Resep Apfelradln, Donut Apel Goreng ala Austria

 Apfelradln jika dilihat sekilas nampak seperti donut pipih namun siapa sangka bahwa gorengan satu ini terbuat dari irisan apel segar yang kemudian dibaluri dengan adonan cair agar lebih krispi sekaligus lembut bagian dalamnya.

Apfelradln, apple ring fritters, donut apel goreng
ilustras apfelradln (youtube/Aroud the Globe Recipes)

Pembuatan apfelradln ini sangat sederhana sebagaimana gorengan pada umumnya. Akan tetapi, gorengan dari buah apel ini tentu belum familiar di lidah masyarakat indonesia. Untuk itu, kamu patut banget untuk mencoba apfelradln khas Austria. Yuk, cek resep lengkapnya di bawah ini!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, kamu tidak dikenakan biaya apapun jika mengklik dan jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep Domoda, Ayam Kuah Saus Kacang ala Gambia

Bahan-bahan apfelradln

  • 4 buah apel
  • 1 cangkir terigu
  • 200 ml susu
  • 2 butir telur
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • Minyak goreng secukupnya
  • Sejuput garam
  • Topping (1 sdm gula + 1 sdt kayu manis)

Cara membuat apfelradln

  1. Kupas apel lalu iris melingkar sekitar 1-2 cm. Setelah itu, hilangkan bagian tengah yang berisi biji apel hingga irisan apel berbentuk donut atau cincin.
  2. Buatu adonan cair dari telur, terigu, susu, gula dan sejuput garam, aduk rata di dalam mixing bowl stainless Supra.
  3. Celupkan apel ke dalam adonan hingga terlumuri semua.
  4. Panaskan minyak di atas panci deepfryer Supra. Goreng apel di atas minyak panas tersebut dengan metode deep fry. Bolak balik apel hingga permukaanya agak kecoklatan.
  5. Angkat apel, tiriskan lalu beri topping campuran gula dan bubuk kayu manis. Sajikan di atas piring Amberley Coupe Dessert Plate.

Tips membuat apfelradln

  1. Apfelradln biasa juga menggunakan tambahan wine, brandy, beer dan rum baik ditambahkan dalam adonan maupun untuk memarinasi apel sebelum dicelup ke adonan. Tapi bisa kamu skip atau gunakan minuman berkarbonasi.
  2. Untuk rasio gula dan kayu manis bisa menggunakan seperti pada resep atau dengan perbandingan 10:1 di mana rasio gula lebih banyak. Jika tak menyukai aroma kayu manis, kamu bisa menghilangkannya.
  3. Kamu yang sedang diet lemak, bisa membuat apfelradln dengan cara dipanggan dalam oven.

Informasi gizi apfelradln

Dari resep di atas kamu bisa mendapatkan sebanyak 4 hidangan apfelradln di mana setiap hidangan diestimasikan memiliki kandungan gizi sebagaimana tercantum di bawah ini.

  • Kalori 430 kkal
  • Lemak total 17.6g 23%
  • Lemak jenuh 8.1g 40%
  • Kolestrol 86mg 29%
  • Natrium 97mg 4%
  • Karbohidrat total 63.4g 23%
  • Serat pangan 6.2g 22%
  • Gula total 31.8g
  • Protein 8.3g
  • Vitamin D 8mcg 40%
  • Kalsium 79mg 6%
  • Zat besi 3mg 16%
  • Kalium 331mg 7%

Sumber: verywellfit.com

Saran penyajian apfelradln

Apfelradln yang manis, gurih serta lembut bagian dalamnya seringkali disajikan sebagai menu sarapan, snack atau teman minum teh di sore hari. Apfelradln ini sangat di sukai anak-anak austria.

Untuk menggoreng apfelradln biasanya menggunakan minyak goreng tapi juga bisa seringkali menggunakan mentega atau pun margarin. Penggunakan keduanya tentu akan memberikan cita rasa yang cukup berbeda. Di sini, kamu bebas untuk menggunakan jenis lemak apapun untuk menggoreng apfelradln.

Hidangan apfelradln biasa diberi tambahan topping baik berupa gula, bubuk kayu manis, es krim atau saus rasa vanilla. Kamu pun bisa menggunakan beberapa jenis topping sekaligus nih sepertu gula dan kayu manis atau es krim dan kayu manis. Pokoknya, sesuiakan saja apfelradln dengan cita rasa kesukaanmu, enjoy!

