Resep Svickova, Steak Sapi Rebus Saus Wortel ala Ceko

Kamu yang menyukai hidangan daging sapi terutama saat hari raya bisa nih mencoba svickova ala ceko. Svickova bisa dibilang hidangan steak daging tenderloin tapi melewati dua proses yaitu pemanggangan dan dimasak.

Resep Svickova na Smentane, Steak Sapi Rebus Saus Wortel ala Ceko
ilustrasi svickova (youtube/Chef Pepikknedlik)

Svickova tak lengkap jika tanpa saus, untuk itu svickova juga sering disebut sebagai svickova na smetane atau daging sapi saus krim. Saus yang diguanan terbuat dari berbagai jenis sayuran berakar umbi-umbian seperti wortel, seledri dan peterseli. Saus wortel ini menciptakan rasa yang segar dan creamy sekaligus. Yuk, cobain resep svickova di bawah ini!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep Cilbir, Telur Ceplok Saus Yoghurt Pedas Khas Turki

Bahan-bahan svickova

Bahan steak:
  • 2 buah potong tenderloin (1,2 kg)
  • 1/2 buah wortel, iris memanjanga (bentuk stik)
  • Garam dan lada 
  • 2 sdm mentega
Bahan saus wortel:
  • 60 g irisan lemak sapi
  • 1 buah wortel sedang, potong dadu
  • 1 buah akar seledri sedang, potong dadu
  • 1 buah akar peterseli, potong dadu
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 buah lemon
  • 1/4 cup cuka
  • 1/4 cup minyak goreng
  • 1 cangkir krim kental
  • 1 liter kaldu sapi atau air
  • 2 sdm tepung terigu
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • 10 butir merica hitam
  • 4 butir merica jamaika
  • Garam dan lada putih bubuk 

Cara membuat svickova

  1. Tusuk daging sapi di beberapa bagian menggunakan pisau kecil hingga berlubang setelah itu masukkan irisan memanjang wortel ke dalamnya.
  2. Ikat melingkar daging sapi menggunakan benang khusus masakan. Bumbui permukaan daging dengan garam dan lada bubuk.
  3. Panaskan minyak dan mentega di atas panci stainless (oxone cookware 8 set) kemudian panggang daging sapi sebentar saja hingga permukaannya kecoklatan.
  4. Gunakan sisa minyak memanggang daging sapi untuk menumis irisan lemak sapi, wortel, akar seledri, akar peterseli dan bawang bombay. Tumis bahan tersebut hingga layu.
  5. Tambahkan parutan kulit lemon ke dalam tumisan, setelah itu kupas lemon dan masukkan potongan daging lemon ke dalamnya beserta cuka. Tumis hingga cuka menguap.
  6. Tuang kaldu ke dalam tumisan, tambahkan butiran merica hitam, merica jamaika, gula, garam dan daun salam.
  7. Masukkan daging sapi, masak bersama sayuran selama 2-3 jam. Setelah itu, keluarkan daging sapi dan daun salam.
  8. Haluskan sayuran beserta kaldunya menggunakan  Hendi Blender with Shield Cover, tambahkan krim kental dan tepung terigu, masak hingga agak mendidih. Setelah itu saring saus wortel tersebut.
  9. Iris daging sapi lalu sajikan di atas Sunrise Steak Hot Plate bersama saus wortel yang ada.

Tips membuat svickova

  1. Jika saus terlalu cair, tambahkan beberapa sendok terigu ke dalamnya hingga saus mengental.
  2. Tidak disarankan untuk menggunakan low fat cream karena saus bisa saja menyebabkan saus sangat kental atau membentuk curd.
  3. Selain heavy cream, kamu bisa menggunakan sour cream untuk membuat saus, cukup sesuaikan dengan tingkat keasamaan yang diinginkan, terutama  jumlah penggunakan cuka dan lemon.

Informasi gizi svickova

Dari resep di atas kamu menyajikan skvickova sebanyak 6 hidangan di mana setiap hidangan diestimasikan mengandung beberapa nilai gizi sebagaimana tercantum di bawah ini.

  • Kalori 704 kkal
  • Lemak total 42.9g (55%)
  • Lemak jenuh 17g (85%)
  • Kolestrol 226mg (75%)
  • Natrium 968mg (42%)
  • Karbohidrat total 15.5g (6%)
  • Serat pangan 1.3g (5%)
  • Gula total 11.8g  
  • Protein 61.8g  
  • Vitamin D 13mcg (65%)
  • Kalsium 40mg (3%)
  • Zat besi 38mg (211%)
  • Kalium 935mg (20%)

Saran penyajian svickova

Svickova biasanya disajikan sebagai salah satu menu di pernikahan masyarakat ceko dan disantap bersama bread dumpling. Akan tetapi, svickova ini juga sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam bersama pasangan atau kerabat lainnya.

Di sisi lain, svickova sering sekali dihiasi dengan irisan lemon, sesendok whipped cream, dan cranberry di mana jenis hiasan ini disebut “terčík” dalam bahasa ceko. Hal ini tentu tak hanya menggugah secara tampilan tapi juga menambah cita rasa svickova saat dinikmati.

Untuk menciptakan daging sapi yang lebih kuat dari segi rasa, kamu bisa memarinasinya terlebih dahulu dengan berbagai rempah atau herbal, akan tetapi waktu pengerjaannya akan semakin lama. Resep di atas hadir agar kamu bisa membuat svickova yang lebih praktis tapi tetap lezat, jadi pastikan kamu mencoba svickova di rumah.

