Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Resep Sup Krim Hijau ala Vegan, Sehat!

Sup krim hijau ala vegan/vegan creamy green soup

Moderen ini mungkin sudah banyak yang awere atau sadar akan pentingnya hidup sehat termasuk memilah makanan apa saja yang sebaiknya di konsumsi. Kamu juga mungkin sudah familiar dengan gaya hidup vegan. Yap, vegan ini menerapkan prinsip olahan makanan yang kesemuanya berasal dari tumbuhan.

Memiliki banyak alasan krusial tentang penerapan vegan, mulai dari kaca lingkungan, ekonomi dan kesehatan, kesemuanya menjadi kesatuan yang seringnya melandasi keinginan seseorang untuk beralih ke gaya hidup vegan.

Seiring berjalannya waktu, kamu yang belajar hidup vegan mungkin sedikit bosan dengan makanan yang plant-based, tapi jangan khawatir berikut ini ada 5 resep sup krim dari berbagai sayur dan buah yang bisa jadi inspirasi makanan sehat sehatmu sehari-hari. Yuk, let's check it out!

1.  Avocado and Zucchini Soup

Avocado zucchini green soup
avocado and zucchini green soup/aseasyasapplepie.com

Bahan:
  • 1 buah alpukat ukuran sedang (sekitar 200-300 gram)
  • 2 buah zukini
  • 1 buah bawang bombay
  • 3 siung putih
  • 500 ml kaldu sayur
  • 2 sdm minyak zaitun
  • Garam secukupnya
  • Seledri untuk hiasan
 
Cara membuat:
  1. Cincang bawang bombay dan bawang putih serta iris zukini tipis-tipis
  2. Panaskan minyak zaitun di atas wajan lalu tambahkan bawang bombai aduk hingga layu sekitar 3 menit lalu tambahkan bawnag putih hingga beraroma
  3. Tuang kaldu sayur ke dalam tumisan lalu masukkan irisan zukini beserta garam. Masak hingga zukini lembut sekitar 10 menit
  4. Setelah masak, matikan kompor lalu aduk perlahan kemudian tambahankan alpukat
  5. Untuk tekstur yang lebih lembut, blender soup setelah semuanya dicampur lalu sajikan. Jangan lupa tambahkan seledri.

2.  Green Tomato Soup

Tomato and green soup
green tomato soup/myrecipes.com

Bahan:
  • 10 buah tomat hijau
  • 1 buah bawang bombay
  • 5 siung bawang putih
  • 750 ml kaldu sayur
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1 sdt daun thyme atau herbal kering lainnya
  • Garam secukupnya
  • Sejuput lada

Cara membuat:
  1. Potong tomat dengan ukuran sedang lalu masukkan ke dalam mangkok tahan panas
  2. Tambahkan bawang putih cincang, garam, lada bubuk dan 1 sdm minyak zaitun. Aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam oven sekitar 15-20 menit dengan suhu 180 derajat
  3. Tumis bawang bombay dengan 1 sdm minyak zaitun hingga layu dan beraroma
  4. Tuang kaldu ke dalam tumisan lalu tambahkan tomat yang telah dioven beserta daun thyme kering
  5. Masak hingga mendidih sekitar 15 menit
  6. Ambil sebagian soup lalu blender untuk soup yang lebih lembut
  7. Sup tomat siap disajikan.

3.  Caldo Verde (Portugese Potato dan Collard Soup)

caldo verde/cathelaine-com.cdn.ampproject.com

Bahan:
  • 150 gram daun collard (sejenis sawi)
  • 2 buah kentang ukuran sedang
  • 2 buah bawang bombay
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1 liter air
  • 50 gram non-alkohol vegan chourico (sosis khas portugis)
  • Garam secukupnya
 
Cara membuat:
  1. Kupas kentang lalu potong menjadi 4 bagian. Selain itu, cincang bawang bombay
  2. Masukkan kentang dan bawang bombay ke dalam belanga lalu tambahkan air. Masak sekitar 15-25 menit dengan api sedang
  3. Blender kentang masak, bawang bombay beserta kaldunya
  4. Masukkan kembali hasil blendera-an ke dalam belanga lalu tambahkan garam dan minyak zaitun
  5. Tambahkan daun collard yang telah diiris tipis
  6. Masak hingga mendidih sekitar 15 menit dengan api kecil.
  7. Terakhir tambahkan chourico sebagai pelengkap

