5 Olahan Vegetarian khas India, Kaya Rempah!

Makanan india memang populer dengan cita rasa rempahnya yang kuat dan hal ini sangat cocok buat kamu yang ingin menikmati sajian lezat tapi vegetarian friendly.

Resep vegetarian khas india
Malai kofta (youtube/sooper chef)

Makanan india selalu menjadi salah satu topik yang patut untuk dibahas di dunia kuliner. Ciri khas masakan india dikenal dengan bahan-bahannya yang kaya rempah dengan tampilan sederhana tapi menggoda. 

Dari banyaknya olahan khas ada, ada banyak yang cocok buat kamu yang sedang diet vegetarian, baik olahan kreasi atau memang dari asalnya sudah demikian. Olahan vegetarian india ini ada yang digoreng, dimasak, bahkan ditumis jadi kamu nggak perlu khawatir tentang proses pengolahannya, ada yang simpek kok.

Berikut ini disajikan 5 olahan pilihan khusus buat kamu yang vegetarian. Yuk, intip olahan vegetarian khas india di bawah ini!

Baca juga: 5 Indian Vegetarian Recipes, Rich in Taste! (English Version)

1. Shahi Paneer

Resep vegetarian india shahi paneer
Shahi paneer (youtube/cookingshooking india)

Masakan khas india satu ini termasuk olahan berkuah dengan tekstur yang creamy. Shahi sendiri memiliki arti kerajaan sedangkan paneer ialah keju fresh khas india, jadi secara kesuluruhan shahi paner merupakan olahan keju kerajaan.

Secara mendasar shahi paneer terbuat dari keju, kacang-kacangan, yogurt, bawang bombay, aromatik seperti saffron, kayu manis dan cengkeh. 

Shahi paneer memiliki dua versi masakan yakni versi Punjabi dan Mughlai, perebedaan keduanya dari warna kuah. Punjabi shahi paneer berwarna oranye atau kemerahan dengan adanya penambahan tomat, sedangkan Mughlai shahi paneer berwarna putih dari yogurt.

2. Malai Kofta

Resep vegetarian india malai kofta
Malai kofta (youtube/cooking with rekha)

Masih termasuk olahan keju paneer, malai kofta disajikan dengan kuah gravy dengan cita rasa kari yang lezat. Kofta dikenal sebagai olahan meat ball dari sapi dan lembu. Namun, untuk malai kofta ini terbuat dari bola-bola keju dan kentang yang digoreng krispi.

Sama dengan shahi paneer, malai kofta ini juga memiliki dua versi kuah yakni mughlai dan punjabi.

Baca juga: Resep Pancake Pisang ala Vegan, Tanpa Telur dan Susu!

3. Pav Bhaji

Resep vegetarian india pav bhaji
Pav bhaji (youtube/shan e delhi)

Kali ini ada pav bhaji, salah satu olahan street food india yang terbilang populer dengan pengolahan yang cukup mudah. Biasanya pav bhaji ini dinikmati bersama roti gulung lembut sebagaimana namanya yakni pav berarti roti gulung dan bhaji berarti hidangan sayur.

Nggak hanya cocok buat vegetarian, pav bhaji ini juga cocok buat kamu yang vegan. Bahan-bahannya pun simpel seperti kentang, bunga kol, kacang-kacangan, bawang dan rempah.

4. Aloo Gobi

Resep vegetarian india aloo gobi
Aloo gobi (youtube/indian tadka)

Aloo berarti kentang, gobi berarti kembang kol, jadi aloo gobi ini olahan kentang dan kembang kol yang bisa disajikan dalam keadaan berkuah, tumis atau goreng.

Dalam keadaan berkuah, aloo gobi disajikan dengan kuah kari, jika digoreng maka kentang dan kembang kol dibuat krispi kemudian diberi bumbu seperti rempah dan cabe bubuk, untuk aloo gobi tumis biasanya dicampur dengan bawang dan daun herbal.

5. Batata Vada

Resep vegetarian india batata vada
Batata vada (youtube/flavours of food)

Terakhir ada snack india yang berasal dari  Maharashtra, salah satu negara bagian India. Batata dalam bahasa Marathi berarti kentang dan vada berarti gorengan, untuk itu olahan ini juga dikenal sebagai aloo vada  di mana aloo juga berarti kentang dalam bahasa india.

Batata vada bisa dibuat dengan menghaluskan kentang masak yang telah dicampur bumbu dan herbal kemudian dibaluri adonan tepung yang kaya rempah. Proses penggorengannya pun dengan metode deep frying sehingga menghasilkan batata vada yang krispi bagian luarnya dan lembut bagian dalamnya.

Dari 5 olahan vegetarian india di atas mana nih yang menarik perhatian dan buat kamu ingin segera mencobanya? Kamu bisa menjadikan olahan di atas sebagai menu keseharian biar diet vegetarianmu lebih menarik dan nggak bikin bosan.

Memang kaya rempah, siapkan lidahmu untuk menikmati setiap sajian yang mampu bermain di mulut bahkan di setiap gigitannya. Olahan vegetarian india di atas juga ada yang bisa dijadikan cemilan, makanan pendamping atau makanan utama jadi terbilang cukup lengkap untuk memenuhi makanan keseharianmu. Pastikan kamu mencoba olahan vegetarian khas india di atas, ya!

Baca juga: Resep Sweet Potato Wedges dan Sambal Matah Bawang, Cocok buat Camilan!

Post a Comment for "5 Olahan Vegetarian khas India, Kaya Rempah!"