Resep Guacamole Rice, Nasi Alpukat Daun Ketumbar ala Meksiko

Creamy dan fresh-nya guacamole alpukat yang dipadukan dengan nasi hangat membuat olahan nasi satu ini patut buat kamu coba.

Resep guacamole rice, avocado cilantro lime rice, nasi rempah daun ketimbar jeruk alpukat
Ilustrasu guacamole rice (youtube/My Healthy Confessions)

Sebagai masyarakat Indonesia yang telah sejak lama menjadikan nasi sebagai makanan pokok, patut saja jika terdapat berbagai macam olahan nasi, sebut saja nasi liwet, nasi kuning, nasi goreng, dan masih banyak lainnya. Tapi, pernahkah kamu mencoba guacamole rice atau avocado cilantro lime rice atau nasi rempah dengan daun ketumbar, jeruk nipis dan alpukat?

Biasanya nasi dan alpukat ditemukan menyatu dalam olahan jepang seperti sushi, tapi ternyata bisa juga lho dibuat menjadi lebih kaya rasa dan aroma dengan campuran beberapa rempah dan herbal seperti ketumbar.  Kamu yang penasaran dengan cita rasa guacamole rice, nasi rempah ketumbar dan buah alpukat tersebut, bisa cek resep lengkapanya di bawah ini!

Bahan-bahan:

Bahan utama:
  • 2 cup nasi hangat
  • 15 tangkai daun ketumbar
Guacamole alpukat dressing:
  • 1 buah alpukat
  • 1/3 cup perasan lemon atau sekitar 80 ml
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt jintan bubuk
  • 1/4 sdt cabai bubuk

Cara membuat:

  1. Buat guacamole dengan membelah alpukat, pisahkan dari kulit dan bijinya lalu campur dengan jintan perasan jeruk, bawang putih, cabe bubuk dan sisa garam, ketumbar beserta lada bubuk. Aduk hingga rata dan halus.
  2. Tambahkan nasi ke dalam guacamole alpukat yang telah dihaluskan tadi lalu tambahkan dengan daun ketumbar yang telah dihaluskan atau diiris tipis saja. Aduk rata hingga nasi berwarna hijau.
  3. Sajikan guacamole rice segera.
Notes:
Kamu bisa menikmati guacamole rice dengan acar bawang bombay, burrito atau hal-hal yang kamu sukai lainnya.

Resep guacamole rice, avocado cilantro lime rice, nasi rempah daun ketimbar jeruk alpukat
Ilustrasi guacamole rice (youtube/Inspired Taste)
Editor's Pick:
Kandungan rempah yang ada dalam nasi membuat aromanya memanjakan panca indra, apalagi jika ditambahkan di atasnya acar bawang yang asam dan sedikit pedas, seger deh jadinya.

Bisa dijadikan menu selingan keluarga, guacamole rice a.k.a nasi rempah daun ketumbar dan buah alpukat akan memberikan pengalaman kuliner yang baru. Jangan lupakan buah alpukat yang creamy dan lembut, bikin nasi rempah jadi makin gurih, nih!

Post a Comment for "Resep Guacamole Rice, Nasi Alpukat Daun Ketumbar ala Meksiko"