5 Titik Kritis Halal Kopi, Trend Minuman Kekinian

Siapa nih yang suka banget nongkrong sambil minum kopi? Tahu nggak sih kalau kopi kekinian ini punya beberapa bahan yang wajib diwaspadai titik kritis kehalalannya? 

Titik kritis halal minuman kopi kekinian
Ilustrasi kopi (freepik/rawpixel.com)

Minuman kopi saat ini sudah menjadi trend yang banyak dinikmati, cafe dengan nuansa unik pun semakin bertebaran. Biasa dijadikan tempat ngumpul, kerja atau sekedar healing sendirian, cafe tentu menjadikan kopi sebagai sajian utamanya.

Ada banyak jenis minuman kopi kekinian dengan berbagai tambahan yang mampu menggoda panca indra, baik dari segi rasa maupun tampilan yang menarik. 

Menilik lebih lanjut, ada beberapa titik kritis halal minuman kopi yang dirangkun di bawah ini, patut untuk kamu ketahui dan waspadai, jadi nggak cuma mengikuti trend belaka, ya!

Baca Juga: Fermentasi Laktat: Sejarah, Proses, Produk dan Manfaat Kesehatan

1. Kopi

Yap, siapa bilang kopi ini bisa lolos uji kehalalan begitu saja. Biji kopi yang biasa dijual telah melewati proses pengolahan termasuk penyangraian. Nah, pada proses ini kopi bisa saja ditambahan dengan lemak mentega. 

Kamu mungkin sudah tahu bahwa mentega dibuat dari lemak susu yang mana harus diketahui kehalalan hewan yang digunakan. Serta, mentega pun biasanya telah ditambahkan bahan lainnya seperti pengemulsi, pewarna atau pun pengawet.

2. Pemanis (Gula, Sirup, dll)

Kopi kekinian sekarang ini tak hanya mengnandalkan seduhan kopi saja seperti espresso. Rasanya, tak akan lengkap jika tak ditambahakan pemanis baik pemanis alami maupun buatan.

Umumnya, pemanis yang digunakan yaitu gula pasir, gula aren atau pun corn syrup. Pada proses pembuatan gula pasir sendiri melewati banyak proses mulai dari ekstraksi, evaporasi, kristalisasi, hingga pengeringan. 

Di antara proses tersebut, dikenal pula proses rafinasi dengan menggunakan metode penukar ion di mana resin yang digunakan biasanya mengandung karbon aktif yang bisa saja berasal dari batu bara, tempurung kelapa, atau pun hewan non halal.

Untuk sirup sendiri jangan ditanya lagi karena biasanya sirup mengandung gula dan perisa lainnya.

3. Susu

Susu sapi murni termasuk bahan yang halal, tapi saat ini banyak sekali susu olahan yang beredar di pasaran. Bahkan biasanya ada juga lho kopi yang ditambahkan dengan susu nabati atau susu berperisa seperti susu kedelai, susu almond, susu pisang, strawberry dan lainnya. Jadi mesti hata-hati, ya. 

Baca Juga: Resep Qishr, Teh Kulit Kopi dan Jahe Khas Yaman

4. Krimer

Krimer pada kopi ditambahkan untuk menambah rasa kopi agar lebih nikmat. Tak hanya minuman kopi siap sedia ala cafe tapi krimer juga banyak ditambahkan pada produk kopi bubuk.

Ada dua jenis krimer yakni diary dan non-diary. Diary berari mengandung susu sedangan non diary berasal dari minyak jangung, minyak kelapa serta turunannya masing-masing. Meski non diary terbuat dari bahan nabati, akan tetapi produk krimer harus melalu pengolahan yang tak sedikit sehingga memungkin adanya tambahan zat aditif yang belum tentu halal atau tidak.

5. Perisa

Tren minuman kekinian yang banyak sekali variannya, tentu tak lepas dari perisa ini, baik alami maupun sintetis. Ada yang mungkin menambahkan perisa vanila, perisa hazelnut atau kacang-kacangan lainnya, pumpkin serta masih banyak lagi.

Perisa sintetis bisa dibuat dari ekstrak nabati dan hewani. Untuk perisa hewani inilah yang membutuhkan lebih banyak perhatian dari segi kehalalannya.

Satu lagi, pastikan kamu menghindari perisa yang menyerupai bahan-bahan haram seperti wine, soju, babi dan lainnya meskipun bahan yang digunakan perisa tersebut halal karena hal ini jelas sekali keharamannya. 

Kamu yang menyukai produk kopi diharapkan untuk lebih jeli lagi dalam memilih kopi untuk kamu minum sehari-hari. Secangkir kopi bisa saja membawamu ke arah yang dimurkai Allah, untuk itu selalu waspada dan tidak sekedar mengikuti trend saja.

