Resep Mini Chocolate Ganache Tart tanpa Oven, Bahannya Minimalis!

Tart telah menjadi salah satu hidangan populer di masyarakat saat ini. Dessert satu ini terbilang mewah dengan berbagai kreasi yang unik dan menarik banget untuk dicicipi. 

Mini chocolate ganache tart (no bake/no oven)
Mini choco ganache tart (youtube/M. Patisserie)

Biasa disajikan dengan isian custrad, buah atau selai lainnya seperti ganache. Ganache sendiri sudah sangat familiar digunakan dalam dessert baik sebagai glazing atau filling

Pengunakan ganache pada tart tentu menjadi perpaduan yang sangat menarik, rasanya itu lho, nyoklat abis. Kamu yang ingin segera mencicipi kelezatan di setiap gigitan ganache tart bisa intip resep lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Resep Peta Bojo, Bubur Labu Super Simpel ala Makassar

Bahan ganache tart

Bahan kulit tart:

  • 200 g biskuit
  • 55 g hazelnut atau kacang lainnya
  • 65 g mentega soft

Bahan ganache:

  • 120 g coklat hitam
  • 150 ml whipping krim
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm mentega soft

Cara membuat ganache tart

  1. Haluskan biskuit bersama hazelnut hingga halus semacam butiran pasir menggunakan blender Nagoya atau chopper Mitochiba.
  2. Tuang campuran biskuit gula ke dalam  mixing bowl. Tambahahkan mentega soft, aduk merata menggunakan spatula hingga membentuk adonan yang cukup lembab seperti pasir basah.
  3. Masukkan beberapa sendok adonan ke dalam masing-masing lubang cetakan cupcake.
  4. Lubangi bagian tengah adonan menggunakan sendok atau tangan hingga membentuk seperti kawah.
  5. Diamkan adonan dalam freezer selama 30 menit.
  6. Buat ganache dengan melehkan coklat hitama bersama krim. Setelah itu, tambahkan mentega dan madu, aduk hingga homogen.
  7. Masukkan ganache ke dalam kulit tart yang telah beku hingga bagian kawahnya penuh.
  8. Dinginkan ganache tart di dalam fridge sekitar 30 menit hingga memadat lalu siapkan untuk disajikan.
Mini chocolate ganache tart (no bake/no oven)
Mini chocolate ganache tart (youtube/M. Patisserie)

Tips membuat ganache tart

  1. Tekan-tekan pinggiran atas kulit tart saat dibentuk agar hasilnya lebih rapi.
  2. Lapisi cetakan cupcake dengan kertas kue agar tart tidak lengket dan mudah dikeluarkan nantinya.
  3. Lelehkan coklat hitam menggunakan sharp microwave atau pun dengan cara diuapkan.
  4. Kamu bisa menggunakan kulit tart dengan hazelnut atau kacang-kacangan lainnya saja tanpa biskuit, asal kamu menambahkan gula pasir agar nanti hasilnya lebih manis.
  5. Jika kamu hanya memiliki mentega padat alih-alih mentega soft, kamu bisa melelehkannya terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan lainnya.

Informasi gizi ganache tart

Dari resep ganache tart di atas kamu bisa menghasilkan sekitar 8 buat mini tart di mana setiap tart diestimasikan memiliki kandungan nutrisi sebagaimana tercantum di bawah ini.

  • Kalori 328 kkal
  • Lemak total 24.3g (31%)
  • Lemak jenuh 9.1g (46%)
  • Kolestrol 25mg (8%)
  • Natrium 345mg (15%)
  • Karbohidrat total 24.9g (9%)
  • Serat pangan 1.5g (5%)
  • Gula total 11.1g  
  • Protein 4.2g  
  • Kalsium 62mg (5%)
  • Zat besi 2mg (8%)
  • Kalium 178mg (4%)

Saran penyajian ganache tart

Ganache tart bisa jadi salah satu inspirasi dessert mudah dengan cita rasa mewah yang memungkin untuk disajikan kapan pun kamu menginginkannya, bahkan bisa dibilang sangat kosan friendly.

Bisa dihidangkan sebagai teman minum teh di sore hari, kudapan saat kumpul bareng keluarga, pun bisa dinikmati sebagai snack pencuci mulut setelah makan.

