Resep Tumis Asparagus Tomat, Segar dan Crunchy!

Asparagus yang crunchy bisa kamu sandingkan dengan segarnya tomat di atas wajan tumisan. Rasa dan tekstur keduanya akan menyatu sebagai sebuah olahan simpel tapi lezat. 

Resep tumis asparagus dan tomat (sauteed asparagus and tomatoes)
Tumis asparagus tomat (youtube/Mary Food)

Asaparagus merupakan olahan sayur yang cukup lumrah di eropa. Bahkan, di indonesia, asparagus telah menjadi komoditas dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi dibanding beberapa sayuran lainnya.

Dikenal sebagai sayuran musim semi dan musim panas, untuk itu banyak olahan asparagus yang bercita rasa segar seperti tumis asparagus dan tomat ini. Kamu bisa menikmati crunchy-nya asparagus dengan tomat yang sedikit berair dan asam. 

Kamu yang menyukai olahan sederhana dari asparagus bisa banget untuk mencoba resep di bawah ini. Tambahan beberapa daun herbal akan menambah kenikmatan cita rasa dan aroma dalam masakan ini. Coba deh kreasikan tumis asparagus tomat berikut dan rasakan kelezatannya di tiap gigitan.

Bahan-bahan:

  • 1 tomat cherry
  • 500 gram asparagus
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 3 tangkai thyme segar cincang atau 1 sdt thyme kering daunnya dicincang
  • 4 tangkai peterseli segar cincang  
  • 1 sendok sdt perasan lemon 
  • Daun kemangi secukupnya
  • Garam dan lada hitam secukupnya
  • Parutan keju secukupnya (opsional)

Cara membuat:

  1. Masak asparagus dan tomat dalam air garam yang mendidih sekitar 1 menit
  2. Angkat tomat dan asparagus untuk tomat kupas, belah, hilangkan bijinya dan cincang kasar. Asparagus potong sekitar 1 inci
  3. Panaskan minyak zaitun dengan api sedang lalu masukkan tomat, asparagus, peterseli, perasan lemon, daun thyme, lada dan garam. Jangan lupa koreksi rasa.
  4. Aduk perlahan hingga matang sekitar 4-5 menit lalu angkat dan sajikan. Beri garnish daun kemangi dan parutan keju di atasnya.
Resep tumis asparagus dan tomat (sauteed asparagus and tomatoes)
Tumis asparagus tomat (youtube/Helen Rennie)

Beberapa herbal di atas bisa kamu ganti dengan herbal yang ada di sekitarmu. Bisa menggunakan seledri dan kemangi sebagai bahan penggantinya. Aromanya mungkin akan berbeda namun akan menyajikan hidangan yang kalah uniknya.

Tumis asparagus dan tomat di atas bisa kamu sajikan sebagai menu pendamping atau lauk nasi. Tapi nggak ada salahnya jika dihidangkan dengan menu utama lainnya seperti spageti. Oiya kamu juga bisa menghidangkannya sebagai menu sarapan sehat dan simpel. Selamat mencoba dan enjoy!

Note: artikel di atas mengandung beberapa link produk afiliasi. Jadi, ketika kamu membeli sesuatu melalui link tautan tersebut, kami mendapat komisi afiliasi. Terima kasih telah mendukung Allamandawi. 

Post a Comment for "Resep Tumis Asparagus Tomat, Segar dan Crunchy!"