Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bubur Candil Kentang, Kenyal dan Simpel Buatnya

Bubur candil yang memiliki tekstur kenyal dengan kuah kental menggoda biasanya dibuat dari tepung ketan, gula merah dan santan. Tapi pernahkah kamu mencoba bubur candil dari kentang? Kekenyalan yang tercipta mungkin akan terasa berbeda.

Resep bubur candil kentang yang lezat, kenyal, mudah, dengan sensasi baru di mulut
Bubur candil kentang (dok. Allamandawi)

Untuk candil kentang teksturnya mungkin akan lebih ringan dari candil ketan meski sama-sama kenyal. Keduanya mampu memberikan sensasi yang berbeda saat dikunyah. Akan tetapi, hal tersebut juga bergantung dari adonan yang kamu buat, ya. 

Proses pembuatan candil kentang ini dibuat dengan tambahan tapioka atau tepung kanji di dalamnya agar adonan dapat merekat dengan baik. Kamu yang memiliki persediaan kentang bisa nih membuat kreasi candil dari kentang di bawah ini.

Baca Juga: Resep Kue Talas Kukus China (Wu Tao Gou)

Bahan-bahan:

  • 2 buah kentang
  • 6-7 sdm tapioka/kanji
  • 4 sdm air
  • 5 sdm gula merah parut
  • 1,5 cangkir air
  • 5 sdm santan kental

Cara membuat: 

  1. Kupas lalu kukus kentang sampai lembut kemudian haluskan menggunakan masher kentang Jamile Oliver, parutan kasar atau ditumbuk.
  2. Campur kentang dengan tapioka dan air  sedikit demi sedikit. Aduk bahan-bahan tersebut sampai adonan padat, sedikit lembab sehingga memadat jika dibentuk.
  3. Bentuk adonan kentang bulat-bulat seperti kelereng.
  4. Tuang air ke dalam belanga stainless Oxone, tambah gula merah lalu panaskan hingga gula meleleh.
  5. Masukkan adonan yang telah dibentuk, masak sampai candil mengapung dan kuah gula menyusut serta agak kental.
  6. Angkat bubur candil, tuang ke dalam mangkuk dessert Corelle beri beberapa sdm santan sesuai selera. Setelah itu siap disantap.

Tips and Tricks:

  1. Kamu bisa memasukkan 1-2 adonan candil yang telah dibuat ke dalam air gula yang sudah untuk mengecek apakah adonan sudah bagus dan kenyal, jika mengapung dengan sempurna, memadat dan saat kamu taruh di dalam air dingin tekturnya kenyal maka hal itu sudah cukup. Jika ternyata candil lembek tambahkan lebih banyak tapioka dan sedikit air pastinya agar candil dapat terbentuk dengan tekstur kenyal.
  2. Candil yang masih dimasak biasanya memang memiliki tekstur kenyal yang masih sedikit lembek tapi jika sudah dingin akan memadat perlahan.
  3. Tambahkan lebih banyak air jika adonan terlalu keras, begitu pun sebaliknya.

Bagaiamana kreasi candi kentang di atas? Mudah, bukan? Mencicipi kreasi candil dengan versi berbeda akan memberikan pengalaman kuliner baru di mulutmu. Selain kentang, kamu juga bisa membuat candil ubi jalar untuk menambah daftar eksperimen menarik di dapurmu. Pastikan kamu mencoba kreasi candil kentang di atas, ya!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep Tofu Chocolate Mousse dengan 3 Bahan, Unik!

6 comments for "Resep Bubur Candil Kentang, Kenyal dan Simpel Buatnya"

  1. Ternyata bisa pakai kentang ya bikin si jenang grendul ini, hihihi di tempatku namanya begitu. Biasanya kalau bikin pakai ubi madu, atau pakai ubi ungu kalau mau beda warnanya. Boleh nanti dicoba pakai kentang, belum pernah coba. Thank you resepnya Mbaa

    ReplyDelete
  2. Aku suka candi pake bubur sumsum dikasih es hehehe

    ReplyDelete
  3. Biasanya saya bikin bubur candil pakai ubi eh ini bisa juga ya pakai kentang auto recook ahh soalnya kepo ama rasanya

    ReplyDelete
  4. Beberapa kali aku bikin bubur candil juga mbak. Tp ga pakai kentang cm pakai tepung tapioka. Mau lah recook, pasti lebih enak kl pakai kentang ya

    ReplyDelete
  5. Mbakkk.. Aku mau banget dibikinin kayak gini, hehehee... *dasar akuuu
    Selama ini tahunya cuma dari tepung kanji aja candilnya. Kalau pakai kentang dijamin bakalan empuk dan mengenyangkan.

    ReplyDelete
  6. Baru tau kalo bubur candil dari kentang nih. Bisa dicoba juga sepertinya mudah yah

    ReplyDelete