Resep Menma Rebung, Topping Ramen Populer Jepang

Bertekstur kenyal sekaligus crunchy, gurih, dan juga manis, menma yang populer sebagai topping ramen ini terbuat dari rebung, lho.

Resep menma, rebung untuk topping ramen yang populer
Menma (youtube/@hakuraidou)

Menma merupakan olahan rebung yang juga biasa disebut "Shinachiku"  (支那竹 /Bambu Shina). “Shina” adalah nama kuno Tiongkok dalam bahasa Jepang. Pada dasarnya, pembuatan menma memerlukan effort dan waktu yang cukup lama.

Secara tradisional menma biasanya di kukus atau dimasak terlebih dahulu kemudian difermentasi menggunakan asam laktat (lacto-fermented) atau direndam dengan mirin atau air selama beberapa bulan.

Proses pengeringan menma dilakukan sekitar 3-4 hari, kemudian direhidrasi dalam air, direbus bersama bumbu khas jepang yang dikenal tare atau saus chasu sebelum disajikan. Terakhir diamkan menma sampai mencapai temperatur ruangan untuk kemudian siap disajikan.

Sekarang ini, banyak sekali kreasi menma (メンマ, 麺麻) yang lebih simpel tapi nggak kalah enak, prosesnya pun cukup singkat jadi bisa langsung dinikmati sebagaimana resep di bawah ini, mudah kok, cobain deh!  

Bahan-bahan menma

  • 2 buah rebung
  • 1/2 sdm minyak wijen
  • 1 sdm gula
  • 1 cup air
  • 1 siung bawang putih
  • 3 sdm kecap atau teriyaki
  • 1 sdm perasan lemon
  • 1 cup bonito
  • 1/4 sdt bubuk kaldu ayam
  • 1 sdt garam (untuk rendaman)

Cara membuat menma

  1. Kupas rebung lalu iris tipis dengan bentuk persegi panjang atau bentuk lainnya
  2. Rendam rebung dengan air garam sekitar 10 menit agar rasa pahitnya dapat hilang. Setelah itu tiriskan.
  3. Tumis bawang putih cincang dengan minyak wijen hingga layu dan harum. Masukkan rebung lalu tumis beberapa saat.
  4. Tuang air ke dalam rebung, tambahkan bumbu seperti perasan lemon, kaldu bubuk, gula, kecap, bonito dan air. Masak semua bahan tersebut hingga bumbu meresep ke dalam rebung. Angkat rebung setelah air terevaporasi dan hanya menyisakan sedikit saja.
  5. Sajikan menma sebagai topping ramen.

Notes: Menma yang telah dimasak bisa langsung kamu nikmati atau disimpan di dalam kulkas dengan wadah tertutup terlebih dahulu untuk kemudian dinikmati saat diinginkan.

Resep menma, rebung untuk topping ramen yang populer
Menma Ramen (youtube/@Makanai)
Editor's Pick:
Menma sering disajikan sebagai topping ramen yang populer. Tapi nggak sekedar ramen saja, menma juga coock dijadikan laik nasi, tambahan untuk olahan tumis bahkan dijadikan snack pun bisa kok. Kamu yang ingin menikmati menma lebih praktis lagi, bisa membelinya di Marketplace atau swalayan. 

Kalau dipikir-pikir menma sepertinya mantep juga nih jika disandingkan bareng indomie yang super lezat, kalau menurutmu gimana? Ayo, buat menma di rumahmu dan nikmati kelezatannya segera!

Post a Comment for "Resep Menma Rebung, Topping Ramen Populer Jepang"