Resep Leche Flan, Puding Karamel Kukus Filipina

Leche flan merupakan salah satu dessert populer di filipina, sering juga disebut bain marie. Leche flan terdiri dari puding custard atau telur dengan lapisan karamel yang melimpah. 

Resep Leche Flan, Puding Karamel Kukus Filipina
Ilustrasu leche flan (youtube/Nino's Home)

Kata leche sendiri berasal dari bahasa spanyol yang mengacu pada olahan susu negara tersebut yakni dulche de leche. Hal ini sesuai dengan bahan-bahan yang digunakan di mana leche flan menggunakan susu kental manis sebagai bahan puding.

Secara tampilan leche flan ini sering disangkutpautkan dengan creme cramel asal prancis atau pun purin asal jepang. Akan tetapi, ketiga puding karamel tersebut memiliki kekhasannya masing-masing. Kira-kira apa saja ya perbedaannya?

Beda leche flan, creme caramel dan purin

  1. Leche flan mengandung susu kental manis sebagai bahan puding sedangkan creme caramel menggunakan susu cair dan gula. Di sisi lain purin menggunakan tambahan gelatin dalam pudding agar teksturnya lebih kenyal.
  2. Umumnya leche flan diolah dengan cara dikukus, creme caramel dipanggang dalam oven dan purin dengan cara memasak adonan puding kemudian didiamkan hingga memadat sebagaimana proses membuat puding lainnya.

Bahan-bahan leche flan

Bahan karamel:

  • 1/2 cangkir gula pasir
  • 5 sdm gula

Bahan puding:

  • 6 butir kuning telur
  • 1 cangkir susu kental manis
  • 1 cangkir susu evaporasi
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • Sejuput garam

Cara membuat leche flan

  1. Masukkan gula pasir dan air ke dalam wajan stainless steel anti lengket Golden Flying Fish , aduk merata kemudian nyalakan kompor dengan nyala sedang, panaskan hingga gula meleleh membentuk karamel. Jika warnanya menjadi agak gelap, matikan kompor.
  2. Tuang karamel ke dalam ramekin hingga memenuhi bagian dasarnya.
  3. Campur semua bahan puding kemudian kocok perlahan hingga merata, jangan biarkan membentuk busa.
  4. Tuang adonan puding ke dalam ramekin berisis karamel.
  5. Masukkan ramekin ke dalam CEO panci kukus (steamer), tunggu hingga matang sekitar 40-60 menit.
  6. Diamkan hingga dingin kemudian keluarkan leche flan dari ramekin setelah itu siap untuk disantap.

Tips membuat leche flan

  1. Untuk memastikan leche flan telah matang kamu bisa menusuk adonan puding menggunakan pisau atau lidi, jika masih berair maka kukus lebih lama.
  2. Selain ramekin, kamu bisa menggunakan Marinex casserole atau Emile Hendry baking dish dengan ukuran yang disesuaikan.
  3. Rasa puding bisa disesuaikan dengan selera, tak hanya vanilla, bisa lemon, kopi, kayu manis atau bahkan tanpa rasa pun tidak mengapa.
  4. Agar leche flan mudah dikeluarkan dari ramekin maka tusuk atau iris sekeliling puding kemudian balik ramekin di atas piring.
  5. Umumnya leche flan diolah dengan cara dikukus tapi juga bisa dipanggan dalam oven bersuhu 160°C, hampir mirip dengan creme caramel.
  6. Untuk mendapatkan tekstur puding yang lebih lembut, kamu bisa menyaring adonan agar tidak ada gumpalan.

Kreasi puding lainnya

  • Lemon Pudding Cake, teksturnya memiliki  perpaduan cake dan puding yang lembut, ngembang, jiggly dan juga pluffy.
  • Puding Sirup Jeruk, puding agar-agar dengan siraman orange syrup menjadikannya lebih segar.

Leche flan yang kenyal dan gurih di atas terasa sangat nikmat untuk dijadikan sebagai dessert. Proses pengolahannya pun terbilang mudah, namun tampilan dan rasa yang dihasilkan tetap lezat maksimal. Karamel yang tumpah ruah saat disajikan pun terlihat sangat menggoda. Jadi, pastikan kamu mencobanya, ya!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Post a Comment for "Resep Leche Flan, Puding Karamel Kukus Filipina"