7 Metode Simpan Singkong Segar Agar Tahan Lama

Singkong merupakan salah satu alternatif makanan pokok di Indonesia. Tak sama dengan beras dan biji-bijian lainnya, singkong memiliki masa simpan yang terbilang singkat dan terbatas.

Cassava, metode simpan singkong segar awet dan tahan lama
ilustrasi singkong (freepik.com/@freepik)

Kamu mungkin sering bertanya-tanya bagaimana menyimpan singkong yang baik dan benar agar tetap segar. Nah, sekarang kamu bisa mendapatkan jawabannya lewat ulasan metode menyimpan singkong berikut ini, baik secara tradisional maupun modern. Let's check it out!

Baca Juga: Resep Lemon Crepes Isi Krim, Cocok jadi Menu Sarapan Simpel!

1. Simpan pada suhu ruangan

Singkong yang baru dipanen tidak serta merta dapat membusuk begitu saja. Menyimpannya pada kondisi dan suhu ruangan pun singkong yang belum dikupas dapat bertahan sekitar 3 hari atau seminggu. 

Namun, penyimanan jenis ini tak cocok jika kamu terlanjur mengupas singkong atau membelinya dalam keadaan beku. Tapi tenang, kamu bisa memilih jenis penyimpanan singkong lainnya seusai  kondisimu yang ada pada poin - poin selanjutnya.

2. Kubur dalam tanah

Proses ini terbilang cara tradisional menyimpan singkong di mana kamu menimbun kembali singkong yang telah dipanen dengan tanah dan beberapa tumbuhan kemudian menyiraminya setiap hari agar kelembabannya tejaga. Pastikan untuk tidak melukai atau merusak kulit singkong sebelum menggunakan cara ini. Hal ini dapat memperpanjang umur singkong hingga beberapa hari.

3. Simpan dalam silo atau peti kayu

Jika tak memiliki lahan untuk mengubur singkong, kamu pun dapat menyimpannya dalam silo atau pun peti kayu. Hal ini hampir sama dengan metode penyimpanan kentang.

Tak hanya ditaruh begitu saja di dalam wadah tersebut tapi harus dilapisi terlebih dahulu dengan jerami dan tanah jika menggunakan silo dan serbuk gergaji untuk peti kayu. Proses penyimpanan ini bisa bertahan hingga 4 minggu.

Baca Juga: Review Toppokki Mamasuka, Makan Tteokbokki jadi Lebih Mudah

4. Rendam dalam air

Nah, jika kamu kamu memiliki singkong yang terlanjur dikupas bisa mencoba metode satu ini. Dalam suhu ruangan, singkong yang telah dikupas dapat bertahan hingga 24 jam tapi jika di simpan dalam kulkas bisa bertahan hingga 2-3 minggu.

Pastikan untuk mengganti air rendaman setiap 2-3 har sekali untuk menghilangkan lendir pada singkong selama proses penyimpanan. Di sisi lain, metode ini dapat mendetoksifikasi kandungan sianida dalam singkong.

5. Simpan dalam plastik kedap udara

Singkong yang disimpan dalam kantong plastik dapat menghindarkan singkong kehilangan kelembabannya dan mengurangi kontaminasi dengan oksigen sehingga terjadi pengawetan.

Selain itu, penyimpanan dalam plastik biasanya diberikan fungisida terlebih dahulu sebelum memasukkan singkong ke dalamnya agar jamur ada dapat mati dan mengurangi kemungkinan pembusukan. Penyimpanan ini bisa bertahan hingga 14 hari.

6. Beri lapisan lilin atau tanah liat

Melapisi singkong dengan lilin atau tanah liat juga dirasa ampuh untuk menyimpan singkong segar. Secara tradisional kamu bisa menggunakan tanah liat, hal ini terbilang murah tapi penyimpanannya hanya bisa berlangsung beberapa hari saja.

