Resep Tapenade, Saus Olesan Prancis dari Buah Zaitun!

Hanya terdiri dari empat bahan yakni zaitun, teri, kaper dan minyak zaitun, ternyata mampu menjadikan Tapenade sebagai salah satu saus Prancis yang nikmat dan populer.

Resep olive tapenade, saus oles cocol perancis dari buah zaitun
Olive tapenade (youtube/Chef Ani)

Berbicara mengenai masakan Prancis sepertinya nggak akan ada habisnya, ya? Nggak hanya terkenal dengan destinasi wisata super indah dan romatisya, Prancis memiliki kuliner yang mouth wathering banget.

Masakan Prancis seringnya memiliki kesan mewah, baik dari segi tampilan maupun cita rasa. Dari banyaknya olahan Prancis yang kekinian, terselip satu masakan yang nggak kalah populer dibanding lainnya, tetapi olahan ini mungkin tak cukup familiar di Indonesia. Ya, ada Olive Tapenade.

Sejarah Tapenade

Tapenade atau olive tapenade yang merupakan saus atau pasta yang cukup sering disandingkan dengan bagutte. Originalnya, tapenade dibuat hanya dari empat bahan khas mediterania yakni buah zaitun, minyak zaitun, teri dan kaper.

Dilansir dari tasteatlas.com, tapenade ditemukan pada tahun 1880 oleh koki Meynier di sebuah restoran Marseilles bernama La Maison Dorée, sedangkan resep tapenade pertama kali ada pada tahun 1897, ketika diterbitkan dalam La Cuisinière karya Jean-Baptiste Reboul.

Hidangan yang cukup menarik jika ditilik lebih lanjut, akan tetapi, lebih baik lagi jika kamu mencicipinya secara langsung dengan membuatnya di rumah. Selengkapnya bisa kamu lihat resep tapenade yang gampang dibuat, check it out!

Bahan-bahan tapenade

  • 200 gram zaitun kalamata, hilangkan biji
  • 3 sdm kaper
  • 2 ekor teri fillet dalam minyak (instan)
  • 3 siung bawang putih (opsional)
  • 54 gram minyak zaitun atau sekitar 4-5 sdm

Cara membuat tapenade

  1. Sangrai bawang putih utuh yang telah dipisahkan dari kulitnya hingga agak keemasan sekitar 2-3 menit
  2. Masukkan zaitun dan semua bahan ke dalam food processor, blender atau ulekan, haluskan hingga membetuk pure atau pasta.
  3. Sajikan olive tapenade sebagai olesan atau sambal cocol.

Tips membuat tapenade

  1. Kamu bisa menambahkan perasan lemon, rempah, atau herbal pada saus tapenade  untuk menciptakan rasa yang lebih kaya dan segar.
  2. Penggunaan zaitun sendiri bisa menggunakan zaitun berwarna hijau atau hitam. Akan tetapi zaitun hitam lebih medekati resep aslinya, seperti jenis kalamata atau nicoise.
  3. Untuk tekstur tapenade bisa kamu buat secara kasar agar lebih crunchy dan berasa di mulut.
  4. Jika kamu mempuyai cukup waktu, haliskan olive tapenade menggunakan ulekan agar tercipta tekstur dan rasa yang lebih unggul.

Resep olive tapenade, saus oles cocol perancis dari buah zaitun
Olive tapenade (youtube/French Cooking Academy)

Editor's Pick:
Olive tapenade bisa disajikan sebagai dioleskan ke atas roti atau sambal cocol buat kreker, berbagai jenis sayur atau breadsticks. Akan tetapi, tapenade sering dijadikan menu appetizer yang dinikmati bersama bagutte.

Agar lebih melokal kamu bisa nih menikmati olive tapenade bersama gorengan atau olahan lainnya yang kamu sukai. Cukup mix and match saja sesuai selera. Enjoy!

Post a Comment for "Resep Tapenade, Saus Olesan Prancis dari Buah Zaitun!"