Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Pepustakaan Bergaya Modern, Terbesar dan Terindah Dunia

Tianjin Binhai Library/mvrdv.nl

Mendengar kata 'perpustakaan' sepertinya bukanlah hal yang menyenangkan untuk dikunjungi. Namun, moderen ini, ada begitu banyak perpustakaan yang dirancang sedemikian rupa agar terlihat menarik dan nyaman ditempati.

Nah, berikut ada 7 perpustaakan bergaya moderen yang indah bahkan termasuk yang terbesar di dunia.

1. Starfield Library, Korea Selatan

Starfield Library, Korea Selatan/pinterest.com

Siapa yang nggak kenal dengan perpustakaan satu ini? Pasti deh sering muncul di instagram kamu, pasalnya perpustakaan satu ini begitu unik dengan area yang menyatu dengan mal. Dilansir dar Travel Stained, perpustakaan ini memiliki dua lantai dengan luas 2800 meter persegi, 50 ribu buku memenuhi 3 rak yang menjulang ke langit-langit serta sekitar 600 majalah dalam dan luar negeri.

2. Stuttgart City Library, Jerman

Stuttgart City Library, Jerman by archdaily.co

Masuk ke Eropa, ada Stuttgart City Library dengan luas area 3201 meter persegi yang memajang nuansa putih minimalis. Dibuka pada 21 Oktober 2011, bangunan ini dirancang oleh Yi Architects. 

3. Bibliotheca Alexandrina, Mesir

Bibliotheca Alexandrina, Mesir by arabcount.com

Memasuki daerah gurun yang kaya akan sumber daya mineralnya, memang tak jarang ditemukan bangunan megah dengan arsitektur menarik nancanggih. Salah satunya yakni Bibliotheca Alexandrina Libraries di mana perpustakaan ini terdiri dari 6 perpustakaan dengan spesialis masing-masing, mencakup Perpustakaan Seni dan Multimedia, Perpustakaan Anak, Perpustakaan Kaum Muda, Bagian Pengarsipan, Bagian Buku Langka dan Perpustakaan Taha Hussein yang dikhususkan untuk penyandang tunanetra.

4. Biblioteca Vasconcelos, Meksiko

Biblioteca Vasconcelos, Meksiko by atlasboscura.com

Memiliki gaya industrialis dengan struktur monoton dari baja, beton dan kaca ini sangat cocok untuk menggambarkan perkotaan meksiko yang moderen dan padat. Tapi jangan salah, perpustakaan yang memiliki luar area 38091 meter persegi ini juga memiliki botanical garden di areanya.

5. Tama Art University Library, Jepang

Tama Art University Library, Jepang by pinterest.com

Sesuai namanya,perpustakaan ini adalah bagian dari Tama Art University yang berada di Tokyo, Jepang. Dilasir dari Klcbs.net, Toyo Ito yang merupakan arsitek dari perpustakaan ini menginterpretasi rancangannya serupa gua modern. Jadi bisa dibilang bawa jendela lebar ini menyerupai bentuk pintu gua.

6. The Tianjin Binhai Library, China

The Tianjin Binhai Library, China by mvrdv.nl

Meski bukan yang terbesar di China, perpustakaan yang memiliki nickname 'The Evil Eye' ini terlihat sangat instagramable dengan arsitekturnya yang memiliki tema bulat dengan suasana minimalis nan moderen. Perpustakaan ini mampu menampung  1,2 juta buku. Namun, jangan kaget ya ketika kamu berkunjung pajangan buku di gedungnya hanya berupa stiker, hal ini dikarenakan oleh adanya isu keamanan.

7. Royal Danish Library, Denmark

Royal Danish Library, Denmark

Berada di urutan ke-10 sebagai perpustaan terbesar dunia, Royal Danish yang berada di daerah Copenhagen, Denmark ini memiliki sekitar 36,975,069 buku fisik,
2,438,978 buku elektronik pada 2017. Meskipun terlihat sangat moderen, perpustakaan ini dibangun pada 1648 oleh Raja Frederik III dan mulai dibuka sejak 1793.

