Mendobrak Stereotip, Hanya 4 Chef Wanita di Abad Ini yang Raih Tiga Bintang Michelin

Chef plating

Wanita yang seringkali dilabeli harus 'pintar masak' adalah stereotip yang hingga kini terus berkembang di kebanyakan daerah. Stereotip ini bahkan dianggap sebagai salah satu budaya patriarki yang mengekang banyak wanita. Namun, kenyataannya di dunia Culinary Art atau Seni Kuliner hanya sebagian kecil wanita yang menggelutinya. 

Dikutip dari UN Women bahwa hanya sekitar 4% chef wanita yang mampu meraih bintang Michelin dari banyaknya restoran berbintang Michelin di dunia. Pada abad ke -20 ini bahkan hanya ada 4 orang chef wanita yang meraih tiga bintang Michelin dan 14 chef wanita sepanjang sejarah, selebihnya adalah laki-laki.

Ngomong-ngomong ada yang tahu Michelin Star itu apa? Ya, Michelin Star adalah label atau penghargaan kepada restoran beserta chef terbaik dunia. 

Langsung saja, berikut empat chef wanita inspiratif di dunia Seni Kuliner.

1. Dominique Crenn (2019)

Wanita kelahiran 1965 ini adalah salah satu dari sekian banyak chef asal Perancis. Namun pada tahun 1980-an iya pindah ke Amerika Serikat untuk meningkatkan aspirasinya dalam dunia kuliner. Hal inilah membawanya meraih pengahargaan tiga bintang Michelin pada tahun 2019 atas retorannya bernama  Atelier Creen di San Fransisco, California.

Pada tahun 2012 ia juga sempat mendapat penghargaan dua bintang Michelin.

2. Carme Ruscalleda (2009)

Memiliki nama lengkap Carme Ruscalleda i Serra ini lahir pada Mei 1952 di Sant Pol de Mar, Spanyol. Meraih tiga bintang Michelin pada tahun 2009 lalu, ia pun banyak menerima pengargaan di bidang Culinary Art seperti National Gastronomy Award from the Spanish Academy of Gastronomy (1998), Gold Medal for Merit in Fine Arts (2007), Turespaña Award for Innovation and Creativity (2010).

Memulainya bersama sang suami, Carme membuka restoran pertamanya yang bernama Sant Pau-Carme Ruscalleda pada tahun 1988 di Spanyol kemudian terus mengembangkannya hingga ke negara lain. Tahun 2004 lalu Carme pun membuka restoran Sant Pau de Tòquio di Jepang.

3. Annie Shopie Pic (2007) 

Masih chef asal perancis, Anne Shopie Pic ini juga meraih tiga bintang Michelin, yang berbeda adalah Anne mendapatkan kesempatan tersebut di negara asalnya, Perancis.

Maison Pic, restoran Anne ini terletak di bagian tenggara Perancis. Tak tanggung-tanggung Anne ini masuk ke dalam jajaran chef wanita terbaik dunia oleh  The World's 50 Best Restaurants pada tahun 2011.

4.Clare Smith (2006)

Pernah bekerja di Restoran Gordon Ramsay yang juga memiliki bintang Michelin adalah keberuntungan tersendiri untuk Clare Smith. Gordon Ramsay sendiri adalah restoran milik chef ternama di Inggris yakni Gordon Ramsay. Di tempat tersebutlah Clare mendapatkan predikat tiga bintang Michelin.

Merasa cukup untuk bekerja di Gordon Ramsay Restaurant sejak tahun 2002 hingga 2016, Clare akhirnya memutuskan untuk membuka restorannya sendiri, Core by Clare Smyth, pada tahun 2017 di Kengsington Park Rd, London.

Nah, itu dia 4 orang chef yang berhasil raih tiga bintang Michelin. Dasarnya bukan hanya perempuan yang harus dituntuk jago masak tetapi laki-laki pun. Kenapa demikian? Karena hakikatnya memasak sendiri ialah kemampuan dasar seorang manusia untuk bertahan hidup. Sekian,  semoga menginspirasi.

