Resep Homemade Kaldu Jamur Bubuk, Cocok Jadi Pengganti Micin

Biasanya olahan dengan cita rasa gurih dan umami selalu menjadi masakan idaman keluarga di rumah. Untuk menciptakan rasa tersebut, penambahan MSG atau micin menjadi pilihan yang cukup lumrah. Akan tetapi, penggunaan produk MSG memiliki pro dan kontranya sendiri dalam dunia kuliner.

Resep homemade kaldu jamur bubuk untuk pengganti micin MSG
Kaldu jamur bubuk (youtube/Lowcarb Nocarb)

Kaldu jamur menjadi solusi yang lebih sehat untuk dijadikan penyedap rasa alami. Banyaknya produk kaldu jamur saat ini tentu menjadi pilihan praktis, namun akan lebih baik jika kamu membuatnya sendiri di rumah, dijamin tanpa pengawet, serta proses pembuatannya pun cukup simpel. Ayo deh, cek resep lengkap kaldu jamur di bawah ini.

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Resep Homemade Gari, Acar Jahe Pelengkap Sushi Jepang!

Bahan-bahan 

  1. 100 gr jamur shitake
  2. 100 gr jamur tiram
  3. 1 sdt garam
  4. 4 siung bawang putih

Cara membuat

  1. Bersihkan jamur dan bawang putih setelah itu tiriskan. Setelah itu, potong-potong jamur dan bawang putih.
  2. Keringkan kedua bahan tersebut menggunakan microve oven Sharp  bersuhu 60°C sekitar 4-7 jam atau dijemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa hari. Jangan lupa diaduk ya
  3. Haluskan jamur dan bawang hingga benar-benar halus menggunakan blender rempah Philips atau grinder rempah.
  4. Campurkan bahan halus dengan garam bubuk, simpan dalam toples kaca tutup kayu. Kaldu jamur siap kamu gunakan dalam masakanmu.
Resep homemade kaldu jamur bubuk untuk pengganti micin MSG
Kaldu jamur bubuk (youtube/Luvele Life)

Tips and tricks 

  1. Selain menambahakan garam,kamu bisa menambahakn rempah bubuk lainnya sesui selera dan kebutuhan.
  2. Selama proses pengeringan, pastikan untuk membolak-balik jamur baik menggunakan oven atau pun pengeringan langsung.
  3. Kamu bisa menggunakan satu jenis jamur saja, atau bahkan campuran beberapa jamur, jadi nggak mesti shiitake atau tiram saja.
  4. Agar lebih praktis kamu bisa menggunakan jamur kering dan bawang putih bubuk untuk membuat homemade kaldu jamur

Informasi gizi 

Dari resep di atas kamu bisa mendapatkan kurang lebih 8 sdm kaldu jamur di mana setiap 1 sendok makan dari kaldu jamur teresebut diestimasikan mengandung beberapa nutrisi sebagaiman tercantum di bawah ini.

  • Kalori 88 kkal
  • Sodium 291mg (13%)
  • Karbohidrat total 13.6g (5%)
  • Serat pangan 1.8g (6% )
  • Protein 4g
  • Kalsium 3mg
  • Zat besi 20mg (110%)
  • Kalium 6mg

Saran penyajian

Kaldu jamur sudah banyak sekali digunakan dalam berbagai macam masakan, rasanya yang gurih dan kaya akan glutamat alami menjadikan kaldu jamur telah menjadi pengganti micin atau MSG yang disinyalir lebih sehat dibanding MSG pada umumnya.

Untuk lebih khusus, kaldu jamur biasa dijadikan sebagai bahan penyedap olahan sup, kari, tumisan dab tambahan bumbu marinasi untuk daging. Pokoknya jika kamu ingin memberikan cita rasa yang gurih sekaligus lezat, patut untuk menambahkan kaldu jamur.

