6 Tips Membuat Lemon Bars, Renyah dan Anti Retak

Lemon bars merupakan salah satu dessert yang memiliki tekstur rentah di bagian bawah dan lembut sekaligus lengket pada bagian atasnya. Dua perpaduan tersebut tentu menciptakan hidangan yang menarik di lidah.

Tips dan tricks buat lemon bars
Ilustrasi lemon bars (youtube/The Stay at Home Chef)

Pembuatan lemon bars bisa dibilang  memiliki proses yang mudah meski di beberapa langkah terdapat waktu tunggu yang cukup lama hingga berjam-jam. Akan tetapi, proses yang memakan waktu lama tersebut terbilang worth it jika sudah meniimati lemon bars itu sendiri. Sangat cocok dijadikan sebagai kudapan hari raya, kamu bisa nih buat lemon bars yang perfect dengan tips berikut ini.

Baca Juga: Resep Lemon Bars, Krispi dan Lembut dalam Satu Gigitan!

1. Pemilihan baking dish

Loyang kue atau baking dish ini sangat penting dan mendasar dalam proses pemanggangan lemon bars. Baking dish biasanya terbuat dari bahan logam atau pun kaca, keduanya baik untuk digunakan namun ada faktor konduktivitas termal yang harus kamu ketahui.

Baking dish berbahan logam lebih mudah menghantarkan menghantarkan panas dibanding baking dish kaca untuk itu kamu harus menambah lebih banyak waktu pemanggangan jika menggunakan baking dish kaca agar tekstur crust lemon bars benar-benar krispi nantinya. Kamu bisa menambah waktu panggang sekitar 5-10 menit tergantung ketebalan lemon bars yang kamu buat.

2. Pembuatan lapisan dasar crust yang tepat 

Untuk membuat crust sepertinya nyaris semua resep memiliki bahan yang sama, namun di sini poin pentingnya yaitu teknik memasukkan adonan crust ke dalam baking dish. Adonan yang ada harus kamu tekan-tekan menggunakan jari atau tangan agar adonan yang awalnya berpasir dapat memadat dengan baik dan saat dipanggang bisa menghasilkan crust yang renyah. 

Setelah memanggang crust hingga agak kecoklatan kamu sebaiknya mendingin crust terlebih dahulu sekitar 30 menit atau  selama 24 jam, hal ini berguna untuk menciptakan tekstur crust yang lebih advance.

3. Pemilihan lemon sebagai bahan isian curd

Untuk isian berupa lemon curd sendiri kamu cukup memastikan untuk menggunakan lemon yang masih segar, selain karena faktor nutrisi, dari segi rasa pun pasti berpengaruh.

4. Lama waktu pendinginan lemon bars

Lemon bars yang telah jadi harus kamu dinginkan terlebih dahulu dalam suhu ruang ruangan agar tekstur lemon bars karena saat masih panas tekstur lemon bars masih soft dan pastinya lengket. 

Setelah didiamkan dalam suhu ruang hingga benar-benar dingin, kamu bisa  langsung memotong dan menyajikannya dengan tambahan gulan bubuk. Akan tetapi, lebih baik jika lemon bars didinginkan terlebih dahulu lemon bars dalam kulkas minimal 2 jam jam agar tektur crust benar-benar renyah dan isiannya lembut serta lengket.

Baca Juga: 5 Titik Kritis Halal Kopi, Trend Minuman Kekinian

5. Cara memotong agar tidak pecah

Proses pemotongan lemon bars ini tentu menjadi poin yang sangan esensial agar tampilannya lebih rapih dan indah dipandang mata. Terlihat mudah tapi ada ada banyak drama yang bisa muncul saat proses pemotongan ini.

Hal yang harus kamu perhatikan sebelum memotong lemon bars yaitu pastikan pisau yang kamu gunakan tajam serta lemon bars sudah dalam keadaan dingin. Saat memotong lemon bars cukup lakukan dalam sekali potong, tidak berulang kali seperti geregaji. Jika isiannya sangat lengket bahkan keras, kamu bisa mengirisnya terlebih dahulu dengan silet agar lebih mudah saat dipotong.

6. Penyimpanan lemon bars agar awet dan tidak lengket

Kamu bisa menyajikan lemon bars sekitar 3-4 jam di suhu ruang, selebihnya harus kamu taruh kembali di dalam kulkas agar teksturnya tetap terjaga.  Selain itu, lemon bars juga bisa awet jika disimpan di dalam kulkas, bahkan bisa sampai 3 bulan.

Lemon bars yang disimpan di dalam kulkas harus dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan di susun dengan rapih, tiap lapisan lemon bars harus di lapisan kertas parchment agar lemon bars tidak saling lengket, bisa juga dengan cara membungkus lemon bars satu per satu. Akan tetapi hal tersebut membutuhkan lebih banyak effort.

Pastikan lemon bars kamu simpan belum diberi taburan gula, kamu cukup menaburinya sesaat sebelum lemon bars disajikan saja. Nah, beberapa tips di atas mungkin akan sangat membantu jika kamu ingin membuat lemon bars dengan crust renyah, isian yang lengket dan pastinya dengan tampilan menarik dan anti retak.

Baca Juga: Review 4 Varian Menu De' Sushi, Restoran Jepang Halal Makassar!

Post a Comment for "6 Tips Membuat Lemon Bars, Renyah dan Anti Retak"