Resep Terong Keju Tomat dan Kacang Ungu


Sejatinya ada banyak resep masakan dengan Terong. Buah yang sering dijadikan sayur Lodeh di Indonesia sejatinya berbeda dengan negara lain. Sebut saja ada Mellanzane alla paramgiana dari Italia, Maghmour dari Lebanon, Nasu Dengaku dari Jepang dan masih banyak lainnya.

Menilik dari berbagai resep di belahan dunia, kali ini akan disajikan resep membuat Terong Keju dengan campuran tomat dan kacang ungu. Berikut resep lengkapnya, let's check it out!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Bahan-bahan:

  • 1 buah terong sedang
  • 3 buah tomat
  • Segenggam kacang ungu 
  • 3 tangkai kemangi
  • 40 gram keju cheddar (bisa mozarella atau parmesan)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang bawang merah
  • 3 cm jahe
  • 4 sdm air (tergantung kekentalan yang diinginkan
  • Garam, gula dan lada seikhlasnya

Cara Memasak:

  1. Masak kacang ungu sampe lembut sekitar 10-15 menit menggunakan panci Zebra Sauce Pot.
  2. Panggang terong di atas Sumuzu grill pan cast iron hingga berwarna kecoklatan.
  3. Cincang bawang merah, bawang putih beserta jahe (jahenya bisa diparut).
  4. Tumis rempah di atas frying pan Mutu FYP-280 lalu masukkan tomat, masak sampe tomat agak lembek, tambahkan sedikit air untuk mengatur kekentalan yang diinginkan.
  5. Tambahkan kacang ungu dan terong. Beri garam, gula dan lada, aduk rata lalu koreksi rasa.
  6. Taburi keju, setelah agak meleleh tambahkan daun kemangi. Masak sekitar 5-8 menit. Jangan lupa tutup wajannya ya!
  7. Angkat lalu sajikan, kamu bisa tambahkan keju parut lagi di atasnya jika ingin.

Terong keju tomat dan kacang ungu
Terong keju tomat dan kacang ungu/ig wfamily_food

Nah, itulah resep Terong Keju Tomat dan Kacang Ungu. Ketika membuatnya kamu mungkin akan mendapatkan aroma pizza. Cita rasa keju juga sangat kental tergantung seberaba banyak yang kamu taburkan. 

Jika kamu penyuka keju bisa deh ditambah banyak keju, begitupun sebaliknya. Resep ini bisa kamu buat menggunakan oven alih-alih memakai wajan. Dengan oven kamu mungkin bisa mendapatkan tektur masakan yang lebih padat. So, kreasikan resepnya sesuka hati. Tapi, pastikan kamu mencobanya, ya!

Temukan resep berbahasa inggris di situs ini pada menu 'English Blog'

6 comments for "Resep Terong Keju Tomat dan Kacang Ungu"

Comment Author Avatar
Terong, untukku yang masak bisanya itu-itu saja, terong biasanya kubikin sayur lodeh, sambal, atau oseng. Baru tahu ini terong ditemenin sama keju, Mbak.
Comment Author Avatar
Wah, jadi makanan yang beda ya di sini olahan terongnya. Biasanya saya olah jadi terong balado atau terong Krispy. Trims resepnya Mba, save ah resepnya jadi kalau saya nanti mau bikin tinggal eksekusi
Comment Author Avatar
terong bisa diolah jadi sekeren ini ya, biasanya cecabean aja yang menghiasi tapi ini inovasi baru pakai keju, unik, kreatif Kak :)
Comment Author Avatar
Kacang ungu ini sama dengan kacang merah ya Kak? Hemm, terong itu enaknya dibikin beginian biar nggak dikuah terus, jadinya terong 'naik kelas' nih kalau dimasak beginian dan bakalan mahal harganya kalau masuk restoran.
Comment Author Avatar
Menu baru ini, keren, sih. masak terong jadi nggak itu-itu aja, ya, Mbak. Sepertinya lezat apalagi ditambah keju. Gimana ya rasanya? Penasaran dengan perpaduan bahan-bahannya yang nggak biasa...
Comment Author Avatar
Resep unik nih. Kacang ungu saya juga baru tau huhu