Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 4 Fakta NFT, Seni Digital yang Bikin Melongo

NFT

Sekarang ini dunia sedang latah akan NFT atau Non Fungible Token, NFT sendiri berupa seni digital yang dihargai begitu luar biasa. Untuk lebih lanjut ini 3 fakta NFT.

1. Produk investasi 

NFT (nonfungible token)
Investasi Kripto/idxchannel.com

NFT ini produk investasi turunan kripto, di mana proses jual belinya menggunakan mata uang kripto Ether atau ETH di marketplace khusus.

2. Jenis marketplace untuk transaksi NFT

NFT (nonfungible token)
Ilustrasi Marketplace NFT/tirto.id

Adapun marketplace populer yang biasa digunakan untuk jual beli NFT ada beberapa yakni OpenSea, Mintable dan Rarible.

Selain itu, ada juga marketplace lokal seperti Paras.id, Kolektible, Toko Mall, Artsky, Baliola dan Enevti.

3. Macam seni yang dijadikan NFT

NFT The Merge karya Pak/twitter Cruxe

Selain foto selfie seperti yang dilakukan Muhammad Ghozali, NFT juga bisa berupa gif, video, musik, game dan lukisan.

4. NFT termahal di dunia

NFT (nonfungible token)
Everydays: the First 5000 Days karya Mile Winkelmann/twitter Cruxe

Bersamaan dengan meledaknya kripto, produk NFT ini memiliki harga fantastis yang  terasa tak masuk akal untuk ukuran karya seni yang bisa dilihat oleh siapapun. Jika karya Muhammad Ghozali dihargai 1,5 miliar saja sudah bisa bikin melongo, masih ada banyak NFT lainnya yang memiliki harga fantastis.

Dilansir oleh CNBC Indonesia, karya NFT termahal di dunia adalah The Merge dengan harga mencapai 91,8 juta USD atau 1,3 triliun, Everydays: the First 5000 Days (69,3 juta USD atau 991 miliar) dan Human One karya Beeple atau Mike Winkleman yang dihargai 28,9 USD atau 426 miliar.

Setelah mengetahui fakta NFT di atas apa kamu juga tertarik untuk membuat karya seni NFT?

18 comments for "Ini 4 Fakta NFT, Seni Digital yang Bikin Melongo"

  1. Kadang sy jg nggak ngerti sama yg mau invest ginian

    ReplyDelete
  2. Wahh...sangat informatif,terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  3. Informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak kakak informasinya 😍

    ReplyDelete
  5. Gak gerti jg gua sama yang kayak gininan

    ReplyDelete
  6. Terimakasih artikelnya Mba..

    Saya sebenarnya kurang paham dengan NFT. Buat apa ya? Maksudnya apa relevan untuk masyarakat indonesia?

    ReplyDelete
  7. NFT wah seru juga. Tapi kayanya bukan bidangku deh ini mah. Kalau kata Dedy Corbuzier, jangan asal ikut-ikutan. Rezeki Ghozali memang di situ.

    Kalau anak seni kayanya musti punya nih akun di NFT. Siapa tahu karyanya bisa melejit di sini.

    ReplyDelete
  8. Saya masih belum banget NFT ini kak, perlu belajar lebih banyak lagi. namun, sementara hanya untuk sekedar tahu saja sedangkan untuk investasi, nanti dulu deh setelah saya paham banget hehehe. Terima kasih sharingnya ya

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya penasaran banget buat ngikutin NFT ini terutama pas lagi booming-boomingnya kemaren, tapi sayangnya masih kurang paham sama konsepnya😭

    ReplyDelete
  10. Tahu NFT dari Ghozali yang viral karena berhasil mendapatkan pundi-pundi bermodal foto selfie tanpa ekspresi. Ada-ada aja ya tren di tahun 20ribuan ini :D

    ReplyDelete
  11. Wahh makasih mbak penjelasannya.. Makin ke depannya pasti banyak hal tak terduga ya mbak yang akan terjadi di trend dunia.. 🤭

    ReplyDelete
  12. Gini ya dampak puncak industri 4.0, Jujur aku sendiri masih belum paham sama yang namanya NFT dan kawan-kawannya, tapi udah lumayan tercerahkan sama tulisan ini. Thank you

    ReplyDelete
  13. Aku juga jadi kepo soal NFT gegara Ghozali, makasih ya mbak infonya

    ReplyDelete
  14. Dunia saat ini makin ada-ada saja ya mbak !

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya aku masih belum paham apa itu NFT , beberapa waktu terakhir jadi bahan obrolan dengan suami. ini aku baca ini sambil bertanya ke suami hehe

      Delete
  15. Aku baru menengok dan tahu NFT itu setelang booming selfienya Ghozali jadi cuan
    Masih baca-baca dan cari tahu, tapi belum tertarik untuk terjun

    ReplyDelete
  16. saya termasuk yang masih awam nih soal NFT dan sepanjang baca-baca sih belum tertarik untuk terjun juga. sepertinya masih jadul nih saya investasinya di seputar emas saja hahahaha... mungkin kalau sudah semakin paham dan ada modalnya boleh juga ya nanti ikut mencoba

    ReplyDelete