5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Liburan ke Turki

Liburan ke Hagia Sophia, Turki

Sejauh sejarah yang kaya dan beragam, tidak mengherankan bahwa Turki adalah salah satu tempat peleburan budaya yang paling hidup dan menarik di dunia. Negara ini terletak di antara Asia, Eropa dan Timur Tengah. Istanbul, Turki adalah satu-satunya kota di dunia yang mengangkangi dua benua. 

Asia Kecil atau Anatolia telah menjadi rumah bagi banyak kelompok sejarah penting sepanjang sejarah; dari Het ke Yunani, Romawi ke Bizantium dan Ottoman. Hampir setiap kota yang kamu kunjungi di negara yang luas ini akan menjadi rumah bagi reruntuhan kuno dari satu dinasti atau lainnya.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Turki sebelum menginjakkan kakimu di tanah tersebut.

1. Bahasa apa digunakan di Negara Turki?

Belajar Bahasa saat Berkunjung ke Turki

Bahasa Turki adalah satu-satunya bahasa nasional Turki dan merupakan literasi modern dari bahasa Turki Kuno-Anatolia sejak ribuan tahun yang lalu. Bahasa Arab tidak digunakan secara luas di negara ini, tidak seperti di sebagian besar Timur Tengah, namun bahasa Turki berbagi sejarah dengan bahasa tersebut. 

Di zaman Ottoman, banyak kata dalam bahasa Turki berasal dari bahasa Arab dan sebelum tahun 1928, bahasa Turki ditulis dalam aksara Arab. Saat ini, alfabet Turki menyerupai alfabet Romawi modern, dengan beberapa vokal dan konsonan tambahan. 

2. Apakah saya memerlukan visa?

Traveling ke Turki Pakai Visa
Traveling ke Turki Pakai Visa/unsplash.com

Tergantung. Banyak negara Amerika Latin, Eropa Timur dan Afrika dibebaskan dari persyaratan visa, tetapi bagi banyak orang barat, seperti dari Australia, Amerika Utara dan Inggris, diperlukan untuk masuk. Indonesia sendiri dibebaskan visa saat traveling ke Turki.

Namun, untuk mengonfirmasi apakah kamu memerlukannya atau tidak, buka halaman 'Turki' di situs urusan luar negeri negaramu. Aplikasi sekarang dapat dilakukan secara online dalam hitungan menit dan kisaran harga, tergantung pada negara asal kamu.

3. Kapan di tahun ini saya bisa berangkat?

Berkunjung ke Hagia Sophia, Turki

Turki memiliki iklim yang sangat bervariasi, dengan musim panas yang panas dan musim dingin yang membekukan. Suhu spesifik berkisar di seluruh negeri, menjadikan Turki tujuan sepanjang tahun. Musim panas mungkin yang terbaik jika kamu ingin pergi ke pantai dan berlayar, tetapi bisa menjadi terlalu panas bagi sebagian orang yang ingin menjelajahi situs-situs tersebut.

Perjalanan musim dingin adalah kesempatan luar biasa untuk melihat puncak Cappadocia yang diselimuti salju atau menikmati masakan musim dingin yang unik di Istanbul. Jika tidak, April, Mei, September, dan Oktober adalah bulan-bulan yang lebih ringan untuk bepergian.

4. Apakah biaya untuk bepergian ke Turki itu mahal?

Biaya Traveling ke Turki Murah
Biaya Traveling ke Turki Murah/unsplash.com

Jawabannya singkat: tidak. Sementara biaya bervariasi secara dramatis antara kota-kota besar dan desa-desa kecil, harga liburan di Turki umumnya jauh lebih rendah daripada Eropa atau Amerika.
 
Contohnya saja, kamu dapat membeli jajanan khas apa pun dari $ 1 hingga $ 30, tergantung pada apakah kamu makan jajanan di pinggir  jalan atau sesuatu yang lebih gourmet. 

5. Apa mata uang yang digunakan di Negara Turki?

Mata Uang Lira Turki
Mata Uang Lira Turki/unsplash.com

Mata uang Turki adalah Lira Turki (₺TRY) dan tersedia dalam 5, 10, 20, 50, 100 dan 200 uang kertas. Nilai Lira diketahui fluktuatif dan saat ini sedang mengalami tingkat inflasi yang tinggi, sehingga lebih murah dari biasanya bagi wisatawan. Periksa konverter mata uang langsung untuk mengetahui nilai persisnya terhadap mata uang lokal.

Penutup


Demikian hal-hal yang harus kamu tahu sebelum mulai atau memutuskan untuk traveling ke Turki. Sebenarnya terlepas dari Turki, hal-hal ini bisa kamu terapkan ketika ingin traveling atau berkunjung ke negara-negara lainnya. Seperti; Bahasa, Visa, Budget, Mata Uang, dan Waktu yang pas untuk berkunjung.

Baca juga:

Post a Comment for "5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Liburan ke Turki"