35 comments for "Mendobrak Stereotip, Hanya 4 Chef Wanita di Abad Ini yang Raih Tiga Bintang Michelin"

Comment Author Avatar
Sebagai orang yang memang memiliki renjana di memasak, mendapatkan bintang Michelin, pasti jadi prestasi dan kebanggaan tersendiri. Kayak saya yang pengen dapatkan piala citra atau bisa oscar, mimpi dulu, hehehe. Saya langsung penasaran seenak apa masakan koki wanita tersebut
Comment Author Avatar
Sama, saya juga penasaran sama masakan mereka heheh
Comment Author Avatar
Wow, akhirnya ada ulasan keren begini. Saya tuh sering dengar istilah Michelin dari drama Tiongkok yang saya tonton. Tiap ada adegan makan mewah atau memuji masakan yang top selalu dibilang "Michelin", saya simpulkan ini mungkin maksudnya restoran yang enak banget masakannya. Ternyata benar.

Kenapa banyakan chef tu laki-laki ya Kak? Anyway dari semua nama, Gordon Ramsey saja yang saya tahu hehe
Comment Author Avatar
Terima kasih apresiasinya. Btw sy jg belum tahu knp kebanyakan chef laki-laki (. ❛ ᴗ ❛.)
Comment Author Avatar
Yeay sepakat banget sama pernyataan
"Karena hakikatnya memasak sendiri ialah kemampuan dasar seorang manusia untuk bertahan hidup". Mau laki mau perempuan, sama aja. Untung suamiku punya pandangan yg sama dg aku. Jd dia malah lebih sering masak drpd aku🤣
Comment Author Avatar
Sama mba, suamiku jg pandangan.y kebuka jd nggak nuntut banyak 😅
Comment Author Avatar
kapan ya Chef wanita Indonesia juga bisa masuk dalam penghargaan begini.
tapi kebanyakan Chef sih memang pria ya, membuktikan bahwa masak itu memang kemampuan yang harus dimiliki oleh semua orang tuk bertahan hidup.
Comment Author Avatar
Chef wanita Indonesia juga nggak kalah keren sih kayak.y bakalan dapat Michelin jg nanti
Comment Author Avatar
Memasak memang kemampuan dasar manusia untuk bertahan hidup, ya mbak.
Ketrampilan mengolah masakan yang ada, membuat manusia survive disetiap kondisi, meski di hutan sekalipun kali ya mbak, hehe.
Comment Author Avatar
Wah Gordon Ramsay membawa berkah untuk Clare Smith ya, pastinya tidak hanya soal itu, dia memang memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya karena memang memiliki kemampuan dalm hal masak memasak
Comment Author Avatar
Berkah jg buat Cordin Ramsay karena pernah punya chef hebat di restorannya
Comment Author Avatar
Keren ya mereka? Hanya empat wanita, kebayang bagaimana rasa masakan mereka. PAsti uenaak banget.
Comment Author Avatar
Sy jg penasaran sama rasa masakan mereka mba
Comment Author Avatar
Pengetahuan baru nih buat saya, yap baru tahu ada istilah Michelin Star ini dan ternyata yang berhasil meraih bintang 3 itu baru 4 wanita di dunia. Sayangnya belum ada juga wanita Indonesia yang mewakili atau memang penghargaan ini khusus wanita Eropa saja?
Comment Author Avatar
Ini untuk seluruh dunia, ada sih setau aku restoran di indonesia yg dapat michelin tapi kalau chef wanita belum ada
Comment Author Avatar
betul banget bahwa memasak merupakan suatu kemampuan dasar manuasia untuk bertahan hidup..
tapi untungnya sekarang bisa order gofood, jadi ga bisa masak bisa jajan.. wkwwk #becanda :p
Comment Author Avatar
anak buah Gordon Ramsay pun dapat tiga bintang Michellin. ini membuktikan bahwa bos yang hebat secara langsung akan menjadikan anak buahnya menjadi hebat juga.
Comment Author Avatar
Setuju dengan pernyataan terakhir, tapi sayangnya saya sudah belajar masak dengan seorang chef pun tidak berbakat untuk memasak. hiks..
Comment Author Avatar
moga aja nanti ada yang berasal dari Indonesia gitu, siapa tau kan ada chef renata kan bikin kita makin bangga
Comment Author Avatar
Fakta yang mengejutkan, stereotip wanita harus jago masak memang biasa terdengar di lapisan masyarakat.