Baca Juga: Resep Roti Kukus Ubi Jalar, Lembut dan Ngembang Abis!

20 comments for "Resep Svickova, Steak Sapi Rebus Saus Wortel ala Ceko"

Comment Author Avatar
Wah kayaknya enak tuh kak? Sayang aku belum pernah mencobanya.. saus wortel aku jg br denger tuh... rasanya spt apa ya hemm wortel tuh menurutku langu.. tp kalau sudah diolah menjadi saus mungkin agak berbeda ya..
Comment Author Avatar
Wahhh aku baru denger banget nih terkait masakan ini, andaikan ada video memasaknya jadi bisa ngikutin cara memasaknya seperti apa hhi. Ayo kak ditunggu video pembuatannya hhe :D
Comment Author Avatar
Lengkap banget sampai detail informasi gizinya. Memang cocok kayaknya buat menu makanan dengan pasangan. Kesannya mewah dan romantis. Tapi agaknya dari bahan dan cara memasaknya sepertinya harus sedikit berusaha keras nih untuk menghidangkan Svickova ini. Atau mungkin perasaan saya aja karena gak terlalu dekat dengan urusan permasakan. Hehe.
Comment Author Avatar
Sejujurnya aku bingung dengan istilah untuk memasak, Kak. Itu kok dalam resep disebutkan, dagong sapi dipanggang dan dimasak. BTW bukankah memanggang itu salah satu cara memasak? Atau gimana?
Comment Author Avatar
Gimana cara nyebutinnya yah aq kesulitan hahaha tp menunya bikin ngiler nih, kucatat aja dlu resepnya nanti dipraktikkan
Comment Author Avatar
saus wortel, baru tahu nih? Mungkin bisa dicoba kali ya, buat cocolan kentang. Lumayan buat kreasi anak yang GTM. Dulu nyoba bikin sup kream dari jus wortel lumayan enak. Hahaha.. ❤️
Comment Author Avatar
Unik. Bahas soal Ceko saya jadi teringat sebuah novel Indonesia berlatar Ceko deh jadinya. Sepertinya sebelum coba recook perlu icip juga deh rasa menu aslinya seperti apa biar punya patokan rasa.
Comment Author Avatar
ini pertama kalinya aku dengar nama masakan ini, dan baru tau juga kalau ternyata ada saus steak yang pakai umbi-umbian gini. Agak asing tapi penasaran, jadi ingin coba. Terima kasih, Mbak udah share resepnya..
Comment Author Avatar
nanti insya allah coba recook ah kayanya enak. soalnya suamiku meat lovers nih jadi pas banget kaannn
Comment Author Avatar
Jujur, saya baru tahu nih ada steak ala Ceko Svickova. Ternyata cara bikinnya mudah juga ya. Yang emang butuh ekstra itu waktu bikinnya. Tapi, ya ada proses, ya ada rasa enak juga ya endingnya.
Comment Author Avatar
Wahh emang ya setiap negara tuh pasti ada khas-nya, meski menu sama tapi cita rasa pasti beda. Btw makasih resepnya Kak, semoga bisa bikin kapan-kapan wkwk keseringan mager
Comment Author Avatar
duh, tampak lezat syekali nih Svickova ala ceko. Resepnya juga cukup mudah di buat. Bookmark on sih ini, hihii,,
Comment Author Avatar
banyak olahan Daging sapi, yang diolah menjadi nama-nama makanan populer, salah satunya steak, Ini sih Steak ala Ceko Svickova yang mewah banget. Baru aja kemarin makan steak. meski beda, tapi kebayang deh enaknya.... ngiler gw,.
Comment Author Avatar
huaa jadi ngiler. suka banget makan steak. eh siapa sih yang ga suka. wkwk. next time mau bikin ini. semoga gak gagal seperti yang sudah sudah. hihi
Comment Author Avatar
Boleh juga nih aku jadi menu tambahan baru tau aku juga tentang menu Svickova atau daging sapi saus krim. Saus yang digunakan dari berbagai jenis sayuran berasal dari umbi-umbian seperti wortel,
Comment Author Avatar
Iya ya...kalau pakai memarinasinya terlebih dahulu waktu pengerjaannya akan semakin lama. Kalau svickova yang ini lebih praktis dan mudah dibuatnya
Comment Author Avatar
Keren bgt menu steak ala ceko. Udah kebayang rasanya pasti enak. Coba aku baca ini pas deket2 lebaran haji pasti aku masak dagingnya begini hihi tp skrg dagingnya udah abis. Thanks resepnya, kpn2 mau coba recook.
Comment Author Avatar
Namanya sulit, svickova, saya baca kata ini aja berkali-kali lho.
Resepnya tampaknya enak nih, bolehlah diberikan sama doi saya yang doyan masak..
Comment Author Avatar
menarik sekali menu makannya mba, dan saya belum pernah nyobain ya kebetulan juga belum pernah berkunjung ke Ceko, semoga bisa icip makanan asli ini dinegaranya, dan sekarang bsia coba dulu buat di rumah dengan resep mba niy
Comment Author Avatar
Saus krim wortel dan sayur-sayurannya menarik nih. Bisa dicoba di rumah juga resepnya