Dari 7 perpustakaan di atas, mana nih yang masuk bucket list tempat yang harus kamu kunjungi?

16 comments for "7 Pepustakaan Bergaya Modern, Terbesar dan Terindah Dunia"

  1. Stuttgart City Library Jerman the best 😍

    ReplyDelete
  2. "Mendengar kata 'perpustakaan' sepertinya bukanlah hal yang menyenangkan untuk dikunjungi." Kebalikan banget sama sayaaa (dan kak Allamanda juga sepertinya yaa?). Ke perpus kecil aja saya suka, apalagi ke perpus seperti ini! Mupeng bgt! Selagi suasanya hening dan tertib, serta sejuk, pokoknya saya menyukai perpus itu deh.

    ReplyDelete
  3. "Mendengar kata 'perpustakaan' sepertinya bukanlah hal yang menyenangkan untuk dikunjungi." Kebalikan banget sama sayaaa (dan kak Allamanda juga sepertinya yaa?). Ke perpus kecil aja saya suka, apalagi ke perpus seperti ini! Mupeng bgt! Selagi suasanya hening dan tertib, serta sejuk, pokoknya saya menyukai perpus itu deh.

    Itu gimana cara ngambil bukunya ya, yang di Korsel?
    Itu gimana interirnya ya, yang Mesir?
    Yang Denmark sekilas tampak seperti koskosan. hahaha, inspiratif!

    ReplyDelete
  4. Kapan ya perpustakaan daerah buka lagi, kangen ke perpus di kota ku yang baru buka eh keburu corona. Pengen explore perpustakaan di seluruh dunia juga deh, walau belum ngerti bajasanya tapi kayaknya bisa caro majalah atau buku bergambar lol

    ReplyDelete
  5. Keren-keren yaa. Lama.gak berkunjung ke Perpus euyy hehe

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah cakep banget ini Perpustakaannya, pasti betah banget dehya nongkrong dimari.
    tapi ya itu Perpus China unik banget ya, hanya menyuguhkan stiker aja? Jadi kalau mau baca sinopsi dsbnya via digital dulu kali ya, penasaran deh, unik! :)

    ReplyDelete
  7. Perpustakaan itu tempat yang suda kukunjungi Kak. Lihat 7 perpustakaan ini, duh bikin mau masuk kesana semua....kapan ya???

    ReplyDelete
  8. Pengen semuaaa huehehe
    Kerennn
    Tp perpusnas sendiri sebenerny ga kalah bagus sih

    ReplyDelete
  9. Baru tahu, beberapa perpustakaan di luar negeri didesain unik dan sekeren itu. Deh mupeng banget aku liat gambarnya, jadi berasa pengen jalan-jalan ke sana

    ReplyDelete
  10. wah perpustakaannya cakep banget. penasaran aku yang di korsel itu gimana cara ambil bukunya? haha. tapi aku suka nih sama perpustakaan yang di denmark soalnya kesannya homey gitu

    ReplyDelete
  11. Megah ya... Bikin betah lama-lama baca kalo nyaman ruangannya. Auto kalap pengen baca banyak buku hehe

    ReplyDelete
  12. Perpusnas masuk terbesar Asia Tenggara ngga sih? Sedih euy, Mexico aja punya

    ReplyDelete
  13. Udah lama banget aku gak ke perpustakaan nih. Tapi aku paling suka perpustakaan yang di Mexico,bisa muat banyak buku ya,hehe. pengen kemari ah Biblioteca Vasconcelos,semoga pandemi lekas usai . amiin.

    ReplyDelete
  14. Ngomong-ngomong tentang perpus jadi kangen duduk dan baca buku di perpus..

    Peepusnya bagus-bagus ya mbak! Tapi penasaran saya tapi gimana cara ambil bukunya itu?.. he.. he..

    ReplyDelete
  15. Paling simpel perpustakaan dari Jepang, yang lain aq mikirnya ketinggian, kalau mau ambil baca buku itu gimana hehe

    ReplyDelete