Tak perlu membeli kaldu jamur secara instan, kini kamu bisa membuatnya di rumah dengan proses yang mudah banget, apalagi bisa tahan sekitar 3 bulan meskipun tanpa pengawet buatan. Untuk itu, pastikan kamu mencoba resep homemade kaldu jamur bubu di atas, ya!

Baca Juga: Resep Tumis Rebung Jamur ala China, Cocok Jadi Menu Harianmu!

17 comments for "Resep Homemade Kaldu Jamur Bubuk, Cocok Jadi Pengganti Micin"

Comment Author Avatar
Terima kasih infonya, Mbak. Penyedap sebaiknya memang dikurangi untuk menghindari efek jangka panjang untuk kesehatan. Saya baru tahu kalau jamur ternyata bisa menjadi pengganti penyedap. Selama ini saya memang sudah doyan jamur, apalagi kalau ditambahkan ke sup. Nyam ... nyam.
Comment Author Avatar
Asyik kalau sudah tau resepnya begini jadi enggak perlu membeli kaldu jamur secara instan, kini bisa membuatnya di rumah dengan proses yang mudah . Makasih sharing-nya, Mbak
Comment Author Avatar
Aih keren ini resep home made kaldu jamur untuk penyedap rasa yang lebih natural rasanya di lidah.Ntar aku cobain bikin di rumah
Comment Author Avatar
Wah terima kasih banyak nih mbak untuk tipsnya, beneran bermanfaat. Selama ini biasa beli kaldu jamur jadi. Tar coba ah bikin sendiri, apalagi di pasar dekat rumah ada yang jual jamur juga.
Comment Author Avatar
selama ini saya pakainya kaldu jamur instan itu, mbak. ternyata bisa bikin sendiri juga ya di rumah kaldu jamur ini.
Comment Author Avatar
Udah beberapa bulan ini pakai micin jamur instan merk T. Harganya lumayan juga sih huhu. Setelah tau resep ini, kayanya perlu banget dicoba nih😎
Comment Author Avatar
Yup, aku juga sekarang lebih memilih menggunakan kaldu jamur dibandingkan micin
Biar lebih enak dan sehat
Comment Author Avatar
Dulu waktu MPASI anak juga pernah nyoba tapi karena mager akhirnya beli doang sekarang
Comment Author Avatar
Wah, kaldu jamur ini memang pas untuk pengganti gurih-gurihnya micin ya Mbak. Walau kebetulan saya sementara ini masih beli yang instan. Tapi dapat resep begini, jadi penasaran untuk coba buat sendiri ya.
Comment Author Avatar
ternyata bisa bikin dewe yaaa
baiklaaa kapan2 mau cobaaa
Comment Author Avatar
Oalah ternyata gini cara bikinnya, baiquelah akan saya coba. Tinggal beli jamurnya aja
Comment Author Avatar
Aku pake masak MPASInya si Safaraz nih
Biar lahap makannya habis sakit sempat GTM
Semoga sehat selalu dan resepnya berkah
Comment Author Avatar
Wow .. kaldu jamur alami bisa tahan hingga 3 bulan ya .. masya Allah .... alami, yakin dengan kualitasnya kalau buat sendiri seperti ini.
Comment Author Avatar
Kaldu jamur memang membuat makanan tetap terasa gurih nikmat tapi minim resiko karena terbuat dari bahan alami. Dulu pakai Kaldu jamur karena bikin makanan pendamping ASI. Kini terlupakan, hehehe.. Alhamdulillah diingetin lagi, mau stock juga.. terima kasih.
Comment Author Avatar
Gampang ya ternyata bikinnya. Sayangnya, aku nggak ada oven. Tapi gegara ini, aku jadi tahu gimana cara bikin kaldu bubuk.
Comment Author Avatar
Pengin bikin sendiri nih jadinya, bahan2nya gampang ya mbak. Ntar klo udah punya oven bisa lah coba bikin sendiri, biar lebih sehat ga pake micin lagi.
Comment Author Avatar
Belum pernah coba, karena saya masak di rumah gak pake penyedap. Kapan2 boleh coba lah pas ada acara di rumah