Resep Stik Pare Krispi, Cocok Dijadikan Snack!

Pare yang pahit ternyata bisa diubah jadi cemilan gurih, renyah dan menggoda di lidah. Cita rasa pahitnya sudah sangat bisa ditoleransi apalagi dicocol bareng sambel.

Resep tempura pare-paria goreng
ilustrasi stik pare krispi (dok. Allamandawi)

Siapa yang suka pare? Memiliki nama lain Paria atau Peria, buah dari tumbuhan rambat ini tergolong cukup familiar di masyarakat Indonesia. Rasanya yang pahit mungkin sering buat kamu menghindari buah satu ini untuk diolah.

Sekarang, kamu nggak usah khawatir lagi dengan rasanya, mengolah pare memiliki tips tersendiri agar rasa pahit yang terkandung bisa sangat berkurang.

Olahan pare sangat bermacam-macam, bisa ditumis, dibuat sayur kuah atau pun dijadikan snack sebagaimana kreasi pare di bawah ini. Yuk, intip resep stik pare goreng krispi di bawah ini!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, kamu tidak dikenakan biaya apapun jika mengklik link. Namun, saat kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Bahan Stik Pare Krispi

Bahan utama:

  • 1 buah pare 
  • 10 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 1 buat telur atau 5 sdm tepung bumbu + 50 ml air
  • 1-2 sdm garam + 350 ml air untuk rendaman

Bahan Saus:

  • 2 sdm mayo 
  • 3 cabe iris
  • 2 bawang putih cincang
  • 1 sdm seledri cincang

Cara membuat stik pare krispi

  1. Belah pare, hilangkan bijinya, lalu potong seperti stik kentang goreng atau lebih kecil lagi.
  2. Cuci pare, rendam dalam air berisi garam minimal 30 menit.
  3. Tiriskan pare, celup dalam telur atau bisa gunakan opsi adonan cair jika kamu termasuk vegan atau sedang alergi telur.
  4. Lumuri stik pare dengan tepung, pastikan semua permukaan terlumuri.
  5. Goreng pare di atas wajan deep fryer stainless 304 berisi minyak yang sudah panas, angkat jika sudah kecoklatan.
  6. Buat saus cocol dengan mencampur mayones, cabe, bawang putih dan seledri, aduk rata.
  7. Sajikan stik pare krispi dengan saus mayo.

Saat me-time, biasanya kamu butuh nih teman duduk, seperti cemilan yang nikmat. Nah, stik pare krispi ini bisa dijadiin alternatif cemilan di rumah, selain mudah dibuat, bahannya pun simpel jadi ramah di kantong. Let's try it!

Resep Pare/Paria lainnya

15 comments for "Resep Stik Pare Krispi, Cocok Dijadikan Snack!"

Comment Author Avatar
Boleh nih aku coba sekali2... aku suka nih masak sayuran yang digoreng krispi gini untuk camilan, tapi stik pare gak terpikir sebelumnya...
Comment Author Avatar
Inovasi kuliner yang "out of the box" memanfaatkan buah Pare sebagai makanan ringan. Keren sih..
Comment Author Avatar
Makasih sharing resepnya. Secara pribadi kurang suka sama pare. Setelah membaca ide kreatif ini, saya baru tahu pare yang pahit ternyata bisa diubah jadi cemilan gurih, renyah dan menggoda di lidah. Hmm mantaap
Comment Author Avatar
Aku gasuka sama pare. Karena rasanya yang pahit. Setiap beli siomay pasti request ke Akangnya buat gak usah pake Pare. Baca tulisan ini, jadi penasaran dan pengen cobain bikin resep stik pare sendiri. Pasti enak, nih.
Comment Author Avatar
Saya suka pare. Malah lebih sering dilalap mentah. Jadi, saya yakin bakal bisa mentolerir rasa pahit di stik pare krispi. Karena buat saya yang mentah aja masih enak banget meskipun ada pahitnya.
Comment Author Avatar
Aku baru tau makanan kripik pare huhu...
Rasanya kaya apa yaa penasaran
Aku termasuk ga suka sama sekali pare padahal banyak yg bilang bisa nambah nafsu makan, hah ko bisa kan pahit yaa
Comment Author Avatar
belum pernah nyobain stik pare krispi begini, kayaknya bisa cobain deh di rumah, nyobain pare yang ukuran besar itu yang ga pahit, izin save resepnya kak
Comment Author Avatar
kok gak kepikiran ya, pare dibuat jadi stik gini, kan bisa jadi dinikmati ama anak-anak juga ya kalau kayak gini karena pasti rasa pahitnya juga udah hilang ya karena diberi bumbu dan digoreng gini.
Comment Author Avatar
Wow, bisa ya pare dibuat stik begini. Jadi penasaran dengan rasanya. Kudu nyobain nih resepnya. Selama ini masak pare ya cuma dioseng aja. Semoga kalo dibuat stik krispi begini mah anak-anak juga bisa jadi suka dengan pare, ya. :D
Comment Author Avatar
Ternyata pare juga bisa dibuat stik krispi ya. Semakin banyak aja jenis sayuran yang bisa dibuat jadi krispi. Kalau diolah jadi pare krispi, rasa pahitnya kerasa gak, ya?
Comment Author Avatar
Kalo di buat krispi gini tetep pait gk ya kak, punya tips buat ngubah rasa pahit nya jadi enak gk kak?
Comment Author Avatar
Wah.. baru tau kalau pare bisa dibuat stik.. padahal kadang kalau dimasak sayur biasa aja masih berasa pahitnya.
Comment Author Avatar
Wah aku gak pernah kepikiran buat jadiin pare stik krispy giniii, boleh juga idenya. Aku termasuk suka pare ditumis apalagi dicampur sama cabe rawit nyaamm banget.
Btw terima kasih resepnya ya, moga bisa coba kapan2.
Comment Author Avatar
Aku bener-bener ga kepikiran tentang pare stik krispy. Saya suka pare asalkan dibumbu kacang alias dimakan bersamaan dengan siomay, atau dioseng pare, Tetapi kalau stik pare, rasanya saya perlu mencobanya
Comment Author Avatar
Wahhh bisa jadi cemilan untuk kerja di kantor nih, apalagi bahan dan pembuatannya juga sudah tersedia diatas.