Resep Tart Kunafa Coklat Mini, Krispi-Lumer dalam Sekali Gigit

Kamu yang ingin menikmati dessert manis sekaligus krispi, bisa banget nih mencoba kunafa khas timur tengah. Ada berbagai macam kunafa yang bisa kamu coba, mislanya kunafa keju, kunafa s'mores atau pun kunafa coklat.

Resep Tart Kunafa Coklat Mini, Krispi-Lumer dalam Sekali Gigit
Tart kunafa coklat (youtube/Cooking Kisy)

Sekarang ini, bentuk kunafa telah banyak dikreasiakan, bisa berbentuk gulungan, kubus atau mini pie. Jadi, tampilannya pun lebih bervariasi dan pastinya sangat menarik perhatian untuk segera dicicipi.

Kunafa coklat mini dengan tambahan dulche de leche bisa jadi salah satu referensi mudah buat kamu yang ingin menikmati kelezatan kunafa. Untuk itu, berikut ini disajikan resep kunafa mini coklat yang mudah untuk kamu buat, let's check it out!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep Souffle Pancake Jepang, Lembut dan Fluffy Abis!

Bahan-bahan:

Bahan kue:

  • 300 gr kataifi pastry
  • 6 sdm mentega + 2 sdm untuk taburan
  • 3 sdm madu

Bahan isian:

  • 120 gr coklat hitam (unsweetened)
  • 250 gr dulche de dulce (susu konsentrat)

Topping:

  • 50 gr pistachio atau almond

Cara membuat:

  1. Gunting-gunting kataifi pastry hingga agak pendek. Jika tak memiliki kataifi pastry, kamu bisa membuatnya dari adonan phyllo yang diiris tipis menyerupai bihun.
  2. Lelehkan mentega hingga cair lalu tuang ke dalam kataifi pastry, tambahkan madu, aduk ketiga bahan tersebut hingga lengket satu sama lain.
  3. Siapkan loyang kue cupcake mini lalu masukkan sekitar 1-2 sdm adonan kue ke masing-masing lubang cupcake. 
  4. Tekan adonan dalam loyang menggunakan gelas kecil agar adonan berbentuk kawah dengan tekstur lebih padat. Jangan lupa, bersihkan pinggiran kue yang tercecer setelah ditekan.
  5. Tuang sedikit mentega cair di setiap adonan lalu panggang dengan adonan berubah warna kecoklatan dengan suhu 170°C sekitar 20 menit.
  6. Lelehkan coklat hitam kemudian campur dengan dulche de dulche hingga homogen dengan tekstur kental menyerupai selai atau pasta. Masukkan pasta coklat tersebut ke dalam piping bag silikon agar lebih mudah diaplikasin nantinya.
  7. Kunafa yang telah matang didinginkan terlebih dahulu agar teksturnya lebih padat dan crispy. Selanjutnya isi bagian tengah kunafa dengan pasta coklat yang telah dibuat sebelumnya. 
  8. Beri taburan pistachio, almond, kenari, atau pun kacang tanah cincang.

Resep Tart Kunafa Coklat Mini, Krispi-Lumer dalam Sekali Gigit
Tart kunafa berbagai isian (youtube/lana jrashi)

Nah, sekarang kamu bisa menikmati kunafa mini yang crispy dengan isian pasta coklat yang lumer. Jangan lupakan taburan pistachio yang bikin dessert satu ini jadi lebih gurih.  Selain coklat kamu juga bisa menggantinya dengan cream cheese atau selai lainnya. Membayangkan kelezatan di setiap gigitan kunafa rasanya tak akan cukup, jadi ayo kreasikan kunafa milikmu segera!

Baca Juga: Resep Tofu Chocolate Mousse dengan 3 Bahan, Unik!

12 comments for "Resep Tart Kunafa Coklat Mini, Krispi-Lumer dalam Sekali Gigit"

Comment Author Avatar
yummyyyyy mau bangett bikin
endeuus bgt ini pastinyaaa
sedappp pwooll
Comment Author Avatar
Agak mirip dengan cupcake. Kue ini pasti enak menemani saat bersantai sambil ngemil sore hari.
Comment Author Avatar
mini mini gini cocok masuk toples kue lebaran niih, atau jadi kue buat disantap saat makan bersama keluarga setelah salat idul fitri. Nyummmyyy!
Comment Author Avatar
Jadi penasaran dengan rasanya. Sepertinya saya dan anak-anak bakalan suka nih, pinggirannya gak terlalu padat seperti tart pada umumnya. Isiannya pun menggugah selera. Auto berburu, cari tahu dapat kataifi pastrynya di mana..
Comment Author Avatar
hmm yummy, kok jadi pengen ikutan buat ya, sepertinya mudah cara buatnya, beli pastry langsung bisa kan ya ? tinggal bei isian sesuai selera
Comment Author Avatar
Loh nyiapin bahannya cuma segini aja ya asal sudah punya kunaifi pastry. Coba aku cari kunaifi pastry dulu di marketplace
Comment Author Avatar
Bentuknya seperti pie ya, kayaknya enak jadi pingin praktek pas libur lebaran nanti soalnya ngak mudik nih. Topingnya bisa sesuai selera ya...cuss ah siapin bahan-bahannya.
Comment Author Avatar
Tart Kunafa Coklat Mini ini bisa dicoba
Enak sekali hap ya mbak
Bisa pilih toping sesuai selera ya
Comment Author Avatar
Ada yang jualan online ga sih mba wkwkwk, liat resepnya kok bahannya pada susah dicari jg
Comment Author Avatar
Wah ngiler banget aku tuh ..cuma lihat bahan terlalu ribet ada yang jual nggak ya tinggal laap
Comment Author Avatar
Kunafa ini kue dari Turki itu ya? Penasaran ini sama pastry nya nyari di mana ya? Kalau dilihat bentuknya kayak eggtart gitu ya
Comment Author Avatar
Jadi inget salah satu kue artis yang sempet beken itu..
Rasanya enak banget ya.. ngemil makanan menu internasional begini. Incip setiap detailing bahan dengan aneka rasa yang tercipta.