Review Buku: Menjadi Pribadi Tangguh karya Agusman 17an

buku-menjadi-pribadi-tangguh-cover.webp


Buat kamu yang lagi down dan pengen dimotivasi, bisa banget lho baca buku Menjadi Pribadi Tangguh karya Agusman 17An. Meskipun di klaim sebagai buku motivasi islam dosis tinggi tapi buku ini terbilang ringan kok. Kamu bisa mendapatkan banyak insipirasi, hikmah dan reminder untuk kamu dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak review buku Menjadi Pribadi Tangguh berikut ini!

1. Cover bernuansa terang dan ceria

buku-menjadi-pribadi-tangguh-sampul
Sampul dengan tulisan timbul Menjadi Pribadi Tangguh
"Don't judge a book by its cover."
Kalimat di atas mungkin sudah menjadi petuah yang banyak diterapkan dalam kehidupan. Tapi serius, cover buku itu penting untuk menarik perhatian pembaca terlebih dahulu. Cover buku Menjadi Pribadi Tangguh ini memiliki nuansa ceria dengan perpaduan warna kuning, orange dan biru, terlihat eye catching.

Tulisan judul pada cover juga dicetak timbul jadi terkesan berkualitas. Hal tersebut juga bisa jadi salah satu faktor pembeda antara buku asli dan buku bajakan (kalau ada yang membajak, tapi semoga saja tidak ya).

Cover bagian belakang ada ISBN pastinya, barcode untuk aplikasi Solusi Buku (mungkin kerjasama dengan Solusi Buku dalam hal pemasarannya), ada pula potongan ayat Al-Qur'an yang bisa dijadikan reminder, sepatar kata pengingat tentang menjadi manusia tangguh dan beberapa judul bab dalam buku tersebut.
Samapi di sini sudah tertarik belum dengan bukunya?

2. Relate sama kehidupan nyata

buku-menjadi-pribadi-tangguh-daftar isi
daftar isi Menjadi Pribadi Tangguh

Setelah mengulik cover, lanjut ke bagian penting yakni isi. Buku ini memiliki 27 bab dengan total 228 halaman + ix halaman pembuka. Dilihat dari beberapa judul bab, kamu mungkin bakalan bilang, "kok ini sesuai sama masalahku" atau "mungkin tips ini yang kucari", begitulah mungkin persepsi kamu saat melihatnya.

Kamu yang belum menikah, belum atau sefang lelah bekerja, diremehkan, atau pu kecewa boleh banget baca buku ini. Di dalamnya ada bab tentang hal-hal tersebut yang dirangkum baik dengan pengalaman pribadi maupun cerita fiksi yang relate sama kehidupan.

3. Bacaan ringan dan mudah dipahami

buku-menjadi-pribadi-tangguh-ilustrasi
Ilustrasi menarik Menjadi Pribadi Tangguh

Buku motivasi terkadang terlalu belibet untuk dipahami, tapi banyak juga yang ringan untuk dibaca, contohnya buku ini. Tak jarang penulis juga menyajikan pengalaman pribadinya lho, di tengah isi bab biasanya ada kutipan yang ngena di hati, serta ilustrasi yang buat isi buku tidak terlalu monoton jadi lebih asyik buat dibaca.

Tak lupa di akhir bab ada kalimat penyejuk yang menjadi kesimpulan dari isi bab. Untuk ilustrasi sendiri disajikan tanpa warna jadi nampak minimalis.

4. Memotivasi, bukan menggurui

buku-menjadi-pribadi-tangguh-petuah
Petuah di akhir bab Menjadi Pribadi Tangguh

Beberapa bab yang berisi pengalaman pribadi penulis tak lantas membuat buku ini terkesan menggurui malah lebih menitikberatkan bagaimana di menyikapinya, kamu bisa menemukan humor sense dari dang penulis juga. Selain itu, ada beberapa kisah orang lain yang mengaitkan sang penulis serta orang mukin terdahlu seperti Hasan Al-Bashri sehingga pelajaran yang diambil pun tak hanya dari kehidupan penulis saja.

Sebagai buku motivasi islami, tentu di dalamnya ada hadits dan ayat Al-Qur'an yang memotivasi untuk menjadi pribadi yang tangguh yang pastinya relate sama cerita ya, bahkan ayat yang disajikan pun sangat mengena di hati.

5. Kritik dan saran

buku-menjadi-pribadi-tangguh-kritik saran
Kritik dan saran Menjadi Pribadi Tangguh

Dari keseluruhan buku, mungkin ada beberapa kritik dan saran dari buku Menjadi Pribadi Tangguh ini.
  • Ada satu hadits yang disampaikan tetapi setelah saya telusuri dari beberapa sumber ternyata itu bukan hadits, ada yang mengatakan bahwa itu perkataan sahabat.
"Sebaik-baik kamu adalah hari ini lebih baik dari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini."
  • Illustrasi yang ada di dalam buku terkadang berisi makhluk bernyawa yang sempurna, dalam islam justru hal itu dilarang jadi alangkah lebih baik jikalu ilustrasi demikian tidak ada. Adapun hadits yang menyebutkan larangan tersebut sebagaimana berikut.
“Barangsiapa yang di dunia pernah menggambar gambar (bernyawa), ia akan dituntut untuk meniupkan ruh pada gambar tersebut di hari kiamat, dan ia tidak akan bisa melakukannya” (HR. Bukhari dan Muslim).
Menjadi pribadi tangguh, tentu ini menjadi salah satu tujuan hidup sebagai manusia, apalagi pribadi tangguh di sini dilandaskan pada nilai-nilai islam yang haq atau benar. Jadi sudahlah sepantasnya seorang muslim senantiasa memperbaiki diri, salah satunya dengan membaca buku Menjadi Pribadi Tangguh.

Buku satu ini juga bisa memotivasi kamu untuk menjadi produktif di mana dalam setiap aktivitas dilandaskan untuk ibadah kepada Allah, menambah wawasan dan melipatgandakan pendapan. Intinya akhirat dan dunia selaras dengan landasan keimanan, gimana tertarik dengan buku Menjadi Pribadi Tangguh?

3 comments for "Review Buku: Menjadi Pribadi Tangguh karya Agusman 17an"

Comment Author Avatar
Cara mba ngulas buku agak beda ya, keren, aku suka. Jadi tetap baca buku denga cerdas alias tetap di cek dulu kebenaran hadits yang ada di situ.
Comment Author Avatar
keren kak, cara kakak mengulas bukunya berbeda dan gak terlalu banyak spoiler tentang isi bukunya.. jadi tertarik untuk beli buku ini juga
Comment Author Avatar
Buku inspirasi yang didasarkan dari kisah nyata penulisnya yang telah berhasil melewati rintangan dalam hidupnya memang biasanya terasa beda vibrasinya lebih kena di hati :)