Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Mudah Keripik Bunga Kamboja, Cemilan Anti Horor

Keripik bunga kamboja/plumeria chips

Bunga kamboja yang memiliki nama latin Plumeria ini banyak ditemukan tumbuh di daratan Asia tak terkecuali Indonesia. Di negara ini, bunga satu ini seringkali dikaitkan dengan hal mistis.

Kamboja sendiri dalam agama Hindu memberi makna dedikasi dan pengabdian. Lalu dalam agama Buddha diartikan sebagai keabadian. Di lain sisi, banyak juga yang mengartikannya sebagai tanaman pembawa rezeki.

Namun, ternyata bunga satu ini bisa dijadikan camilan yang menarik lho, seperti keripik. Di indonesia mungkin keripik dari bunga tidak familiar namun di Vietnam keripik bunga sudah lumrah dan dinamai Yum Dok Mai Chub Pang yang memiliki arti salad bunga goreng dengan minyak panas.

Tak berlama-lama, berikut ini dijajikan resep mudah keripik dari bunga kamboja, let's check it out!

1. Bahan dan cara memasak

Bahan keripikk bunga kamboja/plumeria chips
ilustrasi bahan keripik kamboja/unsplash:ratul ghosh

Untuk membuat keripik bunga kamboja bahan yang dibutuhkan sangat simpel dan mudah kamu dapatkan di dapur rumahmu. 
Adapun bahannya sebagai berikut:

- 10 bunga kamboja kuning atau jepun bali
- 3 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar
- 4 sdm tepung beras
- 100 ml air
- 1 sdm garam
- 300 ml minyak goreng
- 1 sdt kaldu jamur bubuk

Cara membuat:
1. Bersihkan bunga kamboja dengan air mengalir, hilangkan getah pada pangkal bunga jika masih ada
2. Tumbuk bawang putih dan ketumbar hingga halus
3. Tuang tepung beras ke dalam mangkok lalu beri air, aduk hingga adonan merata dan tidak terlalu kental
4. Masukkan garam, kaldu jamur, bumbu halus ke dalam adonan tepung
5. Ambil bunga kamboja lalu celup ke dalam adonan tepung
6. Setelah itu, celup ke tepung beras kering
7. Masukkan bunga kamboja ke dalam wajan berisi minyak yang telah dipanaskan
8. Goreng hingga bunga kamboja kecoklatan dan crispy

2. Tips and Tricks

Tips and tricks keripik bunga kamboja/plumeria chips
ilustrasi tips and tricks/myrecipes.com

a. Membersihkan bunga kamboja yang batu dipetik

Langkah awal yang dilakukan pastinya membersihkan bunga kamboja, pasalnya bunga satu ini jika baru dipetik biasanya memiliki sedikit getah dipangkal bunga, jadi getah ini harus dibersihkan dahulu dengan air. Cuci bunga kamboja hingga berkali-kali agar benar-benar bersih.
Setelahnya kamu bisa meniriskan bunga kamboja sebelum siap dijadikan keripik.

b. Menyiapkan bumbu halus dan adonan tepung

Bumbu halus ini hanya bawang putih dan ketumbar yang diulek bersamaan hingga benar-benar halus agar tidak menggumpal saat digoreng, aromanya lebih berasa dan merata.

Setelah itu, ambil tepung dan tuang ke dalam mangkok. Setelahnya kamu bisa masukkan bumbu halus yang telah diulek sebelumnya, kaldu jamur, garam beserta air. Aduk semua adonan hingga sedikit cair dan tidak terlalu kental.

c. Proses penggorengan bunga kamboja menjadi keripik

Proses selanjutnya yakni proses inti. Pertama-tama siapkan minyak lalu tuang ke dalam wajan, bisa juga menggunakan frying pan kemudian panaskan dengan api sedang.
Di lain sisi, ambil bunga kamboja yang telah dibersihkan dan ditiriskan tadi kemudian celupkan ke dalam adonan tepung dalam keadaan tengkurap atau kelopak bunga menghadap ke bawah, lumuri bunga kamboja hingga semua bagian terlumuri, termasuk bagian pangkal bunga.  Setelah itu, dilumuri kembali dengan tepung beras yang masih kering agar hasilnya lebih krispi.
Goreng bunga kamboja yang telah dilumuri ke dalam minyak yang telah panas. Jangan lupa bolak balik agar panasnya merata. Proses penggorengan ini bisa berlangsung sekitar 5-10 menit. Angkat bunga kamboja jika warnanya berubah agak kecoklatan dan tekstut yang krispi.

