Resep Hobakjuk, Bubur Labu Kuning ala Korea

Hobakjuk hadir dengan terkstur yang creamy tapi tetap terasa segar di lidah. Diary free atau bebas dari berbagai produk susu membuat olahan ini cocok buat kamu pecinta vegan.

Resep Hobakjuk, Bubur Labu Kuning ala Korea
Ilustrasi hobakjuk (dok. Allamandawi)

Beberapa waktu lalu, aku punya labu kuning yang dikasih sama saudara. Labu ini udah semedi di kulkas beberapa hari, tinggal tunggu dieksekusi pemiliknya. 

Di sini akau bingung nih, dibikin peta bojo rasanya sudah bosan, dijadiin sayur pun dah keseringan. Tetiba liat orang buat hobakjuk di medsos. Oke lah cobain, kelihatannya pun gampang.

Hobakjuk sendiri berasal dari kata bahan dasarnya yakni neulgeun hobak (늙은호박) atau danhobak (단호박), keduanya berarti labu kuning yang telah matang. Labu jenis ini juga dikenal dengan nama jepangnya yakni kabocha.

Jujur, aku nggak bisa bedain jenis labu yang aku pakai. Pokoknya labu kuning. Tapi hobakjuk ini sepertinya bisa pakai jenis labu kuning jenis apapun.

Untuk kamu yang ingin mencoba bubur hobakjuk ala korea, bisa banget untuk melihat resep lengkapnya di bawah ini.

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Bahan-bahan hobakjuk

  • 3 cup labu potong dadu
  • 2 sdm gula merah parut
  • 1 sdm tepung beras + 1 sdm air
  • sejuput garam
  • 2-3 cup air
  • kacang tanah sangrai cincang (garnish)

Cara membuat hobakjuk

  1. Masukkan air dan labu ke dalam panci, masak sampai labu empuk.
  2. Haluskan labu menggunakan blender bersama air masakannya.
  3. Tuang kembali bubur labu ke dalam panci atau suace pan stainless Freemer, tambahkan gula dan garam.
  4. Tuang larutan tepung beras, aduk merata dan jangan lupa koreksi rasa. Tambahkan lebih banyak air jika bubur dirasa terlalu kental.
  5. Tunggu sebentar sampai labu agak mendidih. 
  6. Angkat hobakjuk lalu tuang ke dalam mangkuk floral Zen. Sajikan dengan tambahan kacang tanah sangrai cincang.

Tips membuat hobakjuk

  1. Biasanya hobakjuk disajikan dengan tambahan rice balls, tapi aku skip karena ingin yang lebih sederhana saja.
  2. Paling umum garnish untuk hobakjuk menggunakan pasta kacang merah, akan tetapi bisa pake jenis kacang-kacangan lainnya, sesuaikan saja selera dan kebutuhan.
  3. Untuk mematangkan/mengempukan labu bisa dengan cara dipanggang atau dikukus.

Aku pikir hobakjuk ini mirip creamy pumpkin soup yang pernah kubuat tapi lebih segar karena tanpa tambahan susu, krim atau pun santan.

Pas nambahin larutan tepung beras kok aku ragu sama rasanya, cocok atau nggak, tapi eh bikin nagih juga pas dicoba.

Kacang cincang yang ada sebenarnya cuma ala-ala, namanya juga hiasan, cuma pas aku kunyah tiap serpihannya kok satisfying. Alhamdulillah puas cobain olahan korea satu ini. Yuk, segera cobain hobakjuk di rumahmu!

Intip kreasi labu menarik lainnya

10 comments for "Resep Hobakjuk, Bubur Labu Kuning ala Korea"

Comment Author Avatar
Enak banget keliatan nya kayak labu kombucha atau apa sih namnya di supermarket, keliatan enak n creamy ya mba pas banget di musim dingin
Comment Author Avatar
Biasanya labu itu dikolak aja, jarang dibuat kue-kue. Olahan labu kali ini beneran pengen daku coba Mbak.
Comment Author Avatar
saya suka labu, hmmm jadi penasaran ingin coba juga nih apalagi kelihatannya praktis ya buatnya. Besok cari labu juga ah :D
Comment Author Avatar
labu ini di masak apa saja selalu enak ya. Wah nanti kapan-kapan cobaresep ini deh mbak. Kayaknya gampang banget ya.
Comment Author Avatar
Teksturnya kayak creamy gitu ya. Boleh dicoba nih resepnya buat variasi masak labu kuning. Biasanya sekadar dikukus atau dibuat kolak. Makasih resepnya, Mbak
Comment Author Avatar
saya suka banget dengan labu kuning biasanya dibikin kolak gitu, ternyata ada juga bubur labu khas Korea ya jadi pengen cobain
Comment Author Avatar
Huwaaa, suka banget sih sama bubur labu gini. Satu-satunya olahan labu yang bisa kuterima rasanya, karena entah kenapa agak kurang cocok di lidah rasa labu tuh... Bisa buat MPASI juga nih ya
Comment Author Avatar
saya baru tahu resep hobakjuk ini, kelihatannya enak.. kalau dibayangin rasanya mungkin semacam bubur sumsum rasa labu kuning, akan saya coba kalau pas ketemu labu kuning yang gurih.. terima kasih sharingnya mbak !
Comment Author Avatar
Baru denger sih ada bubu ala Korea. Wajib dicoba nih. Apalagi aku penggemar kuliner bubur. Belum bisa ngebayangi rasa labu kuning tapi pastinya enak banget
Comment Author Avatar
Wah bahannya banyak nih kak, biasanya aku rebus aja, kadang dibuat lepek isi kelapa, lain kali mau coba juga bubur ala korea gini, looks so yummy