Resep Lemon Crepes Isi Krim, Cocok jadi Menu Sarapan Simpel!

Dengan isian lemon curd dan whipped cream yang lembut serta segar menjadikan lemon crepes terasa nendang banget di lidah.

Resep dan tips buat lemon crepes dengan isian krim keju
Ilustrasi lemon crepes (youtube/Tatyana's Everyday Food)

Crepes ialah pancake populer asala Prancis, akan tetapi crepes berbeda dengan pancake ala Amerika. Crepes tampil dengan bentuk yang sangat tipis dibading pancake pad umumnya. Bahkan, crepes memiliki varian dengan tekstur krispi nan kriuk saat digigit.

Saat ini ada banyak sekali kreasi crepes kekinian yang bisa kamu coba, jadi nggak hanya berpatokan pada crepes tradisional Prancis. Lemon crepes dengan isian whipped cream dan lemon curd bisa jadi pilihan tepat untuk menikmati dessert yang simpel tapi bercita rasa mewah.

Resep lengkap lemon crepes pancake bisa dilihat di bawah ini, pastikan dengan tips dan trik yang memudahkanmu dalam proses pembuatannya!

Bahan lemon crepes:

Bahan adonan:
  • 3 sdm perasan lemon
  • 1 sdm parutan kulit lemon
  • 4 butir telur
  • 90 gr terigu
  • 480 ml susu
  • 3 sdm mentega cair
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt perisa vanila
  • 1/2 sdt garam
Bahan isian:
  • Whipped cream secukupnya
  • Lemon curd secukupnya

Cara membuat lemon crepes:

  1. Campur semua bahan adonan dalam satu wadah, kocok menggunakan mixer atau blender sampai lembut. Simpan adonan dalam kulkas sekitar 30 menit atau semalaman.
  2. Gunakan pan stainless steel atau anti lengket lalu tuang adonan sekitar satu sendok besar atau sekitar 50 ml, putar pan agar semua adonan memenuhi dasar pan.
  3. Panggang sekitar 1 menit setiap sisinya agar matang merata di atas api kecil sampai sedang.
  4. Lakukan proses pemanggangan di atas hingga sampai beberapa lapis crepes.
  5. Olesi whipped cream dan lemon curd di di permukaan crepes lalu gulung,atau cukup salah satunya saja. lakukan hal tersebut pada setiap lapis crepes hingga habis.
  6. Lemon crepes siap disajikan.

Tips membuat lemon crepes:

  1. Adonan crepes yang tersisa bisa kamu simpan dalam kulkas paling lama sehari atau dua hari untuk kamu gunakan lagi saat ingin membuat crepes.
  2. Jangan lewatkan langkah mendinginkan karena proses tersebut membuat adonan crepes lebih beraroma, serta memberi waktu tepung untuk menyerap kelembapan dari susu sehingga crepes tidak bertekstur tidak kering nantinya.
  3. Pastikan untuk memanaskan pan yang digunakan terlebih dahulu agar adonan tidak lengket, terutama jika kamu menggunakan stainless steel.
  4. Gunakan api kecil saat memanggang crepse karena crepes bisa dengan mudah gosong, jangan lupa tutup pan agar panasnya merata.
  5. Memasukkan terlalu banyak adonan ke dalam pan atau adonan bisa saja tidak matang di tengahnya.
  6. Gulung atau lipat kue saat masih panas hangat agar crepe lebih mudah dibentuk dan lengket satu sama lain.

Resep dan tips membuat lemon crepe dengan isian buah dan krim
Ilustrasi lemon crepes (youtube/In The Kitchen with Matt)
Editor's Pick:
Lemon crepes bisa kamu nikmati dengan taburan bubuk gula atau tambahan buah segar seperti berry dan pisang. Sangat cocok dinikmati sebagai sarapan, penunda lapar di siang hari atau pun sebagai dessert kapan pun kamu mau. 

Pastikan kamu menikmati lemon crepes sesegera mungkin, ya, agar kamu bisa mencicipi kelezatan crepes yang terasa lembut dan dinikmat di lidah. Yuk, kreasikan lemon crepes di atas!

1 comment for "Resep Lemon Crepes Isi Krim, Cocok jadi Menu Sarapan Simpel!"