3. Keripik bunga kamboja siap menemani waktu santaimu

Keripik bunga kamboja/plumeria chips
keripik bunga kamboja/ig: pipilan_kitchen

Keripik bunga kamboja ini hampir sama dengan keripik sayur tapi dengan bentuk yang lebih indah di pandang mata. Kamu bisa menikmati keripik bunga kamboja ini sambil dicocol ke dalam sambal agar lebih maknyus. Selain itu, keripik satu ini juga bisa dijadikan lauk bareng nasi hangat.

Meski memiliki aroma yang khas, bunga kamboja jika dijadikan keripik maka aromanya akan menguar dan tidak mengganggu sama sekali saat dimakan.

Bunga kamboja memiliki kandungan vitamin E dan Omolien yang bagus untuk kulit, ada pula asam serotinat, flavanoid, triterpenoid serta banyak lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti mengobati rematik dan anti peradangan.
Jadi, jangan takut buat coba resep di atas. Bahannya simpel, mudah didapat, proses yang tidak ribet dan pastinya bermanfaat bagi tubuh.

20 comments for "Resep Mudah Keripik Bunga Kamboja, Cemilan Anti Horor"

  1. Menarik sekali nih,jadi bisa dimakan ya bunga kamboja?

    ReplyDelete
  2. penasaran banget sama rasanya dan pastinya ga horor ya :P

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau kalau jenis bunga yang satu ini bisa dibikin cemilan enak, karena setau aku ini tuh bunga yang khusus ditanam di pemakaman gitu ya kan.
    Kalau dibuat seenak ini, aku juga doyan.

    ReplyDelete
  4. ha? bunga jadi keripik?
    wah aku baru tahuuuu
    makan bunga gini aku kok kepikiran susana ya hehe

    ReplyDelete
  5. wah, baru tau saya, bisalah tak cobain bilang ke istri, biar di proses hehe

    ReplyDelete
  6. wkwkwkw...kalau sudah dijadikan resep makanan enak begini, kesan horornya berubah otomatis jadi bikin selera makan..wkwkw

    ReplyDelete
  7. Sangat amat kreatif, hehe. Kalau didesa kembang kamboja identik horor. Tapi dengan kreativitas bisa jadi produk nih untuk umkm.

    ReplyDelete
  8. Hwaaa idenya adaaa aja sih mbaa hihi. Gimana nih rasanya, jadi penasaran. Ngga pahit kan yaahh

    ReplyDelete
  9. baru tahu nih kalau bunga kamboja bisa dijadikan kerupuk, rasanya gimana ya? penasaran juga hihihhih

    ReplyDelete
  10. Cantik sekali hasilnya, Mbak. Nggak serem sih kalau sudah jadi keripik...hihi. Jadi pengin nyobain juga...

    ReplyDelete
  11. cara memasakanya sepertinya mudah dan bahan untuk memasaknya juga sepertinya mudah dicari, jadi pengen cobain kak, di rumah masak ini

    ReplyDelete
  12. Belum pernah coba saya Mba, ternyata Bunga Kamboja bisa dibuat keripik ya. Penasaran ama rasanya pas liat fotonya. Enak kayanya ya.

    ReplyDelete
  13. Wah asli aku beneran kaget ada keripik dari bunga Kamboja. Bikin penasaran banget.

    ReplyDelete
  14. Bunga kamboja bisa diolah jadi masakan? Wah, baru tau nih.. Ternyata simple jg ya bahan dan cata pembuatannya.. Penasaran sama rasanya nih..

    ReplyDelete
  15. waaah baru tau, di halaman depan rumahku ada kamboja tapi warna putih

    ReplyDelete
  16. Wah menarik dan unik adanya keripik bunga kamboja ini. Saya baru tau banget nih, Mbak

    ReplyDelete
  17. Mbak, kalau misal kambojanya dari yang sudah jatuh gitu, bisa atau beda nggak hasilnya ntar? Tapi bunga jatuhnya ini yang masih dalam kondisi bagus.

    ReplyDelete
  18. wah yang aku tahu bunga kamboja digunakan untuk bikin parfum, ternyata bisa dimakan ya

    ReplyDelete
  19. Wah baru tahu ini lho mba. Penasaran banget pengen nyoba
    Tapi di rumah adanya bunga yang merah. Duh Gak bisa ya..

    ReplyDelete
  20. Wah, baru tahu nih, dan awalny agak ngeri-ngeri sedep nih, membayangkan rasaya apakah ada getir-getir pahitnya saat dimakan setelah jadi keripik? Tapi patut dicoba karena banyak bunga kamboja di SPBU depan rumah.

    ReplyDelete