Resep Gyeran Bap Pollock Roe & Alpukat ala Korea, Komplit!

Gyeran bap jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti nasi telur. Hidangan nasi khas korea ini terbilang simpel dengan cita rasa yang sedikit oily dan gurih pastinya.

Gyeran bap, nasi telur korea dengan pollock roe dan alpukat
gyeran bap pollock roe (youtube/stella's recipe)

Kamu bisa membuat kreasi gyeran bap dengan sangat mudah hanya dari campuran nasi sisa, telur dn sedikit minyak Akan tetapi, jika ingin lebih komplit bisa ditambahkan wijen sangrai, nori kering, telur ikan atau pollock roe, bahkan sayuran seperti alpukat.

Pollock roe menjadi salah satu tambahan unik dalam menyajikan gyeran bap. Pollock roe dalam masakan korea terbilang cukup banyak dikreasikan terutama dalam hidangan Jjigae atau sup pedas korea. Pollock roe ini disebut sebagai myeongran dalam bahasa korea, jika dalam keadaan sudah diasinkan disebut myeonran jeot
Tak hanya di korea, pollock roe juga terkenal di negara tetangganya yakni Jepang. Di Jepang sendiri pollock roe dikenal dengan nama mentaiko. 

Lebih dekat lagi tentang gyeran bab telur ikan pollock roe, kamu bisa langsung merasakan kenikmatannya lewat resep lengkap di bawah ini, cocok banget dijadiin inspirasi sarapan sehat dan mudah buat kamu yang tiap pagi nggak punya banyak waktu dalam menyajikan makanan.

Bahan-bahan:

  • 1 buah telur ikan Pollock
  • 1 cup nasi hangat
  • 1 butir telur
  • 1 buah alpukat
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdt cabe bubuk atau sesuai selera
  • 1 sdt wijen
  • Daun bawang atau sayuran lainnya
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Iris telur Pollock lalu keluarkan isinya, simpan di dalam mangkok.
  2. Telur Pollock kemudian dicampur daun bawang, minyak wijen dan cabe bubuk, aduk merata.
  3. Iris alpukat dengan potongan dadu, beri tambahan perasan jeruk, garam, lada serta daun seledri ataupun daun ketumbar.
  4. Goreng telur hingga setengah matang lalu angkat.
  5. Taruh nasi hangat ke dalam mangkok lalu beri minyak wijen, mentega dan telur mata sapi. Aduk campuran nasi tersebut hingga telur agak hancur dan semua bahan tercampur rata.
  6. Beri topping telur pollock, alpukat beserta telur dan irisan daun bawang.
Gyeran bap, nasi telur korea dengan pollock roe dan avocado
Gyeran bap pollock roe (youtube/SweetHailey)
Editor's Pick:
Cita rasa gyeran bap ini mungkin akan mengingatkanmu dengan nasi goreng telur dengan tektur yang lebih buttery, pastinya juga nggak perlu proses menggoreng nasi jadi lebih simpel.

Kamu yang menggunakan nasi sisa dalam membuat gyeran bap telur ikan bisa memanaskannya telebih dahulu agarentega dan campuran lainnya bisa lebih meresap. Nikmati kelezatan telur ikan pollock dalam semangkuk gyeran bap ala korea.


Post a Comment for "Resep Gyeran Bap Pollock Roe & Alpukat ala Korea, Komplit!"