lady Finger Berry Roulade Tanpa Oven, Lembut dan Gampang Buatnya!"

Comment Author Avatar
Untuk membuat sesuatu secantik lady finger berry roulade ini memang butuh ketelitian dan kesabaran, ya? Kalau sudah lihat hasilnya seperti lupa kerumitan pembuatannya.
Comment Author Avatar
Wah, kayaknya mudah karena tanpa oven dan looks yummy, ya. Makasih resepnya Mbak. Otewe dicoba bikin, deh.
Comment Author Avatar
Gak nyangka kalau roulade ini gak perlu di oven, ya? Sekilas hampir sama dengan Swiss Roll atau cake guiung yang adonannya harus masuk oven. Bisa habis sekejap ini kalau ada di depan saya. *eehhh qiqiqiii
Comment Author Avatar
Waw cuman dimasukin kulkas ya, Jadi gak perlu oven untuk proses terakhirnya, bisa dicoba nih
Comment Author Avatar
Duh dessert Lady Finger Berry Roulade ini bikin ngiler euy jadi tertarik mau cobain resepnya karena kelihatannya praktis ya. Gak ribet gitu karena gak perlu pake oven cukup dimasukkan di kulkas saja dan udah bisa langsung dinikmati