6 Jenis Mie Kuah Khas Vietnam, Patut Dicoba (+RESEP)

Saat cuaca sedang dingin biasanya kamu akan memikirkan tentang makanan yang segar, berkuah dan hangat. Nah, mie kuah tentu jadi salah satu opsi yang masuk kategori tersebut.

Mien ga vietnam, sohun kuah ayam
Ilustrasi mien ga (hocnaun.edu.vn)

Bosan dengan mie kuah yang itu-itu saja, kamu bisa nih cobain beberapa mie kuah asal vietnam. Ada beberapa di antaranya yang terbuat dari berbagai jenis mie seperti kwetiau, sohun, bihun atau mie tapioka.

Kuah yang disajikan pun berbeda-beda, nggak cuma kuah daging seperti sapi atau ayam tapi ada juga loh kuah tomat, kepiting, bahkan fermentasi ikan. Masing-masing kuah akan menciptakan aroma dan rasa khasnya masing-masing.

Di antara yang paling menarik juga dari mie vietnam ialah bahan pelengkapnya seperti tauge, daun herbal, rebung, atau lainnya. Kamu tinggal pilih nih mau jenis kreasi mie kuah seperti apa yang kamu inginkan. Berikut ini ada 6 jenis mie kuah vietnam yang bisa kamu cobain di rumah.

Baca Juga: Resep Stinky Tofu, Jajanan Tahu Busuk China yang Populer

1. Hu Tieu Ga (Kwetiau Ayam Kuah)

Resep Kwetiau Ayam Kuah ala Vietnam (Hủ Tiếu Gà)
Ilustrasi hu tieu ga (youtube/Chou Chou's Diary)

Resep: Hủ Tiếu Gà

Menikmati kekenyalan kwetiau dalam baluran kuah ayam yang gurih menjadi sebuah privilege tersendiri dalam kuliner vietnam. Di sisi lain, olahan kwetiau vietnam tak hanya menggunakan kuah ayam, tapi juga dikenal olahan Hu Tieu Nam Vang di mana kuahnya terbuat dari kaldu babi.

2. Bahn Canh (Mie Tapioka Kuah)

Resep Bahn Canh Ga, Mie Tapioka Kuah Ayam ala Vietnam
Ilustrasu Bahn Canh (youtube/Short N Sandals)

Resep: Bahn Canh

Bahn canh merupakan salah satu jenis mie khas vietnam yang terbuat dari tepung tapioka, tepung beras atau campuran keduanya. Tektur mie bahn canh cukup kenyal dan pastinya tebal atau besar, bisa dibilang hampir mirip dengan udon jepang.

Kaldu yang digunakan pada mie kuah ban canh memiliki tekstur yang cukup kental dibanding mie kuah pada umumnya, lebih mirip gravy dibanding kaldu cair. Biasanya kuah banh canh vietnam terbuat dari tulang ayam (bahn canh ga) atau seafood (bahn canh cua)

3. Pho (Mie Kuah Sapi)

Resep pho, mie kuah daging sapi khas vietnam yang super lezat
Ilustrasi pho (youtube/Co Ba Binh Duong

Resep: Pho

Pho (Phở, dibaca fuh), salah satu mie kuah asal vietnam yang sangat populer, bisa banget baut jadikan referensi menu mie kuah dengan cita rasa yang super sedap. Pho dikenal sebagai mie kuah dari sapi, akan tetapi sejatinya pho terbagi atas dua yakni pho ga (kuah ayam) or pho bo kuah sapi).

Berdasarkan isian atau bahan pelengkapnya, pho juga dibagi atas dua yakni pho nam (tambahan rempah, tauge, ikan, saus hoisin dan berbagai macam topping) serta pho bac (cita rasa sederhana dan tanpa daun herbal)

Baca Juga: Resep Menma Rebung, Topping Ramen Populer Jepang

4. Bun Mam (Mie Kuah Ikan Fermentasi)

Resep bun mam, mie kuah ikan fermentasi khas vietnam
Ilustrasi bun mam (youtube/ca ba binh duong)

Resep: Bun Mam

Perpaduan mie kuah dengan cita rasa asin, aromatik dan umami menjadikan Bun Mam sebagai hidangan perfect seafood combo asal Vietnam yang nggak boleh kamu lewatkan.

Bun mam ini berasal dari provinsi Soc Trang, Vietnam. Akan tetapi, ada juga kreasi Bun Mam yang disebut Bun Mam Da Nang, olahan ini berasal dari central Vietnam dengan karakteristik aroma yang tajam.

5. Bun Rieu (Mie Kuah Kepiting dan Tomat)

Bun rieu khas vietnam, mie kuah tomat
Ilustrasi bun rieu (youtube/Deana Thai)

Resep: Bun Rieu

Nikmati kelezatan mie kuah tomat ala Vietnam yang dipadukan dengan gurihnya seafood. Bun memiliki arti bihun (rice vermicelli) dan rieu berarti pasta kepiting atau bakso (udang/daging). Ada beberapa jenis bun rieu yaitu bún riêu cua (kepiting cincang), bún riêu cá (ikan) and bún riêu ốc (siput).

6. Mien Ga (Mie Ayam Kuah)

Mien ga vietnam, sohun kuah ayam
Ilustrasi mien ga (scruffandsteph.com)

Resep: Mien Ga

Mie kuah asal vietnam ini terbuat dari sohun, ayam beserta jeroannya, rempah serta herb sebagai topping.  Kamu mungkin cukup familiar dengan bahan tersebut, bahkan bisa dikaitkan dengan mie ayam vietnam lainnya tapi jangan salah bahannya cukup berbeda kok.