Tapi setelah mengetahui bahwa hanya sedikit yaitu 4% saja yang mendapat bintang michelin, maka memasak juga penting dan perlu dimiliki oleh laki-laki.

Terima Kasih informasinya Kak.
Comment Author Avatar
Hebat bisa mendapatkan bintang michelin. Pasti masakanya uenak poll, duh jadi pingin nyicipin masakanya.
Comment Author Avatar
kalau bicara stereotip wanita yang harus pandai memasak itu lebih serat unsur filosofisnya kayaknya kak. jadi konteks yang tersirat dari kalimat tersebut buka pada kalimat memasaknya, tapi lebih kepada mengatur keluarga. makanya tidak heran jika menjadi seorang chef pun tak harus wanita
Comment Author Avatar
Kirain ada dari Indonesia hihihi.. Wah cuma 4 cewek. Mmg lebih bnyk cowok ya, profesi chef skrg
Comment Author Avatar
Memasak itu adalah skill yang genderless, bukan hanya untuk perempuan. Memasak adalah kemampuan bertahan hidup :D Karena kebanyakan chef-chef di restoran ternama itu malah laki-laki kan ya.. Ternyata ada juga chef perempuan yang meraih michelin star.
Comment Author Avatar
Sampai saat ini saya sudah bisa memasak nasi dan goreng telor. Kalau bosen bisa lah diganti/ditambah kecap atau garam. Saya kira cukup untuk bisa bertahan hidup ditambah bantuan gofood. Hehe.
Comment Author Avatar
Rupanya stereotype yang menganganggap bahwa wanita harus pinter masak ga berlaku ya kak. Buktinya, peraih Michwlin Star hampir semuanya laki-laki. Untung aja ada cewwknya ini. Makasih ulasannya menambah wawasan banget.
Comment Author Avatar
Wah, baru tau nih sama nama-nama ini.. Kalau ada penghargaan seperti ini tentu yang dicari adalah para chef nya nih agar bisa mencoba masakannya di restoran itu.. Keren banget..
Comment Author Avatar
Wooooow.... predikat tiga bintang Michelin didapat di restorannya Gordon Ramsa.

Wah. Pasti bukan main nih kualitasnya si Clare
Comment Author Avatar
Saya suka dengan dua kalimat terakhir. Semoga ke depannya ada yang dari Indonesia kak. Terima kasih sudah berbagi.
Comment Author Avatar
Keren banget yaa. kira-kira nih kalau misal ibuku ikutan michelin star bisa dapet gak ya kwkwwk soalnya masakan beliau gapernah ada yg ga enak huhu
Comment Author Avatar
Penghargaan yang bisa dibanggakan, hanya beberapa saja yang dapat mencapainya, baru tau ada penghargaan semacam itu, semoga menjadi motivasi dan inspirasi.
Comment Author Avatar
Hanya empat wanita , pasti kebanggaan tersendiri ya. Terima kasih mba
Comment Author Avatar
Saya baru denger tentang Michelin Star ini, dan ternyata di dunia memasak laki-laki juga bisa mendominasi ya, hanya 4 wanita yang mendapat penghargaan chef ini selebihnya laki-laki.
Comment Author Avatar
Waw, baru tahu info ini, Kak. Cuma empat wanita? Daebak!!! Ng,,, tapi kapan ya chef Indonesia ada yang nyantol di michelin star ini? :3