4.  Spinach and Broccoli Soup

Spinach and broccoli soup
spinach and broccoli soup/foodandwine.com

Bahan:
  • 2 bonggol brokoli sedang atau sekitar 250 gram
  • 2 ikat bayam hijau atau sekitar 50 gram
  • 1 liter air
  • 4 sdm minyak zaitun
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt perasan lemon
  • Daun mint secukupnya

Cara membuat:
  1. Pisahkan bunga brokoli dengan batangnya. Potong bunga brokoli dengan ukuran kecil dan untuk batangnya potong menjadi ukuran kecil sekitar 1 cm
  2. Panaskan air hingga mendidih lalu tambahkan bawang putting yang telah diiris dan batang brokoli
  3. Setelah dimasak sekitar 5 menit, masukkan bunga brokoli dan masak hingga layu sekitar 5 menit lagi
  4. Angkat brokoli dan yang lainnya menggunakan saringan lalu masukkan ke dalam blender
  5. Tambahkn bayam, daun mint dan sedikit kaldu sayur dari sisa memasak brokoli lalu blender bersamaan hingga lembut atau sesuai keinginan
  6. Masukkan hasil blender ke dalam belanga bersih lalu tambahkan kaldu sayur lagi hingga kekentalan yang diinginkan. Masak dengan api kecil hingga sedang
  7. Tambahkan garam dan lada secukupnya, koreksi rasa
  8. Sup brokoli bayam siap dinikmati.

5.  Nettle Soup

Nettle soup
nettle soup/simplyrecipes.com

Bahan:
  • 100 gram daun nettle atau jelantang
  • 300 gram kentang
  • 3 buah jamur shiitake sedang
  • 1 buah bawang bombay
  • 225 gram Sawi putih
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1 lembar rumput laut kering (6x10 cm)
  • 3 sdm miso putih
  • 2 sdt tamari atau kecap
  • ½ cup beras
  • 2 liter air
  • Garam secukupnya

Cara membuat:
  1. Rendam jamur shiitake dan rumput laut minimal 1 jam di wadah yang berbeda. Untuk rumput laut rendam dalam 2 liter air
  2. Didihkan air yang telah diberi garam secukupnya lalu masukkan daun jelantang kurang dari 1 menit kemudian angkat dan cuci dengan air dingin
  3. Panaskan oven hingga 200 derajat selsius
  4. Potong bawang bombay dan kentang lalu campurkan bersama minyak sayur kemudian oven sekitar 15 menit
  5. Ambil jamur shiitake yang telah direndam lalu pisahkan dengan batangnya kemudian untuk daunnnya diptong dadu. Ingat ya jangan buang air rendaman jamurnya
  6. Masukkan tamari, cuka beras ke dalam belanga berisi rumput laut dan air lalu rebus hingga mendidih. Setelahnya angkat rumut laut
  7. Tambahkan masukkan jamur beserta air rendamannya, kentang yang telah dioven, beras lalu masak sekitar 15 menit hingga nasi matang
  8. Tambahkan daun jelantang dan penyedap rasa. Masak hingga sekitar 2 menit lagi
  9. Blender sup lalu sajikan
 
So, mana nih sup krim yang menggunggah seleramu hari ini? Kreasi di atas terbilang mudah dengan cita rasa khas yang mampu memanjakan lidahmu. 

Dari segi kesehatan, pastinya sup krim di atas kaya akan nutris yang mampu menjaga kesehatan tubuhmu seperti beta karoten, vitamin B dan C pada bayam, karbohidrat pada nasi dan kentang, protein pada jamur yang tak hanya ada daging serta masih banyak lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya kamu kreasikan sup krim vegan di rumahmu! 

23 comments for " 5 Resep Sup Krim Hijau ala Vegan, Sehat!"

  1. semua itu terlihat enak banget tapi favorit saya tetap nomor satu itu tuh

    ReplyDelete
  2. Sup krim dari Alpukat sih yang bikin penasaran, pasti rasanya enak banget.

    ReplyDelete
  3. Aku pernah menerapkan pola hidup vegan selama 1, 5 tahun dan itu enak di badan lebih sehat Menurut ku. Tapi sekarang belum nyobain lagi.. Banyak godaan sih haha. Sekali-kali nanti nyobain hidup vegan lagi Bikin soup deh, save dl resepnya.

