Resep Boquerones en Vinagre, Acar Teri khas Spayol

Nikmati kesegaran boquerones en vinagre, acar teri khas spanyol dalam baluran cuka, minyak zaitun, parsley dan bawang putih. Pokoknya jangan lewatkan olahan satu ini!

boquerones en vinagre acar dan tapas teri khas spanyol
Boquerones en vinagre (youtube/Cecinero Diario)

Boquerones memiliki arti teri, dan vinagre berarti cuka. Oleh karenanya boqurones en vinagre bisa diartikan sebagai teri dalam cuka. Masakan ini merupakan olahan teri segar khas spanyol yang bisa banget dijadikan inspirasi baru buat mengolah ikan tersebut.

Sejarawan mengatakan bahwa resep boquerones en vinagre sudah tercipta sejak 3000 tahun lalu. Masakan yang terbilang sepuh banget. Oiya boquerones en vinagre juga terkenal sebagai hidangan tapas khas spanyol. Penasaran dengan cara mengolah boquerones en vinagre? Kamu bisa mengikuti resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

Kamu hanya butuh 5 bahan berikut ini untuk membuat boquerones en vinagre khas spanyol.
  • 500 gram teri
  • 250 cuka (jenis cuka apapun)
  • 80 ml minyak zaitun
  • 4 tangkai peterseli
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
Baca Juga: Resep Rujak Mangga Udang, Gurih dan Segar Abis!

Cara membuat:

  1. Fillet teri lalu bersihkan. Lihat note untuk cara memfillet.
  2. Bekukan teri selama beberapa jam dalam wadah tertutup, sekitar 3-24 jam. Pastikan tidak menggunakam wadah logam.
  3. Marinasi teri dengan cuka, minyak zaitun, garam, parsley dan bawang putih cincang. Jika tidak terlalu suka aroma cuka yang kuat kamu bisa mencampur cuka dengan air. Jangan lupa koreksi rasa. Marinasi berlangsung dalam kulkas sekitar 3-4 jam.
  4. Sajikan boquerones en vinagre.
Note: cara fillet teri
  1. Hilangkan kepala dan organ dalam teri menggunakan tangan atau pun pisau. Selanjutnya iris bagian perut ikan teri hingga ekor, iris terus bagian daging dalam teri sampai ke punggung jangan sampai terputus.
  2. Tarik ujung tulang di dekat ekor ikan sampai ke bagian kepala hingga semua tulang terangkat. Kamu juga bisa fillet ikan teri dengan cara mengiris dua sisi ikan dan menyisahkan tulangnya saja.
boquerones en vinagre acar dan tapas teri khas spanyol
Boquerones en vinagre (youtube/hispacocina)

Boquerones en vinagre bisa dinikmati sebagai makanan pembuka dan juga sebagai tapas. Tapas sendiri merupakan hidangan dalam porsi kecil ala spanyol. Kamu juga bisa menikmati boqurones en vinagre sebagai lauk nasi. 

Kamu bisa menyimpan Boquerones en Vinagre dalam kulkas maksimal 3 minggu. Selama interval waktu tersebut, kamu bisa menikmati olahan teri ini kapan pun kamu mau. 

Cuka selain menghilangkan bau amis ikan juga mampu menambah kesegaran dalam suatu olah seperti boqurones en vinagre ini, apalagi di tambah aroma bawang putih dan peterseli, sangat menggoda. Yuk coba resep teri khas spanyol di atas!

8 comments for "Resep Boquerones en Vinagre, Acar Teri khas Spayol"

Comment Author Avatar
Hemm, bayangkan rasanya Mbak.makanan acar teri khas Spanyol ini.
Comment Author Avatar
ini ikan terinya besar berarti ya mba ? saya belum pernah lihat kl ikan teri besar, yg ada teri kering, teri medan , teri nasi semua kecil2, paling ditumis, dicampur tempe/kacang, atau di goreng.. kalau ikan teri yg bisa difillet baru tahu di resep ini
Comment Author Avatar
Oh, kalau beli ikan teri besar biasanya digoreng aja,,
Boleh dicoba nih makanan Spanyol, jadi menu baru di rumah :)
Comment Author Avatar
unik ya, acar tapi dari teri, selama ini cuma tahu teri ya dibuat peyek ataupun ikan teri kering, nyam nyam ternyata dibuat acar juga menarik nih ya :)
Comment Author Avatar
Oohh ada ya ternyata ikan teri besar? Saya tahunya selama ini ikan teri kecil aja, gak perlu dibersihkan, langsung dimasak. :)
Acar teri Spanyol ini berarti mentah ya, Mbak?
Comment Author Avatar
duh kayaknya enak banget mba Alla, saya suka juga ikan teri tapi biasanya dibuat ikan teri goreng atau dicampur dengan pepes, kalau resep ala Spanyol ini belum pernah cobain, enak kah rasanya, pengen cobain
Comment Author Avatar
Kalo dilihat dari tampilannya kayak enak tuh. Jadi pengen buat deh
Comment Author Avatar
Iya nih,jadi penasaran pengen coba bikin deh.