Kreasi Buah Lainnya

16 comments for "Resep Apfelradln, Donut Apel Goreng ala Austria"

Comment Author Avatar
Lihatnya saja bikin ngiler pengen makan, pasti enak ini. Resepnya bermanfaat banget ini kak,
Comment Author Avatar
Kelihatan enak dengan aroma kayimanisnya dan manis banget. Itu. Goreng donatnya harus di deep fryer ya?
Comment Author Avatar
jujurly aku baru tahu tentang Apfelradln, Donut Apel Goreng ala Austria ini. kalau dilihat dari bentuk dan bahan bahan pembuatnya, sudah bisa membayangkan rasa dan teksturnya sih. Kalau dinikmati dengan teh hangat pasti sangat nikmat
Comment Author Avatar
Oalah semula kukira apelnya dijadikan topping gitu. Tahunya si apel itulah yang dibentuk jadi donat, yang kemudian digoreng.
Comment Author Avatar
Namanya susyeehh... dibacanya gimana kak? aku pernah nyobain nih donat apel, enak tapi belum pernah coba bikin sih. Boleh nih sekali2 coba bikin. terima kasih resepnya kak...
Comment Author Avatar
baru tau kl apel bisa diolah begini hihi kl pakai minyak goreng, kebayang bakal digorengnya kak. tp kl pakai mentega, berarti semacam dipanggang ya kak? dengan lumuran tepung begitu hasil akhirnya gimana kak?
Comment Author Avatar
Resep Apfelradln, atau donat apel goreng ala Austria, adalah hidangan yang unik dan menarik untuk dicoba. Berbeda dengan donat pada umumnya, Apfelradln terbuat dari irisan apel segar yang dibalut dengan adonan cair dan kemudian digoreng hingga cokelat keemasan. Rasanya manis, gurih, dan memiliki aroma kayu manis yang khas.

Proses pembuatannya relatif sederhana, di mana irisan apel dicelupkan ke dalam adonan cair yang terdiri dari telur, terigu, susu, gula, dan sedikit garam. Kemudian, apel tersebut digoreng dalam minyak panas hingga matang dan kecokelatan. Setelah itu, Apfelradln dapat ditaburi dengan campuran gula dan bubuk kayu manis sebagai topping.

Hidangan ini cocok disajikan sebagai sarapan, camilan, atau teman minum teh di sore hari. Selain menggunakan minyak goreng, Anda juga dapat mencoba menggorengnya dengan mentega atau margarin untuk memberikan cita rasa yang berbeda. Jadi, jika Anda mencari hidangan yang unik dan lezat untuk dicoba, Apfelradln bisa menjadi pilihan yang menarik!
Comment Author Avatar
Namanya apfelradin. Pernah lihat penampilan kuenya tapi gak tahu namanya.
Nah sekarang selain namanya, kita bisa membuatnya sendiri di rumah yaa!
Comment Author Avatar
namanya susah ya mba. kalau di indo semacam apel goreng hehe
Comment Author Avatar
Nama yang sulit banget untuk dilafalkan ya. Resep yang diberikan sangat lengkap dan sepertinya gak ribet ribet amat untuk cari bahan bahannya.
Comment Author Avatar
Belum pernah coba nih donat apel. Rasanya gimana ya? Jadi pengen cobain duluu
Comment Author Avatar
Aaaa penasaran banget sama rasanya.. apakah bakal ada asem-asem manisnya atau gimana ya, Mbak? Soalnya kan kalau apel biasanya ada rasa asamnya 😅
Comment Author Avatar
Pantesan namanya susah, gak taunya itu makanan swiss ya. Kyknya enak ya apel dijadiin donat. Jadi tertarik utk coba bikin di rumah.
Comment Author Avatar
Bikinnya lumayan mudah ya. Apel apa yang cocok untuk resep ini ya? Kalo digoreng nyerap minyak banget gak ya?
Comment Author Avatar
Wow jadi penasaran mau coba kalau nanti ada apel di rumah. Save bookmark dulu artikelnya
Comment Author Avatar
unik, menarik sih ini, kalau topingnya gula atau es krim pasti jadi makin buat penasaran deh rasanya.
anyway kandungan gizinya sebanyak itu ya, jadi pengen buat deh kapan-kapan :D