Berbeda dengan lapisan lilin, singkong dapat bertahan hingga 10 hari. Akan tetapi, lilin jenis parafin dapat memperpanjang umur singkong hingga 2-3 bulan. Ada dua kemungkinan penyebab lilin dapat meningkatkan masa simpan singkong yakni kandungan fungisida dalam lilin dan atau kemampuan lilin untuk merespirasi oksigen.

7. Membekukan singkong

Membekukan singkong termasuk cara yang bisa digunakan baik dalam skala komersil atau rumahan. Proses pembekuan singkong ini pun termasuk yang paling sering ditemukan di era modern, terutama di toko atau swalayan.

Singkong yang telah dikupas dapat dimasukkan ke dalam plastik kemudian di simpan pada suhu 3°C. Penurunan suhu inilah dapat memberlambat proses pembusukan singkong. Akan tetapi, singkong yang telah dicairkan dapat bertahan hingga 4 hari saja.

Kamu bisa menikmati singkong segar dengan beberapa metode di atas. Kamu bisa memillih cara yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, ada yang disimpan secara tradisional maupun modern. Ayo, simpan singkongmu dengan baik dan kreasikan sesuai selera.

Sumber: Faonzdl.org 

Artikel Menarik Lainnya


13 comments for "7 Metode Simpan Singkong Segar Agar Tahan Lama"

Comment Author Avatar
Lohhh singkong ada kandungan sianida nya tho ternyataaa

baru tahu euyyyy
baiklah, aku akan terapkan tips ini kala mau simpan singkong
Comment Author Avatar
Wah singkong mah makanan kesukaan saya nih. Apalagi dibikin singkong goreng mentega, atau combro bisa2 nggak bisa berhenti ngemil terus. Ternyata banyak cara yaa dalam mengawtkan singkong. Nanti dicoba nih aebentar lagi panen singkong soalnya. Tfs
Comment Author Avatar
Hm, kalau simpannya dikubur di tanah plus disiram, agak malah nggak bakal jadi tumbuh nanti, ya, Kak? :p
Comment Author Avatar
Batu tahu banget ilmu ini..pingin coba praktekkan ah dirumah... Secara paling suka olahan singkong
Comment Author Avatar
Mau coba praktekkan ah..paling suka dengan semua olahan singkong soalnya
Comment Author Avatar
baru tahu singkong disimpan di dalam tanah. eh kalau di frozen sekarang juga ada singkong goreng ffrozen, jadi praktis tinggal goreng aja.
Comment Author Avatar
aku pernah simpan singkong yang sudah dikupas dan direndam pakai air, besoknya sdh menghitam wkwkwk... kebetulan waktu itu blm punya kulkas
Comment Author Avatar
Dulu pernah ada kebun singkong di belakang rumah. Saat tiba waktu matang singkong yang digali bersama. Baru tahu ada kandungan sianida ya ternyata
Comment Author Avatar
aku baru tahu lho cara memperpanjangan singkong melalui artikel ini, selama ini ya membiarkan pada suhu ruang saja sehingga kadang tidak tahan lama
Comment Author Avatar
Kalau mertuaku pakai metode dirensam ini kalau terlanuur dikupas. Kalau saya pilih saya freezer
Comment Author Avatar
kalau aku biasanya disimpan dalam suhu ruangan aja di wadah kardus gitu, baru tau kalau sudah dikupas ternyata masih bisa awet disimpan dikulkas dengan direndam air, jadi kayak tahu ya...
Comment Author Avatar
emang suka bingung urusan persingkongan ini haha..kadang kalo beli dan sudah agak lama diluar maka solusinya adalah simpan dalam kulkas...kudu dicatat ini biar singkong gak terbuang lagi kalo beli banyak
Comment Author Avatar
wah paling mudah kayake dibiarkan di suhu ruang itu ya. soale ortuu sering melakukan itu hehee tapi aku tim beli versi bekunya huhuhu.. kayake gak bakat nyimpen bahan2 mentah sering lupa