DIY Sabun Tradisional dari Abu Kayu, Bebas Bahan Kimia Berbahaya

Sabun merupakan salah satu hal urgent dalam kehidupan sehari-hari. Dalam ritual membersihkan tubuh, rasaya tak akan lengkap jika tanpa sabun. Sabun modern dengan berbagai manfaatnya tak lebih dari bahan kimia yang pastinya cukup menuai kontra.

Diy sabun tradisional abu kayu bakar
Ilustrasi sabun abu kayu bakar (youtube/Cooking with Dr. Chill)

Kamu yang ingin memulai pola hidup dengan mengurangi bahan kimia dalam kehidupanmu bisa mengambil langkh awal dengan membuat sabun homemade sendiri. Ada beberapa bahan nih, termasuk abu kayu.

Sabun berbahan abu termasuk jenis sabun tradisioanal yang telah digunakan berabad-abad sebelumnya. Kamu yang ingin membuat sabun satu ini, bisa lihat proses lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: 4 Produk Ini Jadi Solusi Ramah Lingkungan saat Menstruasi

Bahan sabun abu kayu

  • 1 cup tallow (lemak sapi)
  • 15 cup abu kayu 
  • 15-20 liter air lunak/ air galon/ air hujan

Preparasi alat dan bahan

Buat alat leaching sederhana untuk mengekstraksi abu kayu menjadi larutan basa (kalium hidroksida) dengan cara berikut:
  1. Siapkan ember plastik bekas cat berukuran 20 liter atau sedikit lebih besar.
  2. Buat satu lubang di bagian tengah bawah ember seukuran jari telujuk. 
  3. Isia ember dengan kerikil di bagian dasarnya, diikuti dengan rumpur kering atau jerami.
  4. Setelah itu beri kayu di lubang bawah ember agar larutan nantinya tidak langsung mengucur dan dapat terektraksi dengan sempurna. Biasanya air yang jatuh hanya dalam bentuh titik-titik air yang berjalan lambat.
  5. Dari segi bahan, gunakan abu dari kayu yang keras, bukan lunak, karena hal ini akan mempengaruhi kualitas larutan basa nantinya. 
Untuk menyiapkan abu bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Siapkan abu hasil pembakaran.
  2. Ayak abu hingga didapatkan abu yang benar-benar halus, berwarna putih perak dan pastinya terpisah dengan arang-arang kecil yang mengikut.
  3. Lakukan pengayakan hingga mendapatkan abu sekitar 15 cup atau lebih.

Cara membuat sabun abu kayu

  1. Panaskan air hingga mendidih kemudian diamkan sebentar saja.
  2. Buat larutan basa dengan cara menaruh abu kayu di bagian atas jerami di dalam alat ekstraksi leaching sederhana. Kemudian tuang air panas ke dalamnya secara perlahan. Tungga hingga air mengekstraksi basa pada abu. Proses ini bisa berlangsung  semalaman.
  3. Didihkan larutan asam dalam kuali stainless steel hingga volumenya berkurang menjadi 3/4 cup dan larutan yang baik yaiut ber-PH 13.
  4. Lelehkan lemak sapi dalam kuali yang berbeda kemudian perlahan masukkan larutan asam abu secara perlahan sambil terus diaduk hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih aduk larutan sekitar 3 menit lagi hingga membentuk seperti bubur tanpa gumpalan.
  6. Gunakan api kecil hingga adonan tidak lagi mendidih dengan suhu menjadi hangat berkisar 38-40°C. Jaga suhu agar tetap hangat.
  7. Aduk terus adonan selama 1 menit, diamkam beberapa menit, kemudian aduk kembali hingga warnanya konsisten kuning kecoklatan.
  8. Tuang adonan kental dan lembut sabun ke dalam cetakan, diamkan selama 7 hari hingga membentuk sabun.

Tips membuat sabun abu kayu

  • Hindari menggunakan alat masak aluminium karena dapat bereaksi dengan larutan.
  • Tambahkan aroma yang kamu sukai ke dalam adonan sabun sebelum dicetak jika diinginkan.
  • Jika larutan sabun tidak mengental tambahkan garam dengan perbandingan 1/2 sdt setiap 450 gr lemak yang kamu gunakan. Maksimal 3 sdt setiap takarannya.
  • Jika campuran terlalu berminyak, berarti jumlah lemak terlalu banyak, karenanya tambahkan lebih banyak larutan asam abu kayu.
  • Selain tallow, kamu bisa menggunakan jenis lemak lain seperti minyak.
  • Jika adonan sabun dalam cetakan yang telah kamu buat memiliki kandungan air berlebih setelah didiamkan semalaman, saring adonan sabun menggunakan kain lalu taruh kembali ke dalam cetakan.
  • Test sederhana untuk mengetahu PH larutan basa yang baik adalah dengan menggunakan telur, jika telur mengapung maka PH-nya cukup tinggi.

Membuat sabun secara tradisioanl mungkin terlihat susah di awal terutama dalam menyiapkan alat ekstraksi. Akan tetapi, kamu hanya perlu susah satu kali saja karena alat tersebut bisa kamu gunakan berkali-kali. 

Sangat cocok digunakan sebagai sabun sehari-hari, sabun tradisional abu kayu di atas dapat jadi alternatif sehat buat menghindari paparan bahan kimia berlebih dalam tubuh. Ayo kreasikan sabun abu di atas!

Artikel Menarik Lainnya

Post a Comment for "DIY Sabun Tradisional dari Abu Kayu, Bebas Bahan Kimia Berbahaya"