Resep Tamago Kake Gohan, Nasi Telur Mentah ala Jepang

Cocok dijadikan serapan simpel dan praktis, kamu patut banget untuk mencoba tamago kake gohan jepang yang gurih dan fluffy.

Resep tamaog kake gohan, nasi telur mentah jepang
Tamago kake gohan (youtube/@ryuji825)

Tamago berarti telur dan gohan berarti nasi, untuk kake sendiri aku belum menemukan arti literasinya. Namun, dalam bahasa inggris itu berarti "egg over rice", oleh karenanya secara sederhana tamago kake gohan ini berarti nasi dengan campuran telur mentah serta tambahan bumbu-bumbu yang pastinya memperkaya rasa.

Berdasarkan sejarah, tamago kake gohan awalnya dibuat oleh seorang jurnalis bernama Kishida Ginko pada abad ke-19. Diyakini bahwa dialah mendorong orang-orang di sekitarnya untuk membuat tamago kake gohan yang dia ciptakan. Menurut sebuah majalah terbitan tahun 1927, bumbunya adalah garam dan cabai panggang!  

Modern ini ada banyak sekali kreasi dari tamago kake gohan ini, sebut saja tamago kake gohan versi natto, tanuki, avocado wasabi dan masih banyak lainnya. Untuk resep di bawah ini disajikan tamago kake gohan yang simpel dan semoga cocok di lidah kamu.

Bahan tamago gohan

  • 1 cup nasi panas
  • 1 butir telur
  • 1 sdt kecap
  • 1 sdm furikake
  • 1 sdm daun irisan daun bawang
  • Sejuput garam
  • Sejuput MSG

Cara buat tamago gohan

  1. Siapkan nasi hangat dalam mangkuk.
  2. Pecahkan telur tepat di bagian tengah nasi.
  3. Tambahkan bumbu seperti garam, MSG dan kecap, aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan furikake dan irisn daun bawang sebagai topping.
  5. Tamago kake gohan siap disantap selagi hangat.
Notes:
  1. Nasi panas membantu mengentalkan telur sedikit, memberikan seluruh hidangan tekstur yang lebih ringan dan pulen.
  2. Mengocok telur dan nasi secara menyeluruh dengan sumpit memasukkan udara ke dalam putih telur, membuatnya lebih pulen. (seriouseats.com)
Resep tamaog kake gohan, nasi telur mentah jepang
Tamago kake gohan (youtube/Traveling foods)
Editor's Pick:
Penambahan furikake, garam, kecap dan MSG menjadikan tamago kake gohan terasa gurih, lengket dan pluffy di setiap sendoknya. Agar lebih mantep lagi bisa nih tambahkan 1 butir telur mentah lagi di atasnya sebagai topping.

Di sisi lain, kamu bisa menikmati tamago kake gohan bersama lauk lainnya seperti ramen, tsukemono, ikan, alpukat dan menu pendamping lainnya. Menurut kamu tamago kake gohan ini enaknya dimakan bareng apa nih?

6 comments for "Resep Tamago Kake Gohan, Nasi Telur Mentah ala Jepang"

Comment Author Avatar
Menarik, sih. Tapi kaya belum bisa makan telur mentah gitu. Kalo lihat resepnya yang baiknya disantap selagi hangat agak tenang juga karena telur kan mudah matang ya. Diaduk sama nasi panas udah jadi telur rebus
Comment Author Avatar
wah saya belum pernah memakan telor mentah begini meskipun sering buatin di rumah tapi ga pernah makan, pernah icip sekali rasanya memang enak tapi belum berani nyoba banyak, tapi kalau pakai resep Jepang begini penasaran pengen cobain
Comment Author Avatar
kalau suamiku pasti bakal doyan banget nih, kapan2 kalau lagi selo mau bikinin ah. Sayangnya, aku nggak doyan telur mentah. uhuhu
Comment Author Avatar
Memang enak banget si ini tamago kake gohan dan orang Jepang sudah terbiasa makan nasi dengan telur mentah gitu. Kalau mau coba di rumah bisa pakai resep di atas, nih.
Comment Author Avatar
Aku belum pernah coba dan belum kebayang ka makannya tp makasih sharing nya ya
Comment Author Avatar
Untuk membuat tamago kake gohan, telurnya pakai telur khusus kah kak? atau telur yang kita konsumsi biasanya bisa digunakan? Pecinta telur setengah matang pastinya suka resep ini