Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Pappa al Pomodoro, Sup Tomat dan Roti ala Italia

Pappa al pomodoro (sup tomat dan roti)

Pappa al Pomodoro ialah sup kental dari tomat dan roti yang berasal dari region Tuskan atau Toskana, Italia. Region satu ini terkenal sebagai kota indah di Italia dengan berbagai keindahan alam, arsitektur menarik yang instagramable serta kuliner yang memanjakan lidah. 

Berbicara kembali mengenai makanan, italia bisa di sebut sebagai salah satu negara eropa yang mampu menghasilkan masakan lezat bahkan digemarai banyak orang seperti pizza dan pasta. Namun, kali ini akan dibagikan resep Pappa al Pomodoro yang berbahan dasar tomat. Sebuah masakan dengan bahan yang mudah didapat serta proses penyajian yang terbilang mudah.

Langsung saja, berikut ini resep Pappa al Pomodoro khas Italia yang siap memanjankan lidahmu, enak disantap dalam keadaan hangat apalagi sambil nikmatin rerintik hujan!

1. Bahan dan cara memasak

Bahan:
- 500 gram tomat
- 40 gram roti tawar
- 250 ml kaldu ayam
- 1 buah bawang bombai
- 3 siung bawang putih
- 2 sdm minyak zaitun
- 1 sdt oregano kering
- 1 daun salam
- 1/2 sdt garam atau secukupunya
- Keju parmesan parut secukupnya
- Daun peterseli untuk hiasan

Cara memasak:
1. Masak tomat hingga sedikit lembek sekitar 5 menit lalu kupas dan cincang

2. Tumis bawang bombai sampai layu lalu masukkan bawang putih dan masak sampai beraroma

3. Tuang kaldu ayam lalu tambahkan tomat cincang, daun oregano dan daun salam. Masak selama kurang lebih 20 menit dengan api kecil sampai mendidih

4. Sambil menunggu sup matang, kamu bisa membakar roti tawar yang telah di potong dadu di atas wajan dengan sedikit minyak zaitun. Bakar hingga agak kecoklatan

5. Setelah 20 menit, masukkan roti tawar bakar lalu masak lagi sekitar 5 menit

6. Matikan kompor dan diamkan sekitar 10-15 menit 

7. Blender sebagian soup hingga halus lalu campurkan dengan sebagian lainnya, aduk hingga rata

8. Pappa al Pomodoro siap disajikan dengan tambahan keju parmesan dan daun peterseli.

2. Tips and Tricks

1. Jika kamu ingin mendapatkan tekstur yang krimi, cukup gunakan daging buah tomat karena bagian tengahnya mengandung lebih banyak air. Biji tomat pada bagian tengah juga dapat mengganggu tekstur sup.

2. Untuk mendapatkan tekstur dan aroma roti yang lebih original maka roti tidak usah dipotong dadu serta dibakar, cukup masukkan lapis per lapis secara langsung. Kalau bisa pakai roti tawar khas italia agar cita rasnya lebih oriental.

3. Jangan lupa pilih tomat yang udah matang ya!

Itulah resep masakan Pappa al Pomodoro beserta tips and tricks yang pastinya bakal membuat kamu lebih mudah dalam menyajikannya baik untuk dirimu sendiri, teman ataupun keluarga. Gimana menurutmu, resepnya sangat mudah, bukan? Jadi tunggu apa lagi? let's try it!

32 comments for "Resep Pappa al Pomodoro, Sup Tomat dan Roti ala Italia"

  1. Wah terima kasih resepnya Mbak, lezat kayaknya dan jadi ingin nyoba bikin juga.

    Seneng klo nemu resep yang lengkap dengan tips dan trik begini. Maklum gak jago masak 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi masakan luar negeri sepeyini saya juga malah batu tahu. sementara bahannya di kita juga tersedia ya. Langsung pengen mencobanya juga

      Delete
  2. sebentar, sebentar. ini rasanya seperti apa ya, saya kok jadi penasaran. saya suka banget sama jus tomat dan suka juga makan irisan tomat, apakah resep yang satu ini juga masuk dilidah saya? hemmm...

    ReplyDelete
  3. Aku baru tahu soal sup ini. Dulu pernah aku pesan sup tomat tapi kok ngga biasa karena aseeem. Mungkin ga cocok aja sama aku

    ReplyDelete
  4. Bikinnya ko gampang banget yah, ini mah bisa dibikin dadakan apalagi jadi santapan oendamping saat hujan. Tapi kira2 anak2 bakal suka ga ya? sup tomat gini hihi.

    ReplyDelete
  5. So delicious nih Mbak, jadi laper nih. Perlu coba nih resepnya.