Bahan yang sederhana dengan proses yang tak memerlukan teknik khusus, tentu menjadi salah satu keunggulan dibandingkan tart pada umumnya. Untuk itu, kamu yang suka ngemil tapi ingin buat dessert yang praktis patut banget untuk mencoba ganache tart di atas!

Baca Juga: Resep Bakso Udang Kuah Tomat, Yummy!

18 comments for "Resep Mini Chocolate Ganache Tart tanpa Oven, Bahannya Minimalis!"

Comment Author Avatar
Wih kayaknya gampang nih. Pas banget ada biskuit di rumah ada biskuit. Coklat juga punya. Mau coba ah, cocok buat bekal anak sekolah. Btw, itu nanti coklatnya mengental ya?
Comment Author Avatar
Setuju banget nih buat temen minum teh di sore hari sambil memandang balutan awan yang berpendar langit merah. Recommended banget buat dicoba bersama istri.
Comment Author Avatar
Sepertinya mudah buatnya ya mbak. Boleh ni aku kasih ke anakku untuk dicoba resepnya. Kulit pakai biskuit apa saja kan mbak?
Comment Author Avatar
cuma baca aja udah bisa sampe ngebayangin enaknya makan cemilan ini..
apalagi kalo isinya ditambah vanilla kayak favorit aku :)
Comment Author Avatar
Wah menggoda banget nih, aku suka cemilan manis gini cocok untuk teman ngopi sambil baca buku. Cara buatnya juga mudah banget ya, bener2 kosan friendly, hehe.
Comment Author Avatar
Semacam sangat menggiurkan Chocolate Ganache Tart ini, susah buat menolaknya ya. Apalagi kalau dilihat bahan dan pembuatannya mudah didapat dan semacam tak terlalu repot untuk dibuat. Jadi penasaran pengen cobain dong
Comment Author Avatar
aduuh, mupeng bangeeet. aku suka mini tart gini. nggak ding yang bener aku suka apapun makanannya asal ada cokelatnya haha. bisa nih dibikin buat weekend ini
Comment Author Avatar
Aduhhh aku bacanya pagi-pagi baru bangun tidur, pas perut keroncongan belum sarapan. Jadi ngiler. Apalagi ini coklat, suka banget :')
Comment Author Avatar
Segampang itu sih ini. Rasanya pasti manis manis gurih, memang bener nih kosan friendly bingits. haha..
Comment Author Avatar
Save dulu ah, makasih sharingnya Kak! Kebetulan lagi cari-cari ide sarapan dan camilan yang gak bikin anak bosan.
Comment Author Avatar
Baru dengar soal ganache art ini. Resepnya mudah, bisa dicoba bareng anak nih.
Comment Author Avatar
wah bisa jadi ide buat ultah anak nih, kebetulan dia lagi pengen cupcakes, dibuatin ganache tart gini kayaknya bakalan suka juga deh apalagi coklat gini, hmmmm.
Comment Author Avatar
Baru tahu kue yang kek gini namanya ganche tart, hehe. Kebayang harusm hazelnut ma menteganya--sedaaap. Autokalap pas ngemil nih, cocok dikudap pas kongko ma keluarga sore hari atau akhir pekan. Buatnya juga ga sulit sih :)
Comment Author Avatar
Dengan tampilan yang menawan seperti itu ternyata cara buatnya mudah bgt yah, tanpa oven bahkan dan bahan2nya juga nggak terlalu banyak. Bisa nih dijadiin ide untuk dessert yg jd teman untuk bersantai.
Comment Author Avatar
diliat dari resepnya, keknya gak terlalu ribet deh. Pengen nyobain ah, semoga gak gagal untuk pertama kali bikin wkwk. thank you resepnya kak.
Comment Author Avatar
Wiiih enak banget ya, tampilannya itu menggunggah selera banget, tapi karena saya baru belajar masak, resep ini saya berikan ke istri saya aja deh..takut zonk kalau saya yang bikin..
Comment Author Avatar
wah ini bahannya mudah didapat dan sepertinya masaknya mudah sekali, nggak eprlu dioven lagi. Saya belum punya oven.
Comment Author Avatar
Wah menarik banget nih, bahan bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk didapatkan karena sudah ada link yang menuju kesana. Apalagi kandungan nutrisi yang ada didalamnya juga baik untuk tubuh. Bisa jadi cemilan enak dirumah bersama dengan keluarga nih