Resep Tavuk Gogsu, Puding Dada Ayam Khas Turki

Berbicara mengenai dessert khas turki, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi puding dari dada ayam atau tavuk göğsü. Yap, puding ini benar-benar terbuat dari daging dada ayam yang berserat dan gurih pastinya.

tavuk göğsü, puding dada ayam turki yang manis, gurih dan lembut
Ilustrasi tavuk gogsu (youtube/Pacikanin Mutfagi)

Proses pembuatan tavuk gogsu ini terbilang simpel tapi memakan waktu yang cukup lama untuk presparasi dada ayam itu sebelum disajikan, yang mencakup proses  memasak, perendaman hingga menghaluskannya. Meskipun demikian, puding tavuk gogsu ini sangat worth it, baik dari segi rasa maupun teksturnya. Untuk membuat tavuk gogsu kamu cukup mengikuti resep lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Resep Cheese Potato Bread Pakai Teflon, Yummy!

Bahan-bahan tavuk gogsu

  • 150 gr dada ayam
  • 1 liter susu full cream
  • 1 cup gula
  • 1/3 cup tepung beras
  • 1/3 tepung maizena
  • 50 gr mentega
  • 2 sdt perisa vanilla
  • 1-2 sdm ayu manis bubuk (topping)

Cara membuat tavuk gogsu

  1. Masak dada ayam di atas panci stainless steel Nuclad hingga matang, setelah itu suir-suir dagingnya sekecil mungkin. Bilas suiran tersebut beberapa kali lalu rendam dalam air kemudian diamkan minimal 2 jam.
  2. Tiriskan dada ayam, cuci kembali hingga beberapa kali kemudian haluskan bersama sedikit susu menggunakan blender Cosmos hingga halus.
  3. Campur maizena, tepung beras dan sedikit susu hingga homogen.
  4. Lelehkan mentega di atas sauce pan Nuclad stainless steel lalu tuang campuran susu dan daging ayam hingga agak panas.
  5. Tambahkan campuran maizena secara perlahan ke dalam sauce pan, diikuti dengan sisa susu yang tersisa.
  6. Aduk campuran tersebut hingga mendidih dengan konsistensi yang agak kental. Jangan lupa tambahkan perisa vanila beberapa menit sebelum adonan pudding diangkat.
  7. Basahi permukaan loyang puding kaca Marinex yang akan digunakan lalu tuang adonan pudding ke dalamnya.
  8. Tunggu selama beberapa waktu hingga pudding mengeras, taburi dengan bubuk kayu manis lalu sajikan.

Tips membuat tavuk gogsu

  1. Agar aroma ayam bisa lebih tersamarkan kamu bisa merendam suiran ayam kemudian meniriskannya tiap 30 menit selama 5-6 kali untuk kemudian direndam kembali hingga semalaman.
  2. Untuk menghancurkan serat ayam, nggak cuma diblender, bisa juga ditumbuk atau digulung menggunakan rolling pin.
  3. Saat disajikan kamu bisa menambahkan bubuk kakao atau coklat putih sebagai atasannya.

Informasi gizi tavuk gogsu

Tavuk gogsu dengan resep di atas bisa kamu buat 4 sajian di mana setiap sajiannya mengandung beberapa zat gizi sebagaimana tercantum di bawah ini.
  • Kalori 586 kkal
  • Lemak total 20.3g (26%)
  • Lemak jenuh 12.2g (61%)
  • Kolestrol 51mg (17%)
  • Natrium 238mg (10%)
  • Karbohidrat total 73.3g (27%)
  • Serat pangan 2.2g (8%)
  • Gula total 62.4g
  • Protein 17.3g
  • Vitamin D 7mcg (35%)
  • Kalsium 416mg (32%)
  • Zat besi 1mg (3%)
  • Kalium 170mg (4%)

Sumber: verywellfit.com

Saran penyajian tavuk gogsu

Iris puding dengan bentuk persegi lalu dihindangkan atau buat gulungan dari irisan tersebut agar tampilannya lebih menarik. Teksturnya yang creamy, gurih dan manis menjadi kesatuan yang mengagumkan dalam dessert ini.

Bisa dijadikan sebagai hidangan penutup saat prosesi fine dining, tavuk gogsu juga bisa dijadikan teman ngeteh yang super lembut. Untuk topping sendiri kamu bisa mengubahnya dengan bubuk kakao, irisan coklat putih atau hal lainnya yang kamu sukai, jadi nggak mesti kayu manis, ya!

Tavuk gogsu ini termasuk olahan yang belum familiar dalam dunia kuliner indonesia, bahkan terbilang cukup unik dan antimainstream. Untuk itu, patut banget kamu mencoba dessert khas turki ini. Setelah mencicipinya kamu mungkin akan terkagum dan ingin mencobanya terus menerus. Jadi, jangan lewatkan resep di atas, ya!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep Leche Flan, Puding Karamel Kukus Filipina

12 comments for "Resep Tavuk Gogsu, Puding Dada Ayam Khas Turki"

Comment Author Avatar
Baru kali ini baca resep puding dada ayam, ternyata masakan seperti itu ada di Turki ya. Dan ternyata prosesnya lama juga ya sekitar 5-6 hari untuk menghasilkan puding yg rasanya luar biasa, penasaran sm harganya kira2 brp ya klo Qt jual,
Comment Author Avatar
Ternyata ayam bisa dijadikan puding. Asal diolah dengan tepat, aroma ayam bisa jadi netral dan layak jadi kudapan. Tampilan peganannya kelihatan lembut dan mudah lumer di mulut. Yummy.
Comment Author Avatar
Kalau biasanya puding dibuat dari buah, ini unik banget, dari daging ayam. Amis tidak ya? Beneran penasaran dengan rasanya deh...
Comment Author Avatar
Baru tahu ayam bisa dijadikan puding. 🤣
Tapi pasti caranya gak biasa ya untuk mendapatkan cita rasa yang tinggi. Pingin beli aja, kayaknya buatnya cukup ribet. 😅
Comment Author Avatar
Membayangkan daging ayam yang diolah menjadi puding, sesuatu banget ini ya Mbak.
Comment Author Avatar
Gimana ya rasanya. Sebagai pecinta menu gurih sepertinya Recommended nih dicoba
Comment Author Avatar
Makanan Turki ya.. masya Allah ternyata puding juga ada yang terbuat dari ayam
Comment Author Avatar
Wah, jujur belum bisa coba membayangkan rasanya. Ada gurihnya ayam, tapi bercampur vanilla. Tavuk Gogsu ini jadi menarik banget karena ada ayam di dalam pudingnya. Gurih, manis, dan aromanya pasti terasa unik.
Comment Author Avatar
Unik juga ya puding dari dada ayam. Kebayang manis gurihnya saat disantap yaaa...
Comment Author Avatar
Wah aku berusaha membayangkan rasanya soalnya selama ini puding identik dengan yang manis-manis wkwkwk tapi patut di coba lho terkadang meskipun berasal dari luar tapi lumayan enak untuk di nikmati seperti Pizza misalnya.
Comment Author Avatar
Konsumsi Tavuk Gogsu jadi bisa gak sekedar makan makanan dessert ya..
Juga mengandung lemak, protein hingga karbo dan nutrisi lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh.
Comment Author Avatar
Wah aku jadi mengingat tahu takwa yg super lembut juga. Tapi ini dari daging ya mbak wow banget nih. Pasti enak jadi ngiler nyobain..