Sumber: halalmui & halalsumut

Baca Juga: 10 Resep Minuman ala Cafe dari Teh Rosella, Simpel dan Estetik

20 comments for "5 Titik Kritis Halal Kopi, Trend Minuman Kekinian"

Comment Author Avatar
Benar banget kak, pecinta kopi kekinian harus lebih hati-hati dalam memilih minuman kopi. Seperti yang dijelaskan semuanya. Kita tidak pernah tahu bahannya itu halal apa tidak.
Comment Author Avatar
Terima kasih informasinya tentang kopi. Sungguh menyadarkan saya, selama ini gak pernah mikir kalau ada pula potensi haram dari secangkir kopi.
Comment Author Avatar
Nah benar kehalalan, sering kali diabaikan. Bahkan oleh muslim sendiri. Jadi tidak heram kalau para produsen makanan dan minuman masih banyak yang enggan mengurus sertifikasi halal. Jadi lebih baik pilih minuman kopi dan yang sedang kekinian yang sudah memiliki sertifikat halal MUI.
Comment Author Avatar
Wah kalau dirunut sampai ke bahan baku ternyata ada potensi ketidakhalalannya ya. Apapun itu produk kekinian atau macam-macam kopi alangkah lebih baiknya jika kita memastikan bahwa produk telah tersertifikasi halal oleh pihak/lembaga terkait dan bertanggung jawab.
Comment Author Avatar
saya bukan pecinta kopi sehingga tidak pernah merasakan nikmatnya kopi, tapi entah kenapa saya suka sekali menghirup wangi kopi baik itu yang murni atau sudah dicampur dengan krimer, susu, atau lainnya, aromanya menggugah sekali
Comment Author Avatar
Kirain kopi yg bahaya itu yg ada campuran rum atau bahan2 lain yg ada alkoholnya. Ternyata ada banyak juga ya titik kritis halal kopi. Kalau kopi kemasan sih udah pasti pilih yg ada label halal MUI. Tapi kalau kopi di coffee shop juga wajib pilih2 ya, milih yg tempatnya juga punya status halal jadi amann.
Comment Author Avatar
Ya, memang penting banget untuk kritis tentang halal dan haram. Pastinya banyak yang gak menyangka dengan minuman kopi. Karena dari proses menyangrainya pun ada titik kritisnya. Mending cari yang statusnya halal aja, deh
Comment Author Avatar
Banyak banget jenis kopi kekinian yang belakangan hadir dan sering jadi pilihan buat pelengkap saat nongkrong, kerja atau dalam perjalanan. Memang harus hati-hati memilihnya agar tak sampai melanggar aturan agama ya
Comment Author Avatar
Sebagai penyuka kopi garis keras, memang aku skrg udh mulai ninggalin perisa,pemanis dll. Kopi murni aja dah yg paling bener deh.
Comment Author Avatar
Aku termasuk orang yang suka minum kopi di kopisyop. Kalau tempatnya baru pertama kali kukunjungi biasanya aku nanya dulu menu yang ini ada apa aja di dalamnya. Kadang kan ada menu2 yang macem2 namanya. Kalo sudah sesuai baru deh tak pesan. Thank you kak informasinya. Jadi lebih aware sama bahan2 perkopian. Haha.
Comment Author Avatar
Kalau saya jujur paling suka sama kopi hitam. Apabila kopinya bener-benar asli manen di kebun kopi tanpa ada bahan tambahan apapun. Rasanya nikmat sekali
Comment Author Avatar
Wah, rupanya kita memang harus jeli ya soal kadar dan bahan apa saja yang menghiasi kopi hari ini.

Memang sih trend ngopi sekarang semakin merebak di kalangan anak muda, terlebih lagi hal ini difasilitasi oleh banyaknya caffe yang buka di berbagai sudut kota. Semoga kita bisa selamat dari berbagai unsur haram makanan & minuman.

Terima Kasih Ya Kak.
Comment Author Avatar
Waduh.. jadi selama ini saya minum kopi tanpa tau ada kemungkinan seperti ini 🤦🏻‍♀️

Etapi saya minumnya kopi sachet an sih, Dan sudah ada logo halalnya, apa mungkin masih bisa kecolongan ya?

Duh harus cekricek lagi, nih..
Comment Author Avatar
Sebagian org pasti mikirnya kopi tuh pasti halal, padahal prosesnya lumayan panjang untuk bisa jadi kop halal. Jadi, nggak.asal minum atau biar dianggep kekinian, hihi..
Comment Author Avatar
Bener bangeet, harus memperhatikan kehalalan minuman yang kita konsumsi. Apalagi kini ngopi lagi tren di kalangan masyarakat kita ya. Buktinya banyak bermunculan cafe-cafe yang menyediakan berbagai jenis kopi. Harus hati-hati, deh!
Comment Author Avatar
Nggak cuma kopi, sih, semua produk yang kita pakai punya titik kritis kehalalannya.
Kalau untuk kopi, Ustaz Steven (alm) termasuk yang concern dengan kopi halal untuk jaringan kedai kopinya.
Comment Author Avatar
Sebagai muslim memang kita harus ekstra hati-hati ya dalam memilih makanan minuman termasuk kopi. Aku termasuk yang jarang menikmati kopi atau minuman kekinian, sih. Tapi dengan membaca tulisan ini jadi lebih hati-hati kalau mau beli. Amannya ya beli yang ada logo halal MUI-nya, ya.
Comment Author Avatar
Semoga semakin banyak kedai kopi kekinian yang memiliki sertifikasi halal ya. Walaupun sekarang andalan selalu kopi sachet, haha.
Comment Author Avatar
saya sekarang dah nggak bisa minum kopi sachet atau kopi instant gitu. Kalau minum ya justru kopi hitam gitu doang. Malah enak..apalagi dikasih jeruk lemon, jadi enak. Tapi biasanya ya minum gitu aja. Sehari secangkir doang kalaupengin. Kalau nggak pengin ya nggak bikin.
Comment Author Avatar
Wahhh ternyata begitu yaa, kalau diriku jarang banget mempertanyakan apa yang dicampurkan didalam kopi yang disajikan. Kalau rasanya cocok dan enak itu yang bakal aku pesen terus.