Resep Lemon Posset 3 Bahan, Puding Asam Manis yang Bikin Segar

Miliki aroma yang menyenangkan di hidung membuat lemon posset terasa menggugah selera bahkan sebelum dicicipi. Di sisi lain, lemon posset menyajikan cita rasa asam dan manis yang seimbang di lidah.

Resep puding lemon posset 3 bahan
ilustrasi lemon posset (youtube/cooking tree)

Berbicara mengenai posset, olahan satu ini termasuk salah satu minuman yang sering dijadikan sebagai obat oleh masyarak inggris. Secara tradisional, ia dibuat dari susu, ale atau anggur.

Lemon posset jadi salah satu turunan dari kreasi posset itu sendiri. Tak lagi berbentuk cair tapi memiliki tekstur kental bahkan kenyal menyerupai puding meskipun tanpa tambahan gelatin, agar atau semisalnya.

Dibuat dengan cara yang sangat sederhana serta bahan yang terbilang minimalis, lemon posset bisa nih dinobatkan sebagai dessert super gampang. Kamu yang ingin mencoba kreasi lemon posset, bisa lihat resep lengkapnya di bawah ini.

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: 5 Olahan Vegetarian khas India, Kaya Rempah!

Bahan lemon posset

  • 500 gr krim kental (heavy cream)
  • 150 gr gula pasir
  • 2 buah lemon

Cara membuat lemon posset

  1. Parut halus sedikit bagian kulit lemon hingga didapatkan sekitar 1 sdt. 
  2. Belah dua lemon kemudian keluarkan daging lemon dari kulitnya. Pastikan agar kulitnya tidak berlubang agar bisa dijadikan wadah puding.
  3. Ambil sari daging lemon sebanyak 2 sdm menggunakan lemon squeezer stainless steel lalu campurkan ke dalam krim.
  4. Masukkan gula pasir dan parutan kulit lemon ke dalam panci, aduk sebentar hingga kedua bahan tersebut homogen.
  5. Tuang campuran krim dan jus lemon, aduk kembali hingga merata.
  6. Nyalakan kompor, panaskan adonan puding hingga mendidih dan krim menjadi agak cair menggunakan Bima Chef sauce pan stainless steel.
  7. Angkat adonan puding, saring lalu tuang ke dalam cangkang kulit lemon. Adonan lebihnya bisa kamu masukkan ke dalam ramekin atau gelas sebagai wadahnya.
  8. Diamkan beberapa saat hingga puding mengeras lalu sajikan.

Tips membuat lemon posset

  1. Penggunaan kulit lemon akan membuat tampilan lemon posset lebih estetik tapi ini nggak wajib, ya. Kamu bisa menggunakan wadah lain seperti ramekin sebagaimana tertera pada resep di atas.
  2. Lemon posset biasanya juga disandingkan dengan buah segar seperti blueberry sebagai toppingnya.
  3. Penambahan lelehan gula pasir atau brulee menjadi kreasi lanjutan lemon posset yang nggak kalah menarik buat dicobain.
  4. Sisa sari lemon yang tidak kamu gunakan bisa kamu simpan dalam kulkas untuk dinikmati sebagai jus atau pun tambahan makanan lainnya.
  5. Kamu yang menyukai cita rasa asam, boleh banget untuk menambahkan lebih banyak jus lemon ke dalam adonan puding.
  6. Penyaringan puding sangat berguna untuk menciptakan lemon posset yang bebas dari ampas kulit lemon sehingga hasilnya lebih bersih dan halus.

Lemon posset yang segar sangat cocok dijadikan kudapan penutup yang mampu buat lidahmu serasa dimanjakan setelah menyantal hidangan utama yang gurih.

Jadi teman ngeteh dibarengi camilan manis lainnya pun bisa buat suasana bersantaimu jadi lebih ramai dengan lemon posset ini. Rasanya nggak ada alasan lagi deh buat kamu untuk cobain lemon posset ini. Ayo, segera kreasikan resep di atas!

Kreasi lemon menarik lainnya

Post a Comment for "Resep Lemon Posset 3 Bahan, Puding Asam Manis yang Bikin Segar"