Resep Homemade Pasta Kacang Merah untuk Berbagai Dessert!

Pasta kacang merah dikenal sebagai salah satu bahan untuk berbagai macam dessert, terutama dessert khas korea, jepang dan china. 

Resep anko pasta kacang merah, cocok untuk berbagai macam isian dessert
Pasta kacang merah (youtube/japanese cooking101)

Pasta kacang merah ini dibuat dari kacang azuki/adzuki. Di beberapa negara di asia, pasta kacang ini memiliki nama dan serta tekstur yang berbeda pula. Secara umum, di jepang dinamai Anko, akan tetapi yang bertekstur chunky dikhususkan dengan nama Tsubu-an dan yang halus Koshi-an. 

Di korea, pasta kacang merah disebut Dan Pat dan di china dikenal sebagai Hong Dou Sha. Pasta kacang merah bisa kamu temukan di swalayan yang menjual produk-produk asia, akan tetapi lebih sehat jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Nah, resep lengkap pasta kacang merah ini bisa kamu cek di bawah ini, ya, gampang kok!

Bahan-bahan:

  • 250 gram kacang merah fresh atau kering
  • 200 gram gula
  • 1 liter air
  • Sejumput garam
Editor's Pick:

Cara membuat:

  1. Jika menggunakan kacang merah kering maka rendam terlebih dahulu sekitar 1 jam, jika tidak bisa langsung dimasak
  2. Masak kacang merah dengan 1 liter air hingga soft sekitar 30-50 menit
  3. Hilangkan kulit kacang merah lalu pencet dengan jari atau haluskan dengan garpu, saringan stainless atau blender.
  4. Dalam wajan campur kacang merah halus dengan gula, aduk hingga gula meleh. Tambah sedikit air jika menginginkan konsistensi pasta kacang yang lebih encer.
  5. Sajikan pasta kacang segera atau simpan  dalam kulkas untuk dinikmati kemudian hari.
Resep anko pasta kacang merah, cocok untuk berbagai macam isian dessert
Dorayaki kacang merah (youtub/Nino's Home)

Kamu bisa menjadikan pasta kacang di atas sebagai isian berbagai macam dessert seperti mooncakes, mochi, tang yuan (rice balls), bakpao, roti, daifuku, manju, taiyaki, dorayaki dan masih banyak lainnya.

Selain dessert tradisional di atas, kamu juga bisa menyajikan pasta kacang merah sebagai olesan roti tawar untuk sarapan di pagi hari, atau dijadikan topping es serut yang nikmat. Sangat serbaguna, bukan? 

Pasta kacang merah ini bisa bertahan lama sekitar 2 bulan di dalam freezer. Jadi, nggak perlu repot-repot untuk membuatnya setiap saat. Untuk itu, jangan lewatkan resep pasta kacang merah satu ini.

Post a Comment for "Resep Homemade Pasta Kacang Merah untuk Berbagai Dessert!"