    ReplyDelete
  6. Cocok untuk sarapan atau makan malam nih mba? Melihat cara masaknya, cukup simpel dan sederhana ya

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah masak ini mba Alla, kalau liat cara masaknya terlihat mudah ya mba entah nanti praktiknya hehehehe. Bahannya mudah didapatkan juga ini sih

    ReplyDelete
  8. Makanan unik ini ternyata mudah dan praktis ya. Selama ini saya suka makan buah tomat nya aja. Paling banter disambal. Hehehe. Nanti mau coba bikin ala Italia gini ah. Saya saved resepnya ya

    ReplyDelete
  9. Rasanya asam gitu ya karena bahannya tomat, tapi di campur roti tawar. Jadi penasaran rasanya kayak apa.

    ReplyDelete
  10. Lihat dari fotonya, agak mirip saos bolognese ya kak? Apa ini bisa dimakan pake pasta jugakah? Looks so nyummy! 🤤

    ReplyDelete
  11. Ehmmm... rasanya gmb tuh mba? maaf mba. kok aku lihat fotonya eneg duluan ya hehhe... soalnya terlihat tomatnya terlalu byk. Hehehe selera org beda2

    ReplyDelete
  12. Wow, bikin Pappa al Pomodoro kok trnyata mudah ya Kak. Bisa lah dicoba di kos ini. Makasih resepnya, Kak

    ReplyDelete
  13. Aku suka tomaaatt..
    Fotonya cantiiks sekali.. Ya Allah, pengen ikutan cobain resep membuat Pappa al Pomodoro. Rasanya gurih segar gitu yaa..

    ReplyDelete
  14. Baru tau nih resep sup tomat yang dicampur dengan roti tawar gini. Jadi sekalian ada karbonya ya di dalam masakan ini. Pas untuk menu makan yang langsung menggabungkan karbo dengan vitamin dari tomat.

    ReplyDelete
  15. Enak kayaknyaa, ibuku dulu kayaknya pernah bikin sup tomat gini, tapi aku dah lupa euy gimana rasanya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin lagi dong buat isyaaa. Tapi anak-anak suka ga sih ya? Padahal kayanya seger gitu ya

      Delete
  16. Sepertinya enak ya. Jadi ingin mencoba memasak dengan resep ini. Terimakasih ya sharing resepnya.

    ReplyDelete
  17. Pernah ke Italia perjalanan darat pakai kereta dari Paris. Jadi lihat kiri kanan perkebunan tomat , gandum dan pabrik pasta. Tomatnya memang fresh dan enak. Dimakan gitu aja mantap.
    Jadi kebayang lagi..sembari praktekkin resep masakan Pappa al Pomodoro ini

    ReplyDelete
  18. Mamamiaaaaaa, looks so yummmm

    Mau recook ah mbaaa
    Kayaknya gampil dan bergizi yaa

    Moga² bocil demen jugaaaa

    ReplyDelete
  19. Yummy banget. Makasih udah berbagi. Proses bikin ini kira-kira berapa lama ya, Mbak? Saya juga mau coba bikin ah. Apalagi ini termasuk menu sehat.

    ReplyDelete
  20. Seneng saya main ke blog ini. Banyak nemu menu rekomended. Soalnya saya tipe yang masaknya itu-itu aja. Enak kayanya Pappa Al Pomodoro, agak susah diucapin orang Indo, ya hehe ...

    ReplyDelete
  21. Duh kayaknya enak nih, aku belum pernah nyobain resep makanan luar soalnya anak-anak juga suami kurang suka, padahal banyak juga yang enak-enak dan cocok di lidah orang Indonesia, harus nyobain nih apalagi ada bahan makanan favorit aku yaitu tomat...hehehe aku paling suka makanan yang ada tomatnya.

    ReplyDelete
  22. Kalau aku bikin saos begini emang lebih suka pake daging tomatnya aja mbak. Jadi kurebus dulu tomatnya trus kupas kulit dan buat bijinya.

    ReplyDelete
  23. Belum pernah makan sup seperti ini, kapan kapan mau coba bikin di rumah ah

    ReplyDelete
  24. Jadi ingin coba. Sepertinya cara buatnya gampang. Dimakan panas-panas, lezat🤤

    ReplyDelete
  25. jadi kayak bubur ya mbak, wah kebetulan nih semua bahan ada di rumah jadi pengen nyoba juga nih

    ReplyDelete
  26. Melihat visual dari Pappa al Pomodoro aja uda auto ngileerr...
    Warnanya yang merah merona menyegarkan, pasti cocok dinikmati saat makan siang.

    ReplyDelete
  27. Pernah coba bikin tapi versi encer hihihi
    Nanti mau coba bikin ah

    ReplyDelete
  28. Aku baru tahu makanan ini mbak.. duh ndesonya aku... pan kapan patit dicoba ini.. rsep dari mba rinci dan lengkap

    ReplyDelete
  29. Mirip Bolognese ya. Kayanya seger asem2 pedes gitu gak sih? Jadi penasaran pengen coba bikin juga

    ReplyDelete