Ada banyak sekali mie kuah vietnam yang patut kmu coba, bisa dipilih berdasarkan jenis kuah, mie atau pun tambahan lainnya di dalamnya. Setiap mie kuah di atas mungkin akan memberikan sensasi yang berbeda di tiap seruputannya. Oleh karena itu, pastikan kamu mencoba mie kuah vietnam di atas, ya!

Baca Juga: Resep Lo Mai Gai, Nasi Ketan Ayam Kukus ala China

24 comments for "6 Jenis Mie Kuah Khas Vietnam, Patut Dicoba (+RESEP)"

Comment Author Avatar
Ya ampun menggoda semua apalagi yang mie kuah sapi duh pasti enak bergizi ya mba
Comment Author Avatar
Aku cuma pernah cobain yg Pho. Selain itu, belum pernah nyobain yg lain. Wkwkwk
Padahal salah satu makanan favoritku adalah mi. Boleh nih kapan2 coba buat isi waktu luang
Comment Author Avatar
penasaran banget euy sama mie vietnam. selama ini cuma tahu namanya aja itu pun cuma yang Pho ternyata banyak juga jenis mie lainnya yaa
Comment Author Avatar
Kwitiew berasal dari Vietnam ya kak? Baru tahu, padahal favorite banget makan kwitiaw goreng.
Comment Author Avatar
Ya ampun tampilannya menggoda semuanya mbak. Saya seneng juga konsumsi mie kuah karena berasa seger gitu, apalagi pas hujan hujan dimakannya
Comment Author Avatar
pas banget ini lagi hujan, kalau makan mie kuah gini jadi segar dan menghangatkan pastinya, jadi penasaran juga ini mie kuah khas Vietnam :D
Comment Author Avatar
Banyak variannya ya, mulai dari jenis mie sampai aneka topingnya. Sungguh gambar-gambar yang menggoda. Yuk ah, bikin
Comment Author Avatar
penggemar mie hadiiiirrrr
mau coba recook ahhh
dah ada resepnya 💯🥰makasiii
Comment Author Avatar
Ih pengen nyobain mie ayam vietnam dari sekian banyak makanan di atas. Itu yang menggoda selera. Wkwkwk
Comment Author Avatar
Ya ampyuuun! Mbaa! Aku liat ini masih pagi, mendung pulak! Meronta-ronta penunggu perut ini jadinya. 🥴
Comment Author Avatar
Aku kenalnya mie kuah itu ada 2, mie kuah merk sedap sama mie kuah ndeso bikinan ibuk *laaaaah. Ternyata oh ternyta mie kuah itu banyak jenisnya euy, mbak *wuaaaa. Thankiss Mbak sudah mengenalkan aneka jenis mie kuah khas Vietnam
Comment Author Avatar
Satu-satunya yang saya kenal dari list di atas ya baru Pho Mbak hehehe. Rasanya masakan vietnam yang berair ini banyak terkenal dengan kuah beningnya ya. Tapi memang rasanya segar dan kaya bumbu sih, jadi selalu enak disantap hangat-hangat.
Comment Author Avatar
Mie kuah baik untuk menghindari minyak goreng yang notabene berlemak tinggi. Rekomendasi tepat untuk belajar memasak hidangan baru.
Comment Author Avatar
Aku pernah ke kedai makanan Vietnam di Malang
Uda pernah cobain Pho
Enak, gurih dan sedap
Comment Author Avatar
yaoloh rasa pengen dicobain semua mie Vietnam tersebut di atas 😁 sayang belum ada yg buka kedai di kotaku
Comment Author Avatar
Masyaa Allah malam malam dingin begini membaca aneka mie kuah jadi laper. Aku kapan kapan mau cari resepnya deh.
Comment Author Avatar
Aku cuma pernah nyobain Pho doang sii. Rasanya emang aga bening ya. Tapi enak lho apalagi malem2 pas hujan hahaha. Tapi pengen juga nyobain lainnya apalagi di negera aslinya.
Comment Author Avatar
Mie kuah ini uda paling juara sih ya..
Selain bikin nyaman di badan, apalagi bumbunya kaya akan rempah yang berkhasiat bagi kesehatan.
Comment Author Avatar
Penasaran banget dengan rasa mie nya. tapi ragu apakah ramah di lidah saya apa nggak ya?!
Comment Author Avatar
Wah banyak juga ya jenis mie kuah khas vietnam ini, dengan bahan bergizi di dalamnya, ada sayuran ,daging/ikan/kepiting/ayam juga ya. Humm yuumi, jadi ingin coba, ingin pho dan bun rieu
Comment Author Avatar
wah ternyata di vietnam banyak jenis mie kuah ya, rata-rata penduduk asia suka mie nih sepertinya, jadi menu wajib
Comment Author Avatar
iya, mbak. aku selama ini tahunya cuma mie pho itu eh ternyata masih ada jenis mie lainnya yang bikin ngiler buat nyobain
Comment Author Avatar
Duh kayaknya enak semua dan menunya favorit aku banget, yaitu mie, harus dicoba nih apalagi selain mie banyak bahan lain yang bikin makanan lebih sehat, makasih mbak atas resepnya.
Comment Author Avatar
Menarik sekali ya ttg macam2 mie kuah Vietnam, jadi tambah wawasan, selama ini baru kenal Pho aja, semuanya terlihat maknyus menggugah selera deh, bakal jadi referensi kreasi masak di rumah :)