Resep MPASI: Kacang Arab dan Asparagus (+9 Bulan)

Menu MPASI kacang arab, asparagus dan keju parmesan bisa jadi pilihan bunda buat menuhin gizi si Kecil.

Mpasi aparagus dan kacang arab (resep+ilustrasi)
Mpasi aparagus kacang arab ilust (youtube/BounaPappa)

Berbicara mengenai pemebuhan gizi anak saat menginjak usia 6 bulan, pasti bunda udah harus menyiapkan menu pendamping ASI atau dikenal dengan MPASI.

Berbagai macam MPASI bisa coba bunda buat agar anak tidak bosan dengan resep yang itu-itu saja. Tak berhenti di situ, MPASI juga harus memiliki nilai gizi yang cocok buat anak budan di rumah.

Yuk, intip resep MPASI untuk bayi 9 bulan ke atas dari campuran kacang arab dan asparagus  di bawah ini, enak, gurih dengan cita rasa ala western!

Bahan:

  • 8 tangkai asparagus
  • 3 sdm kacang arab halus
  • 1 sdm keju parmesan parut (opsional)
  • 1 sdt yougurt
  • Asi, susu formula (opsional)

Cara membuat:

  1. Rendam kacang arab selama semalaman lalu masak hingga matang dengan tektur lembut sekitar 10 menit.
  2. Potong-potong asparagus dipotong-potong sekitar 1-2 cm, masak atau kukus sekitar 5 menit.
  3. Haluskan menggunakan semua bahan,  menggunakan blender. Jika terlalu kental tambah asi atau bisa juga dengan sisa air rebusan sayur.

Tips MPASI:

Dilansir dari alodokter ada beberapa tips MPASI yang bisa dijadikan referensi terkait resep dia atas yaitu:
  1. Sebernarnya yougurt sudah bisa diberikan ke anak saat usia 6 bulan akan tetapi jika ragu bisa menundanya hingga usia 9-10 bulan. Hal ini juga berlaku untuk pemberian keju.
  2. Jika si kecil memiliki alergi terhadap protein susu terutama susu sapi, sebaiknya hindari dahulu memberikan yoghurt dan keju untuk anak.
  3. Setelah Bunda coba memberikan yoghurt untuk bayi, tunggulah setidaknya 3 hari ke depan dan lihat apakah ada reaksi alergi. Selama 3 hari ke depan ini jangan berikan makanan baru lainnya agar bisa melihat efek sebab dan akibat dari yoghurt ke tubuh bayi.

Informasi Gizi:

  1. Kacang Arab termasuk jenis kacang-kacangan yang bisa menjadi sumber protein nabati, serat, karbohidrat, asam folat, zat besi, fosfor, mangan, kalium, dan magnesium.
  2. Asparagus dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, zinc, selenium, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, serta antioksidan, seperti flavonoid, glutathione, kolin, dan polifenol.
Mpasi aparagus dan kacang arab (resep+ilustrasi)
Mpasi aparagus kacang arab ilust (youtube/NariSakhi)
Hidangan MPASI yang kaya nutrisi tentu akan membantu tumbuh kembang anak ke arah yang lebih positif. Dari berbagai nutrisi dari resep di atas pun tentu bisa jadi pertimbangan bunda di rumah agar menjadikannya sebagai menu si Kecil. 


Post a Comment for "Resep MPASI: Kacang Arab dan Asparagus (+9 Bulan) "