    ReplyDelete
  4. Kesemuanya menarik tampilannya dan pasti menggugah selera 😋.

    Tapi di resep pertama itu ada pakai buah Zukini, yang Teddy sendiri baru dengar namanya.

    Kakak sudah pernah masak semua yang di resep ini?

    ReplyDelete
  5. Enggak memulai jadi vegan sih, tapi tahun ini nyoba untuk memperbanyak makan sayur-sayuran karena emang ngerasa banget badan udah enggak enak. Tapi, bener peryataan diatas kadang makan sayur tuh bisa membosankan kalo itu-itu doang, bisa nih resepnya dicoba apalagi kan sepertinya sayur-sayurnya mudah ditemukan di pasaran juga ya

    ReplyDelete
  6. aku belum pernah cobain makanan yang totally vegan sih. palingan mentok salad or jus buah aja. pernah waktu itu cobain detoks pake jus buah. dan cuma kuat 3 harian hehe
    btw no 3 kayaknya menarik dicoba

    ReplyDelete
  7. Cocok nih diterapin untuk hidup sehat, apalagi lagi proses untuk bentuk badan :D

    ReplyDelete
  8. Menunya enak-enak banget. Semuanya berkuah, aku paling suka yg pake kuah gini rasanya lebih seger di lidah dan tenggorokan. Ditambah lagi emang semuanya pake bahan2 alami jadi lebih sehat. Bisa jadi referensi kalo mau masak nih. Lumayan.

    ReplyDelete
  9. Looks sooo good!! Apalagi cuaca ga menentu akhir-akhir ini, cocok banget untuk hidangan.

    ReplyDelete
  10. Vegan berarti ini ya? Belum pernah coba sama sekali sih masak sup krim, cuma liat ini jadi pengen coba masak yang nomer 1. Cuma aku dulu pernah bikin bubur bayi alpukat, cuma memang kalo ga bener masak alpukatnya bisa jadi pahit.

    ReplyDelete
  11. Jujurly belum pernah nyoba soup cream selain zuppa soup wkwk. Kyaknya Caldo Verde itu enak deh. *sambil bayangin nyicip kentang dan nyium aroma supnya

    ReplyDelete
  12. yang avocado sama tomat kayanya seger banget, tapi masih penasaran sama daun nettle

    ReplyDelete
  13. Warna hijaunya seger banget ya. Jadi pengen coba yang resep sup alpukat itu

    ReplyDelete
  14. Waaah, hijaauuu semuaa.. Penasaran untuk cobain Avocado and Zucchini Soup-nya Mbak. Ini sepertinya semua soupnya sehat yaa bahan-bahannya. Ada alpukat, bayam, brokoli. Mudah-mudahan anak-anak tertarik.

    ReplyDelete
  15. Warnanya seger2 semua. Cara bikinnya juga mudah. Bisa jadi sebagai antisipasi buat anak-anak yang kurang suka makan sayur ya, dibikin sup kayak gini dengan tampilan yang menarik, biasanya mereka suka.

    ReplyDelete
  16. Aku suka sup bayam dan brokoli. Rasanya juara. Sup apa aja saya suka apalagi dikonsumsi saat hangat. Enak.

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata sayuran bisa diolah jadi sup juga ya. Lezat☺️

    ReplyDelete
  18. Inovatif makannya saya belum pernah coba. Dalam artikel ini tersedia resep juga ingin mencoba memasak kembali. 🥰

    ReplyDelete
  19. postingan ini langsung saya share ke istri mau coba di rumah. model makanan begini biasanya cuma ada di kafe atau resto. apa salahnya buat sendiri di rumah ya. hehehe

    ReplyDelete
  20. Ya Allah..
    melihat makanan vegan sup hijau-hijau ini rasanya menyenangkan dan menambah selera makan. Aku suka banget ide menu Avocado and Zucchini Soup yang menggunakan buah dalam paduan menunya.

    ReplyDelete
  21. wah lihat fotonya menggiurkan banget ni. menunya bisa dicoba juga buat yang bukan vegan dong yaa

    ReplyDelete
  22. wah saya penasaran dengan tomato soup nya sih, gimana ya rasanya. soalnya saya sendiri suka minum jus tomat tapi kan tomat merah.

    ReplyDelete
  23. Bisa banget nyobain avocado krim soup ya nie.. Kayaknya enak